www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Riau Bertambah 163, Pekanbaru Masih Tertinggi Sumbang 69 Kasus
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Aktivis Lingkungan Hidup Ini Soroti Jikalahari yang Kerap Kritisi Pemerintah Atasi Karhutla
Minggu, 04 Oktober 2020 - 20:40:10 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Wakil Koordinator Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari) periode 2011-2013, Fadil Nandila, menyoroti langkah penerusnya di NGO lingkungan tersebut dalam mengkritisi permasalahan kebakaran hutan dan lahan di Bumi Lancang Kuning. 

Fadil melihat, Jikalahari sedang melakukan framing kepada masyarakat Riau, nasional, termasuk dunia bahwa pemerintah takut terhadap korporasi atau perusahaan. 

"Saya melihat, Jikalahari melakukan framing institusi pemerintah, kepolisian, takut terhadap korporasi, serta sudah terbeli oleh korporasi. Nuansanya seperti sedang membangun gerakan ketidakpercayaan publik kepada pemerintah. Ini jelas salah," ungkap Fadil, Minggu (4/10/2020). 

Padahal, tutur aktivis lingkungan hidup ini, jika institusi kepolisian di-framing tidak mampu menegakkan hukum, maka akan terjadi ketidakpercayaan publik kepada hukum. Jika itu terjadi, Indonesia sebagai negara hukum, juga akan runtuh. 

Fadil menjelaskan, tidak mungkin seorang Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, pencetus aplikasi dashboard Lancang Kuning yang kemudian diadopsi menjadi Lancang Kuning Nasional, main-main dalam penegakkan hukum kasus Karhutla. 

"Darimana Jikalahari tahu Polda Riau tak melakukan proses penyelidikan kasus Karhutla di Riau? Sebaiknya, Jikalahari berdiskusi, dengan motivasi penegakan hukum, dan harus menyadari kepolisian memiliki prosedur kerja proses hukum," jelasnya. 

Dari data ia peroleh, selama Irjen Pol Agung Setya menjabat Kapolda Riau, jumlah kasus perkara Karhutla 56 perkara dengan sudah Tahap II dikirim ke Jaksa sebanyak 50 kasus. 

Tak hanya itu, perusahaan atau korporasi yang disidik sebanyak 2 kasus dengan jumlah tersangka 65 orang. Dari jumlah tersebut, sudah dilimpahkan ke Kejaksaan mencapai 56 orang, serta tersangka masih proses sidik 10 perkara. 

Fadil mencoba menceritakan apa yang dilakukan Jikalahari kurun waktu 2006-2008 ketika berkolaborasi dengan Polda Riau, dalam penegakan hukum illegal logging. 

Sebaiknya, jelas aktivis di Jaringan Masyarakat Gambut Riau (JMGR) ini, Jikahari sekarang harus merawat kerjasama dengan institusi pemerintah. Bukan sebaliknya, mempromosikan ketidakmampuan dan mengkapitalisasinya demi keuntungan diri sendiri. 

Penulis : Helmi 
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Foto: AntaraPemprov Riau Akhiri Status Siaga Karhutla, BNPB Tarik 4 Helikopter
IlustrasiMeski Status Siaga Darurat Karhutla Berakhir, Riau Terus Lakukan Pengawasan dan Pemantauan
IlustrasiBerakhir 31 Oktober, Siaga Darurat Karhutla di Riau Tak Diperpanjang
  Helikopter water bombing yang diperbantukan BNPB di Riau akan ditarik dan dikembalikan ke negara asalnya.Status Darurat Karhutla Riau Berakhir, Helikopter Water Bombing Bakal Dikembalikan ke Negara Asalnya
Rapat koordinasi Karhutla di Kantor P3E Sumatera di Jalan Subrantas Panam, Senin (26/10/2020).Lahan Terbakar Riau Turun 83,62 Persen, Hari Ini Status Siaga Darurat Karhutla Resmi Dicabut
Ilustrasi31 Oktober, Pemprov Riau akan Akhiri Status Siaga Darurat Karhutla

BERITA LAINNYA    
Riau Bertambah 163, Pekanbaru Masih Tertinggi Sumbang 69 Kasus
Perkuat Jejaring dan Kolaborasi, 138 Alumni BAKTI NUSA Siap BerkontribusiPerkuat Jejaring dan Kolaborasi, 138 Alumni BAKTI NUSA Siap Berkontribusi
Bawaslu Dumai gelar Bimtek bagi Panwascam untuk sukseskan Pilkada Dumai 2020
Tingkatkan Kapasitas SDM Pengawas Pemilu, Bawaslu Dumai Gelar Bimtek
  Pelaku penganiayan dengan gergaji kayu Af alias AO, warga Menaming Kecamatan Rambah ditangkap polisi setelah dipergoki mencuri pisang Penganiaya Pemilik Kebun dengan Gergaji Diringkus Polsek Rambah
SMA Tri Bhakti Jalan Tuanku Tambusai, PekanbaruBandel! SMA Tri Bhakti Tetap Buka Aktivitas Kegiatan Belajar
Pengesahan APBD Siak tahun 2021 dilaksanakan dalam Rapat Paripurna DPRD Siak , Senin (30/11/2020). Foto ISTSah, APBD Siak Tahun 2021 Rp1,7 Triliun Lebih
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Penandatanganan Pakta Integritas Ikatan 4968
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved