www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Sudah 48 Orang Meninggal setelah Disuntik Vaksin Flu di Korea Selatan
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
MUI Riau Sampaikan Imbauan Terkait Unjuk Rasa
Jumat, 16 Oktober 2020 - 21:59:05 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Menyikapi prihal ujuk rasa dan menyampaikan pendapat di depan umum akhir-akhir ini yang dilakukan oleh berbagai element masyarakat berkenaan dengan pengesahan rancangan Undang-undang, serta adanya pengawalan dan pengamanan oleh pihak penegak hukum dan keamanan, namun masih juga terjadi prilaku anarkisme oleh oknum-oknum yang membuat kekacauan. Maka dengan kondisi tersebut pimpinan Majelis Ulama Indoensia (MUI) Riau menyampaikan ta'limat dan imbauan. 

Hal itu sampaikan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau, Prof Dr H Nazir Karim. Ia menjelaskan, imbauan yang pertama adalah MUI Riau mendukung Taklimat MUI Pusat No Kep.1730/DP-MUI/X/2020 tanggal 8 Oktober 2020 dan selanjutnya meminta Presiden RI mengganti UU Cipta Kerja dengan menerbitkan Perpu yang isinya lebih berpihak untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata, sesuai dengan kehendak konstitusi.

Selanjutnya, MUI Riau sangat menyesalkan dan prihatin terhadap adanya beberapa aksi anarkis dalam ivent unjuk rasa  dan penyampaian pendapat yang sangat mungkin ditunggangi oleh oknum -oknum yang tidak bertanggungjawab, serta terjadinya penanganan secara refresip oleh oknum aparat penegak hukum dan keamanan. 

"Berdasarkan pada poin 2 di atas, MUI Riau kepada pengunjuk rasa untuk lebih mengedepankan cara penyampaian pendapat secara damai, bermartabat dan mewaspadai adanya oknum-oknum yang dengan sengaja melakukan tindakan anarkis. Karena aksi anrakisme adalah bertentangan dengan nilai-nilai Islam,"ujar Prof Dr H Nazir Karim, Kamis (15/10/2020) dikutip dari riaupos.

Selain itu, MUI Riau juga mengimbau dan miminta kepada aparat kepolisian untuk menjaga dan melindungi hak asasi manusia para pengunjuk rasa, karena unjuk rasa dan menyampaikan pendapat di depan umum dilindungi oleh konstitusi dan perundang-undangan. 

"Kami juga mengharapkan kepada pemerintah dan dewan untuk lebih fokus dalam menangani wabah Covid-19 dan berupaya dengan sungguh-sungguh merespon aspirasi masyarakat dengan Arif, serta tidak membuat kebijakan-kebijakan yang kontroversial. Dan sangat mungkin akan merugikan masyarakat banyak," harapnya. 

Ditambahkannya, selain itu MUI Riau juga mengharapkan kepada segenap eleman masyarakat untuk senantiasa memperkuat ukhuwah, memperkokoh persatuan, menjaga ketertiban dan tidak mudah terprovokasi serta tetap mewaspadai upaya adu domba oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Humas dan Auditor LPPOM MUI Riau Khafzan.LPPOM MUI Riau sudah Terbitkan 70 Sertifikat Halal
MUIKetua MUI Riau Apresiasi Kinerja TNI-Polri Suskes Amankan Pilpres hingga Pelantikan
Mahasiwa Unilak unjuk rasa dengan membawa replika pipa.Unjuk Rasa di Gedung DPRD Riau, Mahasiswa Unilak Bawa Replika Pipa
  Foto bersama.MUI Riau Dukung Warga Desak Pemerintah Tutup Tempat Hiburan Malam Pekanbaru
Ilustrasi umat muslim melaksanakan salat.Ada Aliran Sesat Tak Wajibkan Salat dan Ngaji, MUI Riau Minta Masyarakat Waspada
Dugaan Penistaan Agama oleh Warga Riau, MUI: Penegak Hukum Harus Bertindak!!

BERITA LAINNYA    
IlustrasiSudah 48 Orang Meninggal setelah Disuntik Vaksin Flu di Korea Selatan
Operasi yustisi protokol kesehatan.Tegakkan Disiplin Prokes Covid-19, Polsek Tanah Putih dan Koramil 02 Terus Lakukan Operasi Yustisi
IlustrasiDari 294 Kasus Baru Covid-19 Riau Hari Ini, Pekanbaru Sumbang 121
  Almarhum semasa hidupnya.Dunia Pers Riau Berduka, Wartawan Berdedikasi Itu Mendahului Kita
Sekda Kepulauan Meranti, Dr H Kamsol.Libur Cuti Bersama, Sekda Kepulauan Meranti Imbau ASN Tak Keluar Daerah
Kolase penangkapan kurir narkoba yang ternyata oknum polisi.Sejak Awal Tahun, 113 Polisi Dipecat, Kebanyakan karena Narkoba
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Wajib Masker Saat Service Kendaraan di Astra Daihatsu
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved