www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Patroli Bersama, Satpolair dan Bea Cukai Selatpanjang Susuri Pelabuhan Tikus
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Akibat Ngebut, Banyak Pengendara Kena Tilang di Tol Pekanbaru-Dumai
Selasa, 29 September 2020 - 19:50:05 WIB
Tol Pekanbaru-Dumai
Tol Pekanbaru-Dumai

PEKANBARU - Pengelola Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) menyatakan cukup banyak pengendara mobil yang melintasi tol pertama di Provinsi Riau tersebut ditilang, akibat melampaui batas kecepatan maksimal 80 kilometer per jam.

Manajer Cabang Tol Permai Indrayana dalam pernyataan pers di Pekanbaru, Selasa, mengatakan penindakan terhadap pengemudi yang memacu kendaraan di atas kecepatan maksimal dilakukan oleh aparat kepolisian dari Polda Riau.

Ia mengingatkan kepada pengendara yang menggunakan jalan tol untuk mematuhi kecepatan kendaraan, yaitu maksimal hanya 80 Km/jam, dan minimal 60 Km/jam.

"Penindakan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan, sekaligus memberikan kenyamanan terhadap pengendara lain," katanya dikutip dari antarariau.

Tol Permai sepanjang 131,5 Km baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada pekan lalu. PT Hutama Karya selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera masih menggratiskan jalan tol tersebut sampai Surat Keputusan (SK) dari Menteri PUPR tentang tarif tol diterbitkan.

Masyarakat cukup menggunakan kartu uang elektronik untuk membuka gerbang di pintu masuk dan keluar jalan tol, tanpa dipungut biaya.

Berdasarkan pantuan, sejak diresmikan banyak pengendara memacu kendaraan mereka karena kondisi jalan tol yang mulus dan mayoritas berupa jalur lurus.

Kondisi ini berbeda dibandingkan Jalan Lintas Timur Sumatera, yang selama ini digunakan masyarakat jalannya berkelok dan banyak pendakian.

Indrayana menjelaskan aparat kepolisian menggunakan pistol pengukur kecepatan (speed gun) saat melakukan patroli bersama pengelola jalan tol. Apabila ada kendaraan yang terpantau melebihi kecepatan maksimal, maka akan ditilang langsung ditempat.

"Sudah ada ditilang, karena kecepatan melebihi dari yang ditentukan. Yang menindak kepolisian, kita bekerja sama dengan Polda Riau untuk mengecek kecepatan kendaraan menggunakan sensor kecepatan speed gun. Sudah ada penindakan tilang," ujarnya.

Ia mengatakan jumlah kendaraan yang ditilang datanya ada di kepolisian.

Menurut dia, inti dari penindakan tersebut merupakan penerapan edukasi agar masyarakat tidak terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan.

Tanpa perlu mengebut dan cukup mematuhi kecepatan yang ditentukan, lanjutnya, perjalanan dari Pekanbaru ke Dumai memakan waktu sekitar 1,5 hingga dua jam. Ini sudah lebih cepat ketimbang lewat jalan biasa yang mencapai 4-5 jam.

Sementara itu, ia mengatakan untuk jumlah kendaraan yang tekah menggunakan tol Permai sejak dioperasikan pada hari Sabtu (26/9) lalu mencapai sekitar 7.500 kencaraan per hari.

"Jadi dalam dua hari saja tercatat sudah 15.819 aktivitas lalu lintas yang terpantau di Tol Pekanbaru Dumai pascaperesmian, dan pengoperasian," ujarnya.

Sebelumnya Gubernur Riau Syamsuar, juga telah menghimbau bagi masyarakat yang menggunakan tol Permai, diharapkan untuk mengikuti aturan yang berlaku di tol. Karena penggunaan tol yang bebas hambatan ini, tidak sama dengan jalan umum biasanya. Walaupun bebas hambatan kecepatan juga dibatasi untuk keselamatan pengendara.

"Jalan tol ini paling tinggi kecepatannya adalah 80 Kilometer perjam, dan paling rendahnya 60 kilometer perjam. Harapan kami tidak digunakan untuk balapan, karena jalan tol ini berbahaya sekali kalau nanti kencang. Oleh karena itulah selam dua minggu ini harapan kami tidak ada kecelakaan, harapan kami masyarakat ikut tertib. Mari gunakan aset yang kita banggakan ini pertama kali di Riau," kata Syamsuar. (*)

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Tol Pekanbaru-DumaiAkibat Ngebut, Banyak Pengendara Kena Tilang di Tol Pekanbaru-Dumai
Jalan Tol Pekanbaru-DumaiJalan Tol Pekanbaru - Dumai Belum Dibuka Secara Fungsional dan Operasional
Salah satu ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai. Foto: BisnisDuh! Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Ada Pergerakan Tanah
  Tangkapan layar video kiriman warga terkait antrean di gerbang tol Pekanbaru. Foto: RiauposHari Pertama Dibuka, Antrean Panjang Kendaraan Terjadi di Gerbang Tol Permai, Macet Tak Terbendung
Ilustrasi undangan peresmianPresiden Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Kamis
Tol Pekanbaru - DumaiGubri dan Pangdam I BB Tinjau Tol Pekanbaru - Dumai Jelang Diresmikan Presiden

BERITA LAINNYA    
Patroli bersama Satpolair Polres Kepulauan Meranti dan Bea Cukai Selatpanjang sebagai bentuk komitmen Polres Kepulauan Meranti untuk terus bersinergi dengan instansi terkait dalam rangka mengawasi dan menindak setiap upaya penyelundupan di perairan Kepulauan Meranti.Patroli Bersama, Satpolair dan Bea Cukai Selatpanjang Susuri Pelabuhan Tikus
Pjs Bupati Siak Dr Indra Agus Lukman di Pondok Pesantren Nurul Furqon, Kampung Rawang Air Putih, Kecamatan Siak, Kamis (22/10/2020).Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman Pimpin Upacara Hari Santri di Ponpes Nurul Furqon
Gerbang kantor Gubenur Riau roboh didorong massa saat demo, Kamis (22/10/2020).Demo Berujung Pagar Kantor Gubri Roboh, Ratusan Buruh PT PEU Dibubarkan Paksa
  Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Cawabup Rokan Hilir (Rohil) nomor urut dua, Suyatno - Jamiludin (Sudin) melaksanakan kampanye tatap muka di Batu Empat Kelurahan Bagan Punak, Kecamatan Bangko, Kamis (22/10/2020). Kampanye 10 Titik di Bangko, Masyarakat Dukung Sudin Lanjutkan Dua Periode
Tumpukan kokain yang ditemukan polisi dalam peti berisi arang. FOTO: bbc.Rekor! Polisi Temukan Kokain 2, 3 Ton Senilai Rp 7,3 Triliun dalam Peti Berisi Arang
IlustrasiKasus Baru Corona Riau Hari Ini Tambah 282, 171 Sembuh, 6 Meninggal
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Wajib Masker Saat Service Kendaraan di Astra Daihatsu
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved