www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Kasus Covid-19 di Inhu Mencapai 518 Kasus, 437 Orang Sembuh
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pemprov Riau Kembali Minta Kabupaten/Kota Segera Salurkan Dana Bansos Covid-19
Jumat, 14 Agustus 2020 - 12:23:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Terkait masalah dana Bantuan Sosial (Bansos) Covid-19 yang telah disalurkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau kepada 12 Kabupaten/Kota guna membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 sampai saat ini masih ada kabupaten yang belum merealisasikannya.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Dahrius Husein mengatakan dana bansos sampai saat masih belum terealisasi semua kepada masyarakat. Dan hal tersebut dikarenakan terkendala masalah verifikasi data.

Sebetulnya, sambung Dahrius, upaya verifikasi data, terhadap warga penerima manfaat dana Covid-19 di Riau, sebenarnya bisa dilakukan secara bersamaan dengan penyaluran dana bantuan.

"Pada saat dana itu disalurkan, seharusnya pemerintah kabupaten/kota bisa melihat secara langsung mana warga yang memang dianggap layak dan tidak untuk menerima bantuan keuangan tersebut. Intinya, verifikasi data penerima manfaat bisa dilakukan sambil jalan," ujar Dahrius, Jumat (14/8/2020).

"Tetapi yang penting saat ini, bagaimana bantuan keuangan untuk warga terdampak Covid-19 tersebut, bisa disalurkan dan dipastikan sampai ke warga yang benar - benar layak dan membutuhkan," sebutnya.

Maka dari itu, ia kembali meminta dan mendorong pemerintah kabupaten/kota untuk dapat segera menyalurkan bantuan itu, setidaknya untuk tahap pertama, mengingat bantuan ini akan disalurkan dalam 3 tahap.

Dia menyadari, memang dalam pelaksanaan di lapangan,  pasti ada kendala yang dihadapi. Namun hal itu bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Sosial Provinsi Riau mencatat hingga kini masih ada 7 kabupaten/kota di Riau yang masih belum  menyalurkan dana bantuan sosial  kepada warga yang terdampak Covid-19.

Diketahui 7 kabupaten/kota yang belum menyalurkan bantuan tersebut adalah Inhil, Siak, Kampar, Rohil, Pelalawan, Bengkalis dan Kabupaten Kepulauan Meranti. Tercatat baru 5 kabupaten/kota di Riau yang sudah salurkan dana untuk jering pengamanan sosial ini, di antaranya Dumai, Kuansing, Pekanbaru, Inhu dan Rohul.

"Itupun beberapa daerah masih dalam proses penyaluran, artinya belum tuntas semua," kata Dahrius Husein dalam siaran pers di Gedung Daerah, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Rabu (5/8/2020).

Ia menjelaskan kendala mengapa dana Bansos tersebut belum disalurkan 7 kabupaten lainnya adalah masalah verifikasi data yang belum tuntas. Dan seharusnya, masalah-masalah seperti ini sudah diselesaikan sebelum mereka mengajukan bantuan keuangan tersebut.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa Pemprov Riau sejak awal memang tidak memberikan batasan waktu terhadap penyaluran dana kepada warga terdampak corona ini. Namun demikian, pihaknya tetap mendesak agar kabupaten/kota bisa segera melakukan realisasi.

Penulis : Rivo Wijaya
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiDisnakertrans Riau Sudah Beri Kesempatan Kabupaten/Kota Naikkan UMK
IlustrasiPemprov Riau Kesulitan Data Korban Banjir Kuansing, Desak Segera Bentuk BPBD
IlustrasiHasil Tes SKB Telah Diterima, 263 CPNS Pemprov Riau Dinyatakan Lulus
  IlustrasiPeringakat 5 Tertinggi di RI, Riau Tambah 308 Kasus Baru Covid-19
Focus Group Discussion (FGD), Kamis (12/11/2020) di Pekanbaru.Pemprov Riau Dukung Komitmen BPH MIGAS Bangun Pipa Gas Dumai-Sei Mangke
IlustrasiAlhamdulillah Turun, Kasus Baru Covid-19 di Riau Tambah 161 Positif

BERITA LAINNYA    
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Inhu Jawalter S MPd.Kasus Covid-19 di Inhu Mencapai 518 Kasus, 437 Orang Sembuh
Penyaluran bantuan kepada janda miskin di Desa Sungai Baung Kecamatan Rengat Barat, Duma Boru Situmeang. Bhayangkara Jip Community Berikan Bantuan untuk Duma
IlustrasiPositif Covid-19 Riau Bertambah 138 Kasus, Pekanbaru Penyumbang Kasus Terbanyak
  FPK taja seminar yang bertemakan Budaya Sebagai Kunci Kejayaan Bangsa.Diikuti Paguyuban se-Riau, Seminar FPK Hadirkan Gubri dan Kapolda
Alfedri-Husni.Paslon Alfedri-Husni Matangkan Persiapan Debat Publik
Foto bersama.BWI Pusat Kunjungi AUFIA Global Islamic Boarding School Riau
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Penandatanganan Pakta Integritas Ikatan 4968
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved