www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Jadwal Liga Champions, Menanti Keajaiban Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pemprov Riau Siapkan BTT Rp400 Miliar Percepatan Penanganan Covid-19
Kamis, 16 April 2020 - 06:10:40 WIB
Ilustrasi.
Ilustrasi.

PEKANBARU - Untuk percepatan penanganan virus Corona (Covid-19) di Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah melakukan pergeseran anggaran tahap kedua sebesar Rp400 miliar. Setelah sebelumnya pergeseran dilakukan sebesar Rp74,9 miliar. 

Informasi ini disampikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid didampingi Sekretaris Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Riau, Syahrial Abdi, Selasa (14/4/2020) lalu.

"Pergeseran pertama sebesar Rp74,9 miliar untuk penanganan Covid-19 awal. Kemudian kita lakukan pergeseran anggaran kedua Rp400 miliar," kata Sekda Riau.  

Plt Kepala Bappeda Riau ini mengatakan, pergeseran anggaran yang dilakukan telah sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku, dan mengikuti arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Lebih lanjut Yan Prana menyampaikan, pergeseran anggaran awal dilakukan melalui mekanisme biasa. Misalnya anggaran kegiatan A di Dinas Kesehatan diperuntukan untuk kegiatan B dari program kegiatan di OPD yang sama. 

"Artinya DPA OPD yang berubah. Misalnya awalnya anggaran untuk beli oksigen, tapi digeser ke kebutuhan lain untuk penanganan Covid-19. Pergeseran mekanisme ini tak perlu harus mendapat persetujuan DPRD, tapi cukup Gubernur menyampaikan kepada pimpinan DPRD," terangnya. 

"Mekanisme pergeseran biasa ini sudah kita lakukan, hasilnya yang Rp74,9 miliar itu untuk penanganan awal Covid-19 kemarin. Itu yang kita geser anggaran Diskes dan RSUD Arifin Achmad saja," sambungnya. 

Masih kata Sekda Riau, kemudian setelah keluar Peraturan Mendagri 20 Tahun 2020 untuk menjamin ketersediaan anggaran dan terjaminnya kebutuhan belanja untuk penanganan Covid-19, maka diruba pola pergeseran anggarannya. 

"Jadi anggaran yang ada di OPD bisa digeser menjadi anggaran Belanja Tak Terduga (BTT). Jadi BTT yang dibesarkan sekarang. Misalnya pengurangan belanja tak prioritas, infrastruktur, perjalanan dinas dan lainnya. Termasuk kemarin anggaran perjalanan dinas DPRD dan mobil DPDD Riau digeser ke BTT di Bendahara Umum Daerah yang letaknya di Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau. Mekanisme ini sudah dilakukan, hasilnya ada Rp400 miliar anggaran digeser ke BTT," jelasnya. 

"Pola belanjanya juga berbeda, dan sifatnya menjadi stuasional. Contoh mau buat dapur umum, untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan lainnya, ketika ada data dan permintaan, maka bisa dikeluarkan anggarannya dari BTT. Makanisme ini lebih capat untuk percepatan penanganan Covid-19 di Riau," tutupnya. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
ilustrasiRiau Tambah 65 Kasus Positif Covid-19, Dua Meninggal
Ilustrasi CoronaRiau 64 Kasus, Ini Sebaran 6.894 Kasus Baru Covid-19
Plh Sekdaprov Riau Masrul KasmyPemprov dan Pemko Pekanbaru Masih Belum Capai Kesepakatan soal Pasar Cik Puan
IlustrasiSetahun Pandemi Covid-19, Satpol PP Riau Gencar Beri Tindakan Pencegahan
IlustrasiKapolda Riau Sebut 1.142 Hektare Lahan Terbakar Sudah Dipadamkan
  Gubri saat diwawancarai usai rapat koordinasi bersama Forkompinda kabupaten dan kota se-Provinsi Riau secara virtual, Senin (8/3/21).
TMC Diharapkan Dapat Kurangi Perluasan Karhutla di Riau
Ilustrasi vaksinasi Covid-19Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua di Kepulauan Meranti Diprioritaskan Untuk Guru
Kepala anjing yang dilempar ke rumah Humas Kejati Riau.Polisi Selidiki Pelempar Kepala Anjing di Rumah Pejabat Kejati Riau
Dealer HSH Jl Soekarno Hatta No 168, PekanbaruBeli Mobil Honda di HSH dan HSA, Harga Turun Hingga Puluhan Juta
IlustrasiBNPB Kembali Kirimkan Helikopter untuk Tangani Karhutla di Riau

BERITA LAINNYA    
intJadwal Liga Champions, Menanti Keajaiban Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi
ZodiakRamalan Zodiak Selasa 9 Maret 2021 Capricorn, Aquarius, dan Pisces: Tetaplah Rendah Hati
ilustrasiCek di Sini Syarat Tes CPNS 2021
Kendaraan dinas dikumpulkan di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti untuk dicek fisikAkan Dicek Fisik, Seluruh Kendaraan Dinas Apel di Kantor Bupati Kepulauan Meranti
Sekda Abdul Haris, Kapolres dan Danramil 02/ Rambah juga Kasi Pidum Kejari Rohul pantau peralatan untuk penanganan Karhutla di gudang BPBD RohulAntisipasi Karhutla, Kapolres dan Pemkab akan Bangun 3 Posko
  Yan Prana Jaya Jalani Tahap IIYan Prana Jaya Jalani Tahap II di Rutan Pekanbaru
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Nandang MuPolisi Bentuk Tim Khusus Ungkap Pelaku Pelempar Rumah Pejabat Kejati Riau dengan Kepala Anjing
intChelsea Vs Everton: Menang 2-0, The Blues Mantap di Empat Besar
Ketua PWI Riau, Zulmansyah SekedangBesok, Ketua PWI Riau Lantik Pengurus PWI Dumai
Suasana Sosialisasi Larangan Membakar Hutan dan Lahan kepada sejumlah elemen masyarakat, organisasi kepemudaan (OKP) dan organisasi kemasyarakatan (Ormas)Semua Pihak Harus Berperan Aktif, Jangan Apatis
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved