www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Penanganan Covid-19 Riau Difokuskan kepada Enam Daerah
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Kunjungan Kerja ke Riau Jokowi Tinjau Posko Penanganan Karhutla
Jumat, 21 Februari 2020 - 08:22:49 WIB
Presiden Joko Widodo saat meninjau ruangan yang dijadikan posko untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.
Presiden Joko Widodo saat meninjau ruangan yang dijadikan posko untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.

PEKANBARU - Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Riau Pekanbaru, untuk mengecek penanganan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. Setibanya di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin , Riau, Jokowi langsung bertolak menuju posko penanganan karhutla.

Di posko itu, Presiden Jokowi mengecek papan pemberitahuan dan monitor aktivitas titik yang berpotensi pada kebakaran hutan. Berdasarkan keterangan dari Biro Pers Istana, Kapolda Riau Irjen Setya Imam Effendi mengatakan, posko dibangun untuk menangani karhutla secara terstruktur dan efisien.

Ada 4 teknologi satelit yang dipakai untuk penanganan karhutla di Riau yakni Noah, Aqua, Terra dan satelit dari LAPAN.

"Dari pemantauan kami dari tanggal 1 Januari sampai sekarang itu ada 786 titik panas (hot spot). Kami sudah menggunakan dashboard untuk menanganinya," kata Setya, Kamis (20/2).

"Hasil verifikasi kami di lapangan dengan mendatangi langsung titik api di koordinat sebagaimana informasi dari satelit itu, hanya 455 titik api. Alhamdulillah sampai hari ini sudah bisa kita padamkan dan kita akan terus memanfaatkan ini untuk proses pemadamannya," lanjut dia.

Di posko, petugas tak cuma bisa memantau titik panas api (hot spot). Mereka juga bisa mendapatkan informasi soal lahan gambut, prakiraan cuaca, arah angin, kepemilikan lahan. Selain itu juga piket petugas, sekolah, embung, kanal, sekat kanal, lokasi Polsek, Polres, lahan perusahaan, hingga heli pad terdekat.

"Kami juga bisa memobilisasi sumber daya manusia, peralatan, dan sumber daya lain untuk keperluan pemadaman. Kami memetakan di mana letak peralatan-peralatan itu ada, pos-pos BNPB yang ada di kabupaten kami data, Polsek dan Koramil kami data," kata Setya.

Presiden Joko Widodo posko penanganan kebakaran hutan
Presiden Joko Widodo saat meninjau ruangan yang dijadikan posko untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr

"Demikian juga perusahaan-perusahaan yang memiliki alat pemadaman juga kami data. Sehingga kami bisa mengerahkan peralatan maupun personel yang ada di titik api tersebut untuk membantu proses pemadaman," lanjutnya.

Saat mendampingi Jokowi tersebut, Setya sempat menelepon salah satu anak buahnya yang tengah menangani karhutla.

"Siap Jenderal, pemadaman masih dilakukan pendinginan, api sudah tidak ada, hanya mengeluarkan asap Jenderal. Api sudah dapat dipadamkan Jenderal," tegas Marino Yures , salah satu anggota polisi yang berada di salah satu titik api di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Dalam melaksanakan tugasnya, Marino bersama 6 personel Polisi, 6 personel TNI, 5 orang dari BPBD, 7 orang petugas pemadam kebakaran Kecamatan Rupat, 3 orang dari masyarakat peduli api hingga warga sekitar.

"Kami ingin bersinergi dalam memadamkan karhutla secepatnya. Ini menjadi komitmen kami bagaimana penanganan kebakaran hutan di Provinsi Riau menjadi prioritas kami," tegas Setya, seperti yang dilansir dari kumparan.

Hadir mendampingi Jokowi selain Setya yakni Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Gubernur Riau Syamsuar.

Hadir pula Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI M.S. Fadhilah , Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet , hingga Wakil Ketua DPRD Riau Zukri Misran. *

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Upacara Hari Bhayangkara ke-74 yang dilakukan secara virtual diikuti seluruh Jajaran Korps Bhayangkara, Rabu (1/7/2020).Puncak Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 Digelar Secara Virtual, Presiden Jokowi Beri 7 Instruksi Berikut
Presiden Joko Widodo.Dicurhati Masyarakat, Presiden Jokowi Perintahkan Gubri dan Kapolda Riau Selesaikan Sengketa Lahan Gondai
Presiden Joko Widodo menyerahkan SK Perhutanan Sosial untuk masyarakat Riau.Presiden Jokowi Serahkan SK Perhutanan Sosial untuk 41 Kelompok Masyarakat Riau
  Gubri Syamsur saat teleconference dengan Presiden RI.Penanganan Covid-19, Gubri: Ada 3 Hal Penting yang Disampaikan Presiden
Presiden Joko Widodo.Serahkan SK, Jokowi Ingatkan Manfaatkan Perhutanan Sosial untuk Tanaman Produktif
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) bersama rombongan tinjau tol Pekanbaru - Dumai (Permai) seksi I.Usai Tinjau Tol Permai, Jokowi Langsung Kunjungi Tahura

 
Berita Lainnya :
  • Penanganan Covid-19 Riau Difokuskan kepada Enam Daerah
  • Bawaslu Rohil Pantau Khusus Pemilih di Daerah Perbatasan
  • Mau Beli Mobil LCGC, Toyota Agya atau Honda Brio Satya?
  • Mulai Hari Ini, Tak Pakai Masker Siap-siap Denda Rp 250 Ribu !
  • Resmi Mengaspal Hari Ini, Berapa Harga Toyota Corolla Cross?
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    PT Rifan Financindo Berjangka Potong 2 Sapi
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved