www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Empat Titik Panas Terpantau di Riau Hari Ini, Curah Hujan Menurun
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Ikan Pesut Tersesat di Anak Sungai Pelalawan, Alami Disorientasi
Sabtu, 19 September 2020 - 07:33:13 WIB
Anak ikan pesut tersesat di Pelalawan.
Anak ikan pesut tersesat di Pelalawan.

PEKANBARU - Seekor ikan pesut (Orcaella brevirostris) tersesat dari habitatnya di muara Sungai Kampar ke anak sungai di Desa Segati Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

“Belum pernah sebelumnya ikan pesut sampai ke sini. Awalnya warga mengira itu lumba-lumba, dan sekarang jadi tontonan warga sampai ratusan orang berkumpul ingin melihatnya,” kata seorang warga Aldis, Jumat (18/9/2020).

Aldis menjelaskan, warga setempat mulai melihat penampakan ikan pesut tersebut sejak Rabu (16/9/2020). Warga berusaha memasang jaring di bagian hulu dan hilir Sungai Segati agar pesut dewasa itu tidak berenang terlalu jauh. Namun, air di anak sungai Kampar itu sedang tinggi sehingga pesut yang diperkirakan sepanjang dua meter itu dengan mudah melewati jaring.

Mengutip antara, warga setempat merekam video kejadian itu menggunakan gawai. Video amatir warga menyebar luas (viral) dan membuat sejumlah instansi terkait langsung turun ke lapangan.

Mulai dari Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Padang, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Dinas Perikanan Kabupaten Pelalawan, dan ahli perikanan dari lembaga Jakarta Animal Action Network (JAAN), hingga komunitas Mancing Mania.

Selain itu, ia mengatakan pihak kepolisian sudah berada di lokasi dan memberitahu warga bahwa satwa tersebut dilindungi dan tidak boleh dibunuh.

“Saat ini pesut itu berada di area perkebunan sawit milik PT Mitra Unggul Pusaka, dan masih kondisi hidup,” katanya.

Pengendali Ekosistem Laut dan Pesisir BPSPL Padang pada Satuan Kerja (Satker) Pekanbaru, Muhammad Faeyumi, mengatakan satwa mamalia itu rencananya akan dievakuasi pada hari ini. Namun, evakuasi terpaksa ditunda sejumlah kendala.

“Kita masih mendiskusikan, belum bisa (evakuasi) karena waktu yang tidak memungkinkan,” kata Faeyumi dihubungi wartawan dari Pekanbaru.

Menurut dia, hasil pengamatan awal menunjukkan pesut tersebut mengalami disorientasi karena cukup ramai aktivitas perahu di sungai tersebut.

“Kami beri arahan bahwa aktivitas hilir mudik perahu dan pompong bisa mengganggu sistem sonar pesut dan mengalami disorientasi. Jadi kapal-kapal itu kini lebih tertib,” katanya.

Menurut dia, kondisi yang bising dan ramai warga juga cukup mengganggu proses evakuasi satwa yang berdasarkan lembaga pemeringkat konservasi alam global (IUCN) berstatus rentan (vulnerable) itu.

Direncanakan pesut tersebut akan dievakuasi ke habitatnya di muara sungai. Mamalia air tersebut terlihat aktif bergerak dan setiap dua menit sekali muncul ke permukaan Sungai Segati.(*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiBesok, SD dan SMP di Seluruh Pelalawan Sudah Bisa Tatap Muka Terbatas
Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan, Asril M.kes. Tatap Muka dimulai Minggu Depan, Ini Tanggapan Diskes Pelalawan
Bupati Pelalawan HM HarrisAkhir Periode, Bupati Harris Harapkan Pertahankan WTP ke-9 Kali
Personel Fire Fighter PT RAPP bersama Polsubsektor Pelalawan, TNI dan masyarakat melakukan pemadaman di lahan sawit milik warga di Desa Sering, Kabupaten Pelalawan.Karhutla di Desa Sering, Fire Fighter RAPP Langsung Terjun Padamkan Api
Kapolres Pelalawan AKBP Indra Widjatmiko saat melakukan pemadaman di Sebekik, Teluk Meranti.Polres Pelalawan Masih Berjibaku Lakukan Pendinginan di Tiga Lokasi Karhutla
  Ketua¬†Forum Masyarakat Bersatu untuk Pelalawan MajuJelang Pergantian Kepala Daerah, Ini Harapan Tokoh Masyarakat Pelalawan
IlustrasiSenin Depan Sekolah Tatap Muka Mulai Berlaku di Pelalawan
IlustrasiCegah Karhutla, PT KTU Bentuk Desa Siaga Api
Bupati terpilih H Zukri saat menghadiri panen raya cabai milik masyarakat.Hadiri Panen Raya Cabai Milik Masyarakat, Ini Kata Bupati Terpilih H Zukri
Bazar murah Beras Penyalai.DKPTPH Pelalawan Gelar Pasar Murah Beras Penyalai

BERITA LAINNYA    
IlustrasiEmpat Titik Panas Terpantau di Riau Hari Ini, Curah Hujan Menurun
Yan Prana Jaya Jalani Tahap IIJalani Tahap II di Rutan Pekanbaru, Yan Prana Segera Jalani Persidangan
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang MuPolisi Bentuk Tim Khusus Ungkap Pelaku Pelempar Rumah Pejabat Kejati Riau dengan Kepala Anjing
intChelsea Vs Everton: Menang 2-0, The Blues Mantap di Empat Besar
Ketua PWI Riau, Zulmansyah SekedangBesok, Ketua PWI Riau Lantik Pengurus PWI Dumai
  intJadwal Liga Champions, Menanti Keajaiban Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi
ZodiakRamalan Zodiak Selasa 9 Maret 2021 Capricorn, Aquarius, dan Pisces: Tetaplah Rendah Hati
ilustrasiCek di Sini Syarat Tes CPNS 2021
Kendaraan dinas dikumpulkan di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti untuk dicek fisikAkan Dicek Fisik, Seluruh Kendaraan Dinas Apel di Kantor Bupati Kepulauan Meranti
Sekda Abdul Haris, Kapolres dan Danramil 02/ Rambah juga Kasi Pidum Kejari Rohul pantau peralatan untuk penanganan Karhutla di gudang BPBD RohulAntisipasi Karhutla, Kapolres dan Pemkab akan Bangun 3 Posko
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved