www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Masuk Kategori OTG, Dua Pasien Covid-19 di Dumai ‎Isolasi Mandiri
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pasien Positif Covid-19 Riau Naik Pesawat ke Jakarta
Selasa, 07 Juli 2020 - 06:31:29 WIB
ilustrasi
ilustrasi

PEKANBARU - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Riau menyatakan ada seorang pasien positif covid-19 asal Riau yang menggunakan pesawat terbang dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru ke Jakarta.

Gugus Tugas akan melakukan pelacakan pada orang-orang yang pernah kontak erat dengan pasien positif tersebut.

"Kami akan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Pekanbaru dan dari pihak penerbangan, akan lihat posisi duduknya di pesawat di mana dan melakukan tracing pasien," kata Juru Bicara Covid-19 Riau Indra Yovi dalam pernyataan pers di Pekanbaru, seperti dikutip Antara, Senin (6/7).

Indra menjelaskan, pasien itu tercatat sebagai kasus positif Covid-19 ke-235 di Riau. Pasien berinisial ES itu warga Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) berusia 56 tahun.

Awalnya, kata Indra, ES melakukan pemeriksaan uji deteksi cepat (rapid test) pada 2 Juli 2020 di salah satu rumah sakit swasta di Rohul untuk keperluan perjalanan ke Jakarta dengan hasil reaktif.

"Sesuai kriteria, pasien dilanjutkan dengan pengambilan swab pertama pada tanggal 3 Juli 2020. Pada tanggal 4 Juli 2020 dilanjutkan swab yang kedua di RSUD Rokan Hulu," katanya, seperti yang dilansir dari cnnindonesia.

Kata Indra, ES sudah diedukasi oleh pihak rumah sakit untuk melakukan isolasi mandiri di rumah sampai hasil pemeriksaan swab menggunakan PCR (Polymerase Chain Reaction) keluar hasinya. Namun, pada 5 Juli 2020, ES nekat berangkat ke Jakarta dengan melakukan rapid test mandiri di Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

Hasil rapid test di Bandara menunjukkan nonreaktif sehingga ES melanjutkan perjalanan ke Jakarta dengan menumpangi pesawat Lion Air. Namun, Indra Yovi tidak menjelaskan perbedaan uji rapid test di Rohul dengan di Bandara Pekanbaru.

"Tetapi kemarin, pasien tuan ES ini melakukan perjalanan ke Jakarta dengan pesawat Lion Air pukul 11.30 WIB. Ia lakukan rapid test mandiri hasilnya negatif, makanya bisa terbang," kata Indra.

Hasil uji swab terhadap ES baru keluar pada 6 Juli dan dinyatakan positif Covid-19. Menurut dia, saat ini ES berada di Jakarta dan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Riau sudah melakukan komunikasi dengan Gugus Tugas covid-19 di Jakarta untuk penanganan ES selanjutnya.

Ia berharap kerja sama dengan berbagai pihak bisa mengetahui orang-orang yang sempat kontak dengan ES di Bandara maupun pesawat. Ia menambahkan belum diketahui riwayat penularan covid-19 dari pasien ES.

"Nanti dari pihak penerbangan akan lihat dimana posisi duduknya ES dimana dan tracing. Kepada penumpang yang dekat dengan ES di pesawat diharapkan melaporkan diri, bisa di Jakarta maupun bisa di tempat dia berada sekarang agar bisa tracing pasien ini," ujarnya

Indra menambahkan total positif covid-19 di Riau ada 235 kasus. Rinciannya 12 orang dirawat, 212 sehat dan sudah dipulangkan, dan 11 meninggal dunia. Terdapat satu penambahan pasien meninggal dunia, yakni S (61) yang merupakan warga Kabupaten Indragiri Hulu.

Secara terpisah Humas Lion Air Pekanbaru, Novi, ketika dikonfirmasi menyatakan belum mengetahui informasi satu penumpang maskapai tersebut yang positif covid-19. Pihak maskapai akan mengeluarkan pernyataan pers secepatnya.*

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kadiskes Riau Mimi Yuliani NazirMenkes Ganti Istilah ODP, PDP dan Positif Covid-19, Kadiskes Riau: Kami Akan Menyesuaikan
Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Mimi Yuliani NazirBertambah 2 Kasus Positif Covid-19 di Riau, 27 Pasien Berikut Dinyatakan Sehat
Jubir Covid-19 Riau, dr Indra Yovi.Jubir Covid-19 Riau: Jangan Anggap Remeh, Covid-19 Belum Berakhir
  ilustrasiPasien Positif Covid-19 Riau Naik Pesawat ke Jakarta
 Dikatakan Juru Bicara (Jubir) Penanganan Covi-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi Dinkes Riau Supervisi Kantor BRI Cabang Sudirman, Bila Penuhi Syarat Bisa Beroperasi Lagi
Juru Bicara (Jubir) penanganan covid-19 Riau, dr Indra Yovi Kasus Positif Covid-19 Riau Bertambah 8 Orang, 7 dari Cluster BRI Pekanbaru

 
Berita Lainnya :
  • Masuk Kategori OTG, Dua Pasien Covid-19 di Dumai ‎Isolasi Mandiri
  • Optimalisasi APBD dan Disiplin Protokol Kesehatan, Dua Roda Penggerak Stabilitas Pertumbuhan Ekonomi Siak di Tengah Pandemi
  • Gedung di Area Plasa Telkom Pekanbaru Terbakar, Jaringan Terganggu
  • Kesaksian Persidangan Sebut BBM di SPBU PT BLJ Dioplos, Direktur PT BLJ: Kita Merasa Dirugikan
  • Satpol PP Diminta Tindak Pasar Ilegal di Pekanbaru
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Webinar AMSI Merayu APBN untuk Infrastruktur Riau Lebih Baik
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved