www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Ini 10 Daftar Penyakit Komorbid yang Memperparah Sakit Pasien Covid-19
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Usai Hadiri Peresmian Tol Permai, Menteri PUPR Silaturahmi Bersama BPPW Se-Riau
Sabtu, 26 September 2020 - 17:59:08 WIB
Foto bersama.
Foto bersama.

PEKANBARU - Usai peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, sore harinya diadakan pertemuan sekaligus silaturahmi Menteri PUPR dan rombongan dengan Balai Se-Wilayah Riau dan juga Kepala BPPW Riau, Jumat (25/9/2020).

Pertemuan diadakan di ruang tunggu Bandara Udara Pinang Kampai Kota Dumai. Kegiatan juga diabadikan dengan berfoto bersama untuk moment penting ini.

Sebelumnya pada siang hari, Tol Pekanbaru-Dumai akhirnya diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Jumat (25/9/2020). Tol sepanjang 131 kilometer ini mulai dibangun sejak 2017 lalu.

Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dilakukan langsung oleh Jokowi dari Istana Negara tampak didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko secara virtual.

Sedangkan di lokasi acara, di depan pintu gerbang tol Permai (Pekanbaru – Dumai), dihadiri langsung Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bersama Gubernur Riau Syamsuar, Anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi Ma'azat , Walikota Dumai Zulkifli AS dan turut juga menghadiri undangan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Riau, Ichwanul Ihsan, Kepala Sub Bagian Umum dan Tata Usaha Adnan, Kasi Pelaksanaan Wilayah 2 Endra Saputra juga staf lainnya.

Jokowi mengatakan, Tol Pekanbaru-Dumai dapat dioperasikan secara penuh dan dimanfaatkan untuk kegiatan produktif, baik masyarakat Riau maupun masyarakat yang melintasi Pulau Sumatera. Tol Pekanbaru-Dumai merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera ( JTTS) sepanjang 2.878 kilometer yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama.

"Ini akan meningkatkan konektifitas antara kota Pekanbaru sebagai ibu kota provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribinis yang maju," ujarnya. Jokowi berharap dengan diresmikanya Tol Pekanbaru-Dumai ini dapat memperpendek jarak tempuh dari Pekanbaru ke Dumai dan sebaliknya. "Dari sebelumnya 200 kilometer jika lewat jalan nasional menjadi hanya 131 kilometer jika ditemput lewat jalan tol," katanya.

Sebagai informasi Operasional jalan tol ini nantinya akan menyingkat waktu dan jarak tempuh antara Kota Pekanbaru dan Dumai dari yang semula 6-7 jam menjadi 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam. Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dilengkapi dengan 10 tempat istirahat dan pelayanan (TIP), 5 TIP arah Kota Pekanbaru dan 5 TIP lainnya arah Kota Dumai. 10 TIP ini terbagi menjadi 2 tipe yakni Tipe A yang terletak di Seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) KM 14,5 dan Seksi 3 (Kandis Selatan – Kandis Utara) KM 45,075. Sedangkan TIP Tipe B terletak di Seksi 4 (Kandis Utara – Duri Selatan) KM 64,925. Seksi 5 (Duri Selatan – Duri Utara) KM 82,3 dan Seksi 6 (Duri Utara – Dumai) KM 13,850.

Selain itu, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai memiliki 6 terowongan perlintasan gajah didalamnya yang terletak di Seksi 2 tepatnya di Sungai Tekuana dan Seksi 4 di dekat Suaka Margasatwa Balai Raja.

“Terowongan perlintasan gajah ini adalah yang pertama di Indonesia yang tentunya memastikan bahwa pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai tak merusak lingkungan dan ekosistem serta tidak mengganggu ekosistem habitat asli gajah liar yang ada," katanya.

Di sore harinya kegiatan ini berakhir dengan pertemuan dan bincang santai bersama Menteri PUPR dan rombongan bersama Balai Se Wilayah Riau juga Kepala BPPW Riau di ruang tunggu Bandara Udara Pinang Kampai Kota Dumai sembari berfoto bersama untuk mengabadikan moment penting ini. (rilis/mws)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kepala BPPW Riau Ichwanul Ihsan, saat melaksanakan kunjungan lapangan ke lokasi pelaksanaan Program NSUP KOTAKU TA 2020.Kepala Balai PPW Riau Tinjau Lokasi Program NSUP KOTAKU di Desa Babussalam
Gerbang Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.Bulan Ini, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan Presiden Jokowi
  Tol Pekanbaru-DumaiTinjau Kelayakan Tol Permai, Menteri PUPR Akan ke Riau Pekan Ini

BERITA LAINNYA    
IlustrasiIni 10 Daftar Penyakit Komorbid yang Memperparah Sakit Pasien Covid-19
IlustrasiKian Banyak Pejabat Rangkap Jabatan di Pemkab Kepulauan Meranti, Tiga Jabatan Kosong
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir Ayo Gunakan Masker yang Benar! Masyarakat Riau Diingatkan Patuhi Protokol Kesehatan
  Normalisasi dari sungai pabrik menuju ke pinggiran Sungai Rokan untuk mengantisipasi banjir dan mempermudah nelayan melaut.
Dinas PUPR Rohil Normalisasi Sungai Pabrik Menuju Pinggiran Sungai Rokan
Anggota Bidang Komunikasi Publik Satgas COVID 19 YusmarDalam 2 Hari, Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Sembuh di Rohul 13 Orang
IlustrasiBNN Riau Sita 477 Inek Tujuan Samarinda, Diatur Napi dari Lapas
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Wajib Masker Saat Service Kendaraan di Astra Daihatsu
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved