www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Jadwal Liga Champions, Menanti Keajaiban Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Sebarkan Paham Radikalisme, Teroris Manfaatkan Teknologi Digital
Kamis, 01 Oktober 2020 - 12:11:18 WIB
Ngopi Coi: Ngobrol Pintar Cara Orang Indonesia yang digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Riau, Kamis (1/10/2020).
Ngopi Coi: Ngobrol Pintar Cara Orang Indonesia yang digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Riau, Kamis (1/10/2020).

PEKANBARU - Perkembangan dan kemajuan teknologi digital saat ini banyak dimanfaatkan secara maksimal oleh terorisme untuk menyebaran paham radikalisme, seperti propaganda, pendidikan terorisme dan juga dalam hal perekrutan anggota baru.

Hal ini disampaikan oleh Asisten I Setdaprov Riau Jenri Salmon Ginting saat membuka acara Ngopi Coi: Ngobrol Pintar Cara Orang Indonesia yang digelar oleh Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Riau, Kamis (1/10/2020). Ia mengatakan selain itu, melalui teknologi juga, para terorisme ini melakukan penyebarluasan berita bohong atau Hoax.

"Teroris menggunakan teknologi untuk melancarkan aksi mereka. Mulai dari propaganda, kemudian juga perekrutan anggota baru, selanjutnya melakukan ujaran kebencian dan penyebaran informasi negatif lainnya yang terus menerus melalui berbagai platform media," ujar Jenri Salmon Ginting, Kamis (1/10/2020).

Ia mengatakan kegiatan terorisme terencana dan terstruktur dan terus bergerak membuat jaringaan sel-sel baru dengan melakukan perekrutan anak muda sebagai anggota.

"Teroris ini mendoktrin para anggotanya untuk siap mati demi membela agama dengan dalil-dalil yang disalahartikan. Bahkan Teroris ini membenarkan kekerasan sampai tak ragu mengorbankan sanak keluarga untuk mencapau tujuan perjuangannya," katanya.

Disampaikan Jenri lagi, aksi-aksi aksi teroris ini tak hanya menyerang target secara fisik, tapi juga secara psikologis dan mindset. Untuk itu perlu keterlibatan seluruh unsur masyarakat untuk mencegah terorisme.

"Untuk itu atas nama Pemprov Riau menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan ini oleh BNPT dan FKPT Riau. Terlebih kegiatan ini juga melibatkan aparatur tingkat Kelurahan dan Desa sebagai ujung tombak pemerintahaan di daerah kelurahan dan desa. Sehingga dituntut untuk memiliki kepekaan dan menyikapi setiap potensi permasalahan yang menyebabkan instabilitas di wilayahnya," jelasnya.


Sementara itu Andri Taufik selaku Kasi Materi Pembinaan BNPT menyampaikan salah satu ancaman nyata yang terjadi dan sangat menonjol saat ini adalah terorisme yang telah mengoyak keutuhan bangsa dan negara dan merusak nilai-nilai toleransi yang menjadi ciri khas bangsa.

Pembinaan kesadaran bela negara adalah salah satu cara membendung paham-paham radikal ini karena yang berbahaya dari terorisme bukan serangan fisik tetapi serangan psikologis berupa pengaruh ideologi.

Menurutnya, paham radikalisme disebarkan melalui media sosial yang demikian cepat tersampaikan kepada orang orang yang bermedsos.

"Kita sepakat bahwa radikalisme dan terorisme adalah musuh bersama. Untuk itu secara bersama pula kita hadapi," terangnya.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tambahnya, membawa pengaruh besar terhadap dinamika perubahan serangan terorisme. Salah satunya adalah sebagai panggung propaganda. Sebagai negara yang sedang berkembang, jumlah pengguna internet di Indonesia ternyata
sudah mencapai 132,7 juta pengguna internet. Hal ini tentu memberikan peluang bagi kelompok teroris untuk melakukan propaganda sebagai sarana rekrutmen.

"Untuk menghadapi hal tersebut maka diperlukan peran pemerintah dan juga masyarakat. Media literasi menjadi solusi untuk meningkatkan pertahanan diri masyarakat terhadap terpaan propaganda radikalisme dan terorisme melalui media internet," tutupnya.

Penulis : Budy Satria


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Riau, Hj Dinawati, SAgPerempuan Sebagai Agen Perdamaian Cegah Radikalisme dan Terorisme
Muhammad FahriPengancam Bunuh Jokowi Dipenjara 255 Hari
IlustrasiPolres Pelalawan Perketat Keamanan Pasca Ditembak Matinya Teroris
IlustrasiDensus 88 Tangkap Terduga Teroris di Kuansing
London Bridge.Aksi Teror di Jembatan Ikonik London Bridge, 2 Warga Tewas
  IlustrasiLima Orang Terduga Teroris di Kampar Diamankan Densus 88
 Narapidana teroris pakai (baju putih) jaringan Pak Ngah dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Tembilahan.Napi Jaringan Teroris Pak Ngah Dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Tembilahan
IlustrasiMencoba Kabur dan Lempar Bom Pipa, Seorang Terduga Teroris Tewas di Pelalawan
Kapolri Idham Azis.Selama 2019, Satu Polisi Gugur dan 11 Terluka Akibat Serangan Terorisme
Baku tembak di Medan tewaskan 2 terduga teroris.Kapolda Ungkap Dua Terduga Teroris Tewas saat Baku Tembak dengan Densus 88

BERITA LAINNYA    
intJadwal Liga Champions, Menanti Keajaiban Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi
ZodiakRamalan Zodiak Selasa 9 Maret 2021 Capricorn, Aquarius, dan Pisces: Tetaplah Rendah Hati
ilustrasiCek di Sini Syarat Tes CPNS 2021
Kendaraan dinas dikumpulkan di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti untuk dicek fisikAkan Dicek Fisik, Seluruh Kendaraan Dinas Apel di Kantor Bupati Kepulauan Meranti
Sekda Abdul Haris, Kapolres dan Danramil 02/ Rambah juga Kasi Pidum Kejari Rohul pantau peralatan untuk penanganan Karhutla di gudang BPBD RohulAntisipasi Karhutla, Kapolres dan Pemkab akan Bangun 3 Posko
  Yan Prana Jaya Jalani Tahap IIJalani Tahap II di Rutan Pekanbaru, Yan Prana Segera Jalani Persidangan
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang MuPolisi Bentuk Tim Khusus Ungkap Pelaku Pelempar Rumah Pejabat Kejati Riau dengan Kepala Anjing
intChelsea Vs Everton: Menang 2-0, The Blues Mantap di Empat Besar
Ketua PWI Riau, Zulmansyah SekedangBesok, Ketua PWI Riau Lantik Pengurus PWI Dumai
Suasana Sosialisasi Larangan Membakar Hutan dan Lahan kepada sejumlah elemen masyarakat, organisasi kepemudaan (OKP) dan organisasi kemasyarakatan (Ormas)Semua Pihak Harus Berperan Aktif, Jangan Apatis
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved