www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Mabes Polri Supervisi Pengamanan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning di Inhu
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Asian Agri Ajak Masyarakat untuk Kreatif di Tengah Pendemi Covid-19
Kamis, 16 Juli 2020 - 10:37:44 WIB
Manager Plasma PT IIS saat memberikan paparan terkait pemanfaatan lahan pekarangan di Kantor Plasma PT IIS Desa Bukit Agung Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak.
Manager Plasma PT IIS saat memberikan paparan terkait pemanfaatan lahan pekarangan di Kantor Plasma PT IIS Desa Bukit Agung Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak.

PEKANBARU - Asian Agri Group, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasinal di tiga provinsi, yakni Sumatera Utara (Sumut), Riau dan Jambi – mengajak warga untuk kreatif dan produktif dalam menyikapi pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Asian Agri  melalui unit bisnisnya  PT Inti Indosawit Subur (PT IIS) mengajak masyarakat sekitar kebun perusahan untuk memanfaatkan lahan pekarangan untuk berbudidaya sayur mayur secara  hidroponik maupun ditanam langsung ke tanah.

“Di masa pandemi Covid-19,  tentu saja kita tidak bebas melaksanakan aktivitas sebagaimana biasanya. Keterbatasan gerak ini, mengakibatkan kita banyak menghabiskan waktu di rumah. Oleh karena itu, waktu yang ada janganlah sampai terbuang percuma. Kita harus mampu memanfaatkan waktu kita secara kreatif guna menghasilkan hal-hal  produktif,” ujar  Djuamsyah, Manager Plasma PT IIS.

Salah satu wujud kreativitas tersebut adalah memanfaatkan lahan pekarangan agar memiliki nilai ekonomi bagi keluarga.

“Memanfaatkan lahan pekarangan untuk berbudidaya sayur-mayur secara hidroponik maupun lagsung ke tanah, adalah salah satu bentuk kreativitas yang dapat dilakukan warga. Selain hasilnya bisa dimanfaatkan untuk konsumsi keluarga, juga bernilai ekonomis karena dapat diperjualbelikan. Selain itu, aktivitas berkebun tersebut juga akan meningkatkan kebugaran tubuh, yang memang saat ini harus kita jaga agar tidak mudah terpapar Covid-19,” ujar Djuamsah pada Sosialisasi Budidaya Tanaman Hidroponik pada 29 Juni 2020.

Acara yang di selenggarakan di halaman Kantor Plasma PT IIS, Desa Bukit Agung  Kecamatan Kerinci Kanan Kabupate  Siak dalam rangka memberikan  percontohan kebun  sayur hidroponik  yang sudah dilakukan oleh Manajemen Plasma PT. IIS. 

“Semoga contoh berkebun ini dapat ditularkan kepada masyarakat luas, karena manfaatnya luar biasa, baik dari segi ekonomi dan kesehatan. Langkah ini juga dapat berperan untuk memutus mata rantai Covid-19, karena akan mengurangi intensitas ibu-ibu untuk berbelanja ke pasar / social distancing,” imbuh Djuamsyah. 

Sementara itu, Kades Kampung Bukit Harapan  Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, Lasmi mengapresiasi inovasi yang dilakukan Asian Agri. 

"Kami sangat berterimakasih kepada management kebun, khususnya kepada Bapak Djuamsyah yang selalu membina kami (warga), bukan hanya di kebun sawit saja tetapi juga bagaimana menciptakan situasi yang aman dan nyaman di desa binaannya," cetusnya. 

Dengan adanya kebun sayur ini, pemerintah desa akan mendorong agar dicontoh oleh masyarakat karena memang manfaatnya sungguh banyak.  

"Kondisi sekarang di desa sudah mengalami perubahan semenjak Covid ini. Artinya pendapatan warga menurun. Hal ini jika tidak segera disikapi dengan yang positif, khawatirnya dampaknya akan semakin luas," tandasnya.

Walaupun hanya kebun sayur saja, menurutnya, kalau dikelola dengan baik maka manfaatnya akan sangat dirasakan. "Ditambah lagi dengan menjelangnya program replanting ini, pasti perekonomian akan terasa berat," ulasnya.

Acara ini dihadiri oleh jajaran perangkat pemerintahan, diantaranya Kepala Desa SP 2 Ds Buana Bhakti, Kades SP 3 Ds Bukit Harapan, Kades SP 4 Desa Kumbara Utama, Kades SP 9 Desa Jati Mulya dan Kades SP 10 Desa Kampung Baru, jajaran Manajemen Plasma PT. IIS dan masyarakat seputar perusahaan.

Ketua PKK PT.IIS Kebun Buatan, Naomi Hutabarat  sangat apresiasi dan mendukung kegiatan ini, karena dengan menanam sayuran sendiri sudah tentu menjaga kesehatan. 

"Jika dikonsumsi, pastilah akan terjaga kesehatan kita  dan keluarga. Untuk di lingkungan karyawan, kami juga akan budayakan menanam sayuran sendiri memanfaatkan pekarangan yang ada. Hal ini juga untuk mengurangi pengeluaran. Kami juga berharap semoga kebun ini dapat contoh oleh warga desa yang lain supaya kehidupan kita menjadi aman, nyaman dan sejahtera," bilangnya. (rilis)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Webinar Pelatihan Siaga Karhutla - Tim Damkar Asian Agri.Asian Agri Latih Tim Damkar, Tetap Siaga Karhutla di Tengah Pandemi Covid-19
Kepala DP3AP2KB Provinsi Riau, Tengku Hidayati Elfiza Pandemi Covid-19, Tingkat Kekerasan Terhadap Perampuan dan Anak di Riau Turun
<br>Berhasil Cegah Kebakaran, 4 Desa Bebas Api Asian Agri di Riau Terima Penghargaan
  Manager Plasma PT IIS saat memberikan paparan terkait pemanfaatan lahan pekarangan di Kantor Plasma PT IIS Desa Bukit Agung Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak.Asian Agri Ajak Masyarakat untuk Kreatif di Tengah Pendemi Covid-19
Group Manager PT MUP, Herman Sembiring menyerahkan MoU Desa Bebas Api kepada Kades Desa Tambak, Nerwan Sipil (12/5/2020).Di Tengah Pandemi Corona, Asian Agri Teken MoU Desa Bebas Api untuk Cegah Karhutla
Antisipasi Kemarau 2017, Asian Agri Gelar Diklat Cegah Karhutla

BERITA LAINNYA    
Supervisi pengamanan operasi Mantap Praja Lancang Kuning 2020.Mabes Polri Supervisi Pengamanan Operasi Mantap Praja Lancang Kuning di Inhu
IlustrasiPolda Riau Belum Tetapkan Status PT BMI Terkait Kasus Kebakaran Lahan
Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Dumai H. Syamsuddin memakaikan tanda peserta pelatihan Management Homestay kepada salah satu peserta.Hadapi Lonjakan Wisatawan Luar Daerah, Pemko Dumai Gelar Pelatihan Manajemen Homestay
  Kepala Satpol PP Dumai RH. Bambang Wardoyo, SH memimpin langsung penertiban PKL yang berjualan di bahu jalan Pasar Bundaran.Satpol PP Dumai Warning PKL Jualan di Bahu Jalan Pasar Bundaran
IlustrasiBertambah 282 Kasus, Total Terkonfirmasi Covid-19 Riau 12.600 Kasus
Pengumuman beasiswaAbdi Tandatangani Pengumuman Penyediaan Biaya Pendidikan Bagi Mahasiswa
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Wajib Masker Saat Service Kendaraan di Astra Daihatsu
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved