www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Pemko Dumai Siapkan Rp40 Miliar Atasi Wabah Virus Corona
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Dihadiri Wagub Sumbar, Gubri Syamsuar Buka Bazar HUT ke-50 IKMR
Senin, 24/02/2020 - 20:45:03 WIB
Gubri Syamsuar dan Wagub Sumbar menghadiri HUT ke-50 IKMR.
Gubri Syamsuar dan Wagub Sumbar menghadiri HUT ke-50 IKMR.

PEKANBARU -  Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar secara resmi membuka bazar dan malam kesenian dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) ke 50 di Komplek Bandar Seni Raja Ali Haji atau di lapangan MTQ Jalan Sudirman Pekanbaru, Senin (24/2/2020).

Pada perayaan HUT IKMR ke 50 ini ditandai dengan pemotongan singgang ayam dan nasi kuning atau tumpeng yang dilakukan oleh ketua IKMR Riau Basrizal Koto.

Usai memotong tumpeng, Basrizal Koto langsung menyuapkan potongan tumpeng tersebut ke Gubri Syamsuar dan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Ketua Gebu Minang Riau serta sejumlah undangan lainya. Selain itu, pembukaan bazar dan pekan seni dalam rangka HUT ke 50 IKMR ini juga ditandai dengan pelepasan 50 ekor burung merpati.

"Kita berharap masyarakat Riau yang berasal dari Sumbar bisa sama-sama saling bersinergi dengan pemerintah daerah untuk membangun Riau kedepan menjadi lebih baik lagi," kata Gubri Syamsuar.

Syamsuar berharap kerja sama antara Provinsi Riau dengan Sumbar bisa terus terjalin dengan baik. Sebab Riau banyak bergantung sejumlah komoditas pertaniannya dari Sumbar. Khususnya komoditas sayur-sayuran dan beras.

"Kalau sempat pintu masuk dari Sumbar ke Riau itu ditutup, bisa tidak makan nasi kami di Riau ini," ujar Syamsuar beseloroh.

Sementara Wakil Gubenur Sumbar, Nasrul Abit pada kesempatan ini menitipkan pesan kepada seluruh keluarga Minang yang ada Riau agar bisa menjunjung tinggi adat istiadat yang ada di Riau. Sehingga keberadaan masyarakat Minang yang ada di Riau bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan di Riau.

"Sama-sama kita ketahui, bahwa 35 persen warga Riau itu berasal dari Sumbar, tapi mereka sudah menjadi penduduk Riau. Karena sejauh berpuluh-puluh tahun yang lalu, kedua provinsi yang bertetanggaan ini memang sudah memiliki kedekatan yang baik. Ini harus kita jaga," ujarnya.

Sementara Ketua IKMR Riau, Basrizal Koto mengungkapkan, di usianya yang ke 50 tahun ini maka IKMR Riau sudah masuk di usia emas. Sejauh ini sudah banyak yang kontribusi yang diberikan oleh IKMR untuk pembangunan Riau.

"Saya ingin sampaikan bahwa suku kita adalah Minang, tapi kita adalah orang Riau. Dengan adanya organisasi ini warga Minang yang ada di Riau bisa bersatu dan ini harus kita jaga," katanya.

Ketua Panitia HUT IKMR ke 50, Darmansyah mengatakan, perayaan HUT ke 50 IKMR di komplek MTQ ini akan berlangsung hingga lima hari ke depan. Beragam penampilan akan disuruhkan sepanjang malam hingga 29 Februari mendatang.

Di lokasi ini ada bazar UKM dan kuliner baik dari ranah Minang maupun dari Riau. Malam harinya akan ditampilkan tari-tarian tradisional, saluang, lomba lagu Melayu dan Minang, atraksi seni berbagai paguyuban di Riau, barongsai dan kim.

"Nati juga akan ada penampilan salah satu artis dari Sumbar yakni Kintani," ucapnya.

Selain dihadiri Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, pembukaan perayaan HUT IKMR ke 50 ini juga dihadiri oleh Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Bupati Agam, Wakil Walikota Payakumbuh, Anggota DPR RI serta kepala Kesbangpol Riau, Chairul Rizky dan pimpinan OPD dari Pemprov Sumbar.

Penulis : Rivo Wijaya
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Gubernur Riau Syamsuar.Gubri: Sebelum Karantina Wilayah, Pemerintah Kabupaten/Kota Harus Jamin Ketersediaan Pangan
Gubernur Riau Syamsuar.Riau Sudah Terima Rapid Test, Diutamakan untuk Tenaga Medis dan ODP
Gubri Syamsur saat teleconference dengan Presiden RI.Penanganan Covid-19, Gubri: Ada 3 Hal Penting yang Disampaikan Presiden
  Gubernur Riau Syamsuar.Tiap Kabupaten/Kota di Riau Dapat Bantuan Beras 100 Ton dari Bulog
Gubri Syamsuar usai melakukan teleconference dengan Walikota Dumai terkait pembahasan pemulangan WNI dari MalaysiaPemulangan 500 WNI dari Malaysia Melalui Tanjung Balai Karimun, Transit di Dumai
Gubernur Riau Syamsuar saat video conference.Kabupaten Kota Se-Riau Dapat Manfaatkan APBD untuk Penanggulangan Covid 19

 
Berita Lainnya :
  • Pemko Dumai Siapkan Rp40 Miliar Atasi Wabah Virus Corona
  • Jika Pilkada Ditunda, KPU Kepulauan Meranti Siap Kembalikan Uang Sisa Hibah
  • Dekranasda Salurkan Bantuan 800 Masker BC-19 untuk ODP Kabupaten Siak
  • KPBD Indragiri Hulu Ergusfian: Stop Bakar Lahan, Nyawa Petugas Pemadam Taruhannya
  • Persiapan Penyusunan APBD, Disperkim Rohil Bahas Renja 2021
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Polda Riau Semprot Disinfektan Kantor Halloriau.com
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved