www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Fatwa Muhammadiyah: Tak Perlu Tarawih di Masjid Selama Corona
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Soroti Kecelakaan Kerja Proyek Tol Pekanbaru-Dumai, Begini Tanggapan Menaker
Jumat, 14/02/2020 - 12:26:19 WIB
Menaker Ida Fauziyah mengunjungi Provinsi Riau.
Menaker Ida Fauziyah mengunjungi Provinsi Riau.

PEKANBARU - Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Republik Indonesia, Ida Fauziyah menyoroti kecelakaan kerja yang menewaskan seorang pekerja Aprianto Manik saat melakukan setting alat berat di Seksi IV Proyek Tol Pekanbaru-Dumai, pada Senin (10/2/2020) lalu.

Dia mengatakan, semua perusahaan wajib menerapkan Kesehatan Keselamatan Kerja (K3) bagi pekerja. Termasuk dalam pembangunan jalan tol Trans Sumatera.

"Penerapan K3 harus dilaksanakan di semua perusahaan, termasuk dalam proses pembangunan Tol Trans Sumatera. Pembangunan infrastruktur kan memang juga tetap diteruskan pak Jokowi. Jadi kita minta semua harus tetap hati-hati dan penerapan K3 harus tetap dilaksanakan," kata Menaker ketika ditemui usai memimpin acara Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2020, yang dilaksanakan di halaman Kantor PTPN V, Jalan Rambutan Pekanbaru, Jumat (14/2/2020) dikutip dari goriau.

Sebelumnya, PT Hutama Karya (Persero) Hutama Karya selaku pengembang Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) telah menyampaikan duka cita atas kecelakaan kerja yang menewaskan Aprianto Manik yang merupakan pekerja subkontraktor PT Grant Surya Pondasi (GSP) tersebut.

SEVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan, bahwa sebelumnya PT HK Infrastruktur (HKI) selaku kontraktor pelaksana pembangunan jalan tol ini telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak yang berwajib dan bersama-sama telah melakukan investigasi lebih lanjut. Mengutip informasi dari HKI, bahwa saat ini HKI sedang menanti investigasi dari Disnaker Provinsi Riau terkait hal tersebut.

Fauzan pun menyampaikan kembali keterangan dari Seretaris Perusahaan PT HKI Alfa Haga Rachmady yang mengatakan bahwa kecelakaan tersebut terjadi di lokasi proyek seksi IV Tol Pekanbaru-Dumai yang sedang dikerjakan oleh HKI. Kecelakaan kerja ini sendiri berawal dari PT GSP yang hendak memobilisasi alat menuju lokasi pekerjaan. Sesuai prosedur Quality dan Keselamatan HKI, sebelum proses mobilisasi tersebut diwajibkan untuk dilakukan inspeksi bersama oleh HKI, vendor, konsultan dan pemilik pekerjaan untuk menilai kelayakan alat yang akan bekerja.

"Namun sebelum inspeksi tersebut dilakukan, alat di-setting oleh korban dan terjadilah kejadian yang tidak diinginkan tersebut," jelas Fauzan Kamis (13/2/2020) pagi.

Dalam hal ini, Fauzan juga menegaskan, bahwa Hutama Karya sebagai BUMN yang bergerak di industri pengembangan infrastruktur menaruh perhatian lebih pada aspek keselamatan kerja.

"Kami sangat concern dengan penerapan K3 pada setiap lingkungan kerja di Hutama Karya baik di kantor pusat maupun di proyek, terutama di proyek strategis nasional yang melibatkan banyak pihak. Misi kami menciptakan safety culture di lingkungan perusahaan. Tentu dengan kejadian ini kami akan meminta kontraktor yang terlibat dengan proyek ini untuk mengevaluasi kembali prosedur kerja yang diterapkan oleh vendor/sub-kontraktor mereka," kata Fauzan.

Lebih lanjut Fauzan menyampaikan bahwa Hutama Karya akan transparan dalam menyampaikan perkembangan terkini dari kejadian kecelakaan kerja yang telah 'memakam korban' ini. "Kelanjutannya bagaimana nanti akan sampaikan kembali," ujarnya. (*)
       

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Ilustrasi Karhutla.Atasi Karhutla di Riau, Gubri Minta Bantuan Perusahaan Lakukan Water Bombing
Tol Pekanbaru-Dumai akan diresmikan Presiden Jokowi Jumat (21/2/2020). Sempat Tertunda, Tol Pekanbaru-Dumai Akan Diresmikan Presiden Jokowi Jumat
Menaker Ida Fauziyah mengunjungi Provinsi Riau.Menaker Ingatkan Seluruh Perusahaan di Riau Tingkatkan K3
  Sejumlah pekerja menggunakan alat berat untuk menyelesaikan pembangunan terowongan gajah di proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Foto: Antara Agar Sesuai Standar, KLHK Awasi Pembangunan Terowongan Gajah di Proyek Tol Pekanbaru-Dumai
Menaker Ida Fauziyah mengunjungi Provinsi Riau.Soroti Kecelakaan Kerja Proyek Tol Pekanbaru-Dumai, Begini Tanggapan Menaker
Gerbang Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.Bulan Ini, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan Presiden Jokowi

 
Berita Lainnya :
  • Fatwa Muhammadiyah: Tak Perlu Tarawih di Masjid Selama Corona
  • Imbas Corona, Paket Pekerjaan Fisik DAK Kepulauan Meranti Rp91 Miliar Batal Dilelang
  • Akhirnya! Satu Pasien Positif Corona di Riau Sembuh dan Dipulangkan
  • Anggota DPR Achmad Gandeng Awal Bross Semprot Disinfektan 12 Fasilitas Umum di Rohul
  • Datangi KSOP, Masyarakat Minta TKI Non Meranti Tidak Diturunkan Lagi di Selatpanjang
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Cegah Virus Covid-19, halloriau.com Semprotkan Disinfektan
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved