www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Kasus Rasisme Natalius Pigai, Polri Terapkan Konsep Presisi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Syarat Lanjutkan Pendidikan di Pulau Jawa, Sekitar 100 Santri Riau Butuh SKM dan Tes Swab
Kamis, 04 Juni 2020 - 10:07:30 WIB
Foto: Antara
Foto: Antara

PEKANBARU - Sekitar 100 santri asal Riau butuhkan surat keterangan medis (SKM) dan tes swab sebagai syarat untuk bisa kembali melanjutkan pendidikan di Pulau Jawa.

"Dua syarat tersebut dibutuhkan apalagi sejak 26 Mei 2020 Pemerintah DKI Jakarta melarang pendatang masuk ke wilayah Jakarta khususnya yang melalui Bandara di Jakarta kecuali dengan menunjukan SKM dan hasil tes swab mandiri sedangkan rapidtest tidak berlaku," kata Kasi Pondok Pesantren pada Kanwil Kemenag Riau Ustadz Fakhri dalam keterangannya di Pekanbaru, dikutip dari antarariau Kamis (4/6/2020).

Menurut dia, keluhan yang cukup merisaukan orang tua/wali santri, karena untuk dapat memiliki SKM dan melakukan tes swab mandiri memerlukan biaya yang cukup mahal dan untuk sekali tes swab mencapai Rp1,5 juta – Rp2 juta.

Jika santri tidak memiliki hasil tesswab mandiri tersebut maka santri tidak diperkenankan naik pesawat dan apabila tetap diberangkatkan maka akan dikarantina di hotel untuk dilakukan tesswab dan biaya sendiri termasuk biaya karantina.

Berdasarkan keluhan orang tua santri tersebut, katanya, maka Gubernur Riau memanggil Ketua Baznas, Karo Kesra Pemprov Riau, Kasi Pondok Pesantren Bidang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau untuk membahas permasalahan tersebut.

Pada pertemuan tersebut Gubernur meminta Kementerian Agama untuk mendata berapa jumlah santri yang membutuhkan SKM tersebut, dan Baznas Riau diharapkan dapat memberikan bantuan yang dibutuhkan santri untuk kembali melanjutkan proses pendidikannya di pondok pesantren di Pulau Jawa.

Untuk menindak lanjuti Instruksi Gubernur tersebut Kasi Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Riau membutuhkan data santri yang akan kembali ke pondok pesantren di Pulau Jawa untuk selanjutnya direkap dan diberikan SKM.

”Kita butuh data santri tersebut seperti nama, alamat, dan nama pondok pesantren di Pulau Jawa tempat melanjutkan pendidikan. Saat ini data yang terhimpun sementara sekitar 100 santri. Diperkirakan lebih dari 100 orang santri yang mondok di Jawa," katanya. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Foto bersama.Rumah Yatim Bagikan Bantuan Pendidikan dan Biaya Hidup untuk Warga Kabupaten Kampar
Pj Bupati Bengkalis Syahrial Abdi saat menerima kunjungan mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Bengkalis.Soal Komitmen Pemkab Bengkalis Bidang Pendidikan, Mahasiswa Sampaikan Aspirasi
IlustrasiTes Covid-19 Hasilnya Sering Berbeda-beda, Hari Keberapa Idealnya Swab?
  IlustrasiDinas Pendidikan Riau Dilema soal Sekolah Tatap Muka
istPT RAPP Serahkan Bantuan Pendidikan Bagi Mahasiswa Kurang Mampu
PT RAPP serahkan beasiswa kepada mahasiswa kurang mampu di wilayah sekitar operasional perusahaan di Kecamatan Merbau, Pulau Padang, Meranti.RAPP Bantu Operasional Pendidikan Bagi Mahasiswa Kurang Mampu di Meranti

BERITA LAINNYA    
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo YuwonoKasus Rasisme Natalius Pigai, Polri Terapkan Konsep Presisi
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indra AgusKadis ESDM: Keputusan Kelola Blok Rokan Ada di BUMN Pertamina
Ilustrasi170 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh, 2 Orang Meninggal Dunia
  Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan12 Kecamatan di Pekanbaru Sudah Berstatus Zona Kuning Covid-19
Pelepasan atlet Futsal Kepulauan Meranti untuk mengikuti Kejurda oleh KONI Kepulauan MerantiKeberangkatan Tim Futsal Kepulauan Meranti ke Kejurda Riau Dilepas Ketua KONI
Walikota Pekanbaru, H FirdausWako Pekanbaru: Belajar Tatap Muka Mulai Awal Februari di Zona Kuning
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved