www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Kasus Covid-19 di Inhu Mencapai 518 Kasus, 437 Orang Sembuh
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pengamat: Gubri Seharusnya Muncul di Tengah Ricuhnya Demonstrasi UU Cipta Kerja
Jumat, 09 Oktober 2020 - 19:52:06 WIB
Demo tolak UU Cipta Kerja di DPRD Riau kemarin.
Demo tolak UU Cipta Kerja di DPRD Riau kemarin.

PEKANBARU - Terkait demo mahasiswa dan buruh di Riau guna menolak Undang - Undang Cipta Kerja, menurut pengamat komunikasi dari Universitas Muhammadiyah Riau Aidil Haris seharusnya Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar muncul dan ‘memperlihatkan dirinya’ untuk meredam amarah masyarakat.

Terlebih pada saat aksi demonstrasi penolakan UU Cipta Kerja yang dilakukan di depan Kantor DPRD Provinsi Riau pada Kamis, 8 Oktober 2020, diwarnai kericuhan sampai menimbulkan korban luka - luka.

"Seharusnya, Pak Syamsuar selaku Gubernur Riau atau orang nomor saru di Riau dapat melakukan pendekatan persuasif. Kalau saran saya, harusnya beliau hadir kemarin. Jangan menutup diri lah, kalau kita liat Gubernur lain, seperti Gubernur DKI, Anies dan Jawa Barat Ridwan Kamil yang berani tampil di tengah massa aksi untuk mengkondusifkan suasana," ucapnya, Jumat (9/10/2020).

Ia menilai, dengan keberadaan Syamsuar diyakini akan bisa diterima oleh massa aksi walau yang menjadi sasaran sesungguhnya adalah DPR.

"Ya pastinya bisa mengkondusifkan massa aksi, apalagi ditambah dengan mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang menyejukkan," ujarnya.

Di samping itu, Aidil Haris menyampaikan jika dilihat dari sisi jalur sesungguhnya, memang Gubri Syamsuar tidak punya kewenangan penuh terhadap segala bentuk tuntutan massa demonstran terkait kebijakan UU Omnibus Law. Namun dari sisi etik, dalam konteks komunikasi, masalah ini bisa dipahami secara proporsional, walau tidak terlibat langsung.

"Konteksnya memang tergantung nilai posisi masing-masing. Walaupun begitu, kalau hanya untuk meneruskan aspirasi masyarakat ke pusat, kan bisa dilakukan oleh Syamsuar. Tinggal, bagaimana pendekatan persuasif yang dibangun untuk meredam amarah demonstran," ucapnya.

Untuk diketahui, aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Provinsi Riau di Jalan Jendral Sudirman pada 8 Oktober 2020 menimbulkan bentrok hingga ricuh. Bahkan banyak korban luka-luka berjatuhan dari massa, sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Dan selain di Riau, situasi yang sama juga terjadi di sejumlah daerah lain di Tanah Air sebagai bentuk penolakan disahkannya UU Cipta Kerja.

Penulis: Rivo Wijaya
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
SM Amin jadi pahlawan Nasional.SM Amin Jadi Pahlawan Nasional, Ini Kata Gubri Syamsuar...
Gubernur Riau SyamsuarWarga Riau Pulang Liburan Diminta Isolasi Mandiri 10 Hari, Pemerintah Daerah Diminta Mengawasi
Gubernur Riau Syamsuar.Keluarkan Surat Edaran Tidak Keluar Daerah, Gubri Ingatkan Disiplin Patuhi Prokes
  Gubernur Riau foto bersama dengan perwakilan perusahaan dan Rumah Sakit penerima penghargaan K3.RAPP dan 7 Perusahaan di Riau Terima Penghargaan K3 dari Gubernur Syamsuar
Gubernur Riau SyamsuarSambangi Kejati Riau, Pemuda Riau Desak Periksa Gubri Syamsuar
Gubri Syamsuar menyerahkan bantuan masker bersempena Hari Santri Nasional tahun 2020Serahkan 100 Ribu Masker, Gubri Ingatkan Santri Disiplin 3M

BERITA LAINNYA    
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Inhu Jawalter S MPd.Kasus Covid-19 di Inhu Mencapai 518 Kasus, 437 Orang Sembuh
Penyaluran bantuan kepada janda miskin di Desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat, Duma Boru Situmeang. Bhayangkara Jip Community Berikan Bantuan untuk Duma
IlustrasiPositif Covid-19 Riau Bertambah 138 Kasus, Pekanbaru Penyumbang Kasus Terbanyak
  FPK taja seminar yang bertemakan Budaya Sebagai Kunci Kejayaan Bangsa.Diikuti Paguyuban se-Riau, Seminar FPK Hadirkan Gubri dan Kapolda
Alfedri-Husni.Paslon Alfedri-Husni Matangkan Persiapan Debat Publik
Foto bersama.BWI Pusat Kunjungi AUFIA Global Islamic Boarding School Riau
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Penandatanganan Pakta Integritas Ikatan 4968
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved