www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Data Terkini Corona di Indonesia: 74.018 Positif, 34.719 Sembuh & 3.535 Meninggal
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Agar PSBB Berhasil Ini Imbauan Kapolda Riau
Minggu, 17 Mei 2020 - 19:21:51 WIB
Kapolda Riau saat persiapan kegiatan penyemprotan disinfektan.
Kapolda Riau saat persiapan kegiatan penyemprotan disinfektan.

KAMPAR - Penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pertama kali dilakukan di 5 daerah di Provinsi Riau, telah berjalan. Dalam pelaksanaan di lapangan, diawali kegiatan penyemprotan disinfektan oleh aparat jajaran Polda Riau, serentak, Minggu (17/5/2020) siang. 

Lima daerah itu, yakni Kabupaten Kampar, Siak, Bengkalis, Pelalawan serta Dumai. Untuk menyamakan persepsi demi mecapai hasil efektif, masing-masing daerah melakukan konsolidasi upaya kesiapan penerapan PSBB. 

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, kepada halloriau.com, mengatakan penerapan PSBB di 5 wilayah di daerah Provinsi Riau untuk pertama harus diawali imbauan kepada masyarakat setempat.

"Penerapan aturan PSBB ini, masing-masing daerah ini harus melawati konsolidasi. Artinya menyamakan persepsi peraturan Gubernur Riau, agar pelaksanaanya dapat dilakukan penindakan bersama," ujar Kapolda. 

Diawali penyemprotan disinfektan saat penerapan PSBB pertama, jajaran Polda Riau serentak melakukan dengan mengambil wilayah Kabupaten Kampar. Tujuannya sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Riau. 

"Penyemprotan disinfektan ini, langkah awal mutuskan penyebaran Covid-19. Serta melakukan sosialisasi imbauan agar masyarakat bisa mengeti apa yang boleh dan apa yang tak boleh," sebut Kapolda. 

Dalam awal-awal penerapan PSBB ini, menurut Kapolda pihaknya tidak melakukan penindakan kepada masyarakat. Melainkan teguran atau mengimbau lebih dulu, agar kedepannya nanti dapat berjalan dengan baik. 

"Lalu, baru dilakukan penindakan hukuman, seperti dilaksanakan di Pekanbaru yang lebih dulu diterapkan PSBB. Upaya ini untuk jalan terakhir dari upaya lain yang sudah dilakukan agar penerapan PSBB lebih efektif pelaksanaan peraturannya," terang Kapolda. 

Selain itu, ada tiga point utama yang harus dilaksanakan  sehingga didapatkan hasil yang lebih maksimal. Yakni, bagaimana masyarakat bisa mampu memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. 

"Serta langkah kongkrit dengan penyemprotan disinfektan dan Social Distancing masyarakat dan juga mematuhi aturan protokol kesehatan. Untuk masuk ke Kampar wajib memakai masker, tujuannya agar kita tak tetular Covid-19," sambung Kapolda. 

Selanjutnya, Kapolda menyebutkan ingin melihat kesehatan  pasien korban yang menderita atau terpapar Covid-19. Baik itu yang statusnya positif dari hasil swabnya atau saat isolasi pengawasan dan ODP. 

"Lalu dampak sosial Covid-19, hal ini kita upayakan mereka yang terdampak bisa mendapatkan bantuan. Lalu mereka  yang berhenti mendadak sehingga terdampat tak bisa bekerja lagi. Dengan tiga hal ini dapat menghasilkan sesuatu yang baik," tutur Kapolda. 

Kapolda berharap, dengan tiga hal ini target bisa tercapai dan akan menjadi bahan evaluasi untuk sukses. Sisi lainnya, peran media bisa membantu masyarakat dalam hal penerapan untuk tetap didalam rumah. 

Sebelumnya, dilakukan penyemprotan disinfektan di daerah Kabupaten Kampar setelah diterapkannya aturan PSBB serentak di 5 wilayah kabupaten/kota di Provinsi Riau yang  dipusatkan di Kampar. 

Penulis : Helmi 
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Penandatanganan Pakta Integritas.Jamin Seleksi BETAH, Kapolda Riau Pimpin Giat Pakta Integritas
Polisi teladan dan Polisi berprestasi menerima penghargaan.Polisi Berprestasi dan Polisi Teladan Terima Penghargaan Kapolda Riau
HUT ke-74 Bhayangkara dilakukan secara virtual.Upacara Peringati HUT ke-74 Bhayangkara Dilakukan Secara Virtual
  Kapolda Riau saat menerima korps raport kenaikan pangkat 178 personel Polda dan 37 orang PNS di halaman Polda Riau pada Kamis pagi, (2/7/2020).693 Personel Polda Riau Naik Pangkat, Kapolda Ingatkan Selalu Berbuat Baik
Upacara virtula HUT ke-74 Bhayangkara.Kapolda Ingin Kuatkan Penanganan Covid-19 di Riau Sesuai Tema HUT ke-74 Bhayangkara
Jubir penanganan covid-19 Riau, dr Indra Yovi Masyarakat Riau Diminta Terapkan PSBB Sendiri 1-2 Minggu ke Depan

 
Berita Lainnya :
  • Data Terkini Corona di Indonesia: 74.018 Positif, 34.719 Sembuh & 3.535 Meninggal
  • Distakan Pekanbaru Pastikan Stok Hewan Kurban Cukup
  • Mahasiswa KKN Relawan Desa Lawan Covid-19 Unri Buat dan Bagikan Handsanitizer Gratis untuk Masyarakat Perawang
  • Kelurahan Tobek Godang Masuk Nominasi Proklim 2020
  • Viral Video Mobil Wapres Diisi Pakai Jeriken, Setwapres Ungkap Alasannya
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Serahkan Figura Gerakan 1.000 Kantong Darah Relawan Peduli Covid-19
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved