www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Baku Tembak dengan KKB Papua, 2 Prajurit TNI Tewas
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Simulai CAT CPNS 2019; Peserta Masih Lemah di TIU dan TWK
Senin, 20 Januari 2020 - 11:53:56 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PEKANBARU - Hasil simulai ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 yang dilakukan Sabtu (18/1) kemarin sudah keluar. Dari simulasi itu ditemukan peserta masih lemah di Tes Inteligensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan, Minggu (19/1). "Dari simulasi kemarin masih ditemukan kelemahan dalam menjawab soal. Khususnya untuk Tes Intelegensia Umum dan Tes Wawasan Kebangsaan," katanya seperti dilansir dari tribunpekanbaru.com.

Terkait hal itu, Ridwan minta para pelamar CPNS di lingkungan Pemprov Riau yang akan mengikuti SKD mulai 27 Januari hingga 10 Februari mendatang untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Disebutkan, untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) poin rata-rata dari peserta simulasi sudah cukup memuaskan. Meski simulasi CAT tersebut bukan ukuran untuk menentukan lulus atau tidaknya pasing grade, namun pelamar diminta untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi.

Memang dalam simulai CAT tersebut soal yang diujikan tidak sebanyak soal yang diujiankan saat SKD nanti.

"Hasil simulasi itu tidak bisa dijadikan acuan untuk pasing grade, karena jumlah soal yang disimulasikan itukan hanya 75 soal dengan waktu 60 menit. Jadi tidak bisa pelamar itu dikategorikan lulus pasing grade atau tidak, karena untuk ujian SKD itukan jumlahnya soal 100 dan waktunya 90 menit," kata Ikhwan.

Ikhwan menegaskan, simulasi ujian CAT ini dilaksanakan bertujuan untuk melihat kemampuan komputer dan servernya serta untuk melihat kemampuan peserta dalam menjawab soal ujian.

"Jadi tidak untuk melihat memenuhi pasing grade atau tidak. Karena total soalnya hanya 75 soal. Tujuan kita menggelar simulasi ini kan untuk membiasakan dan melatih peserta agar terbiasa dan tidak kaku dalam menjawab soal ujian dengan sistem CAT, menggunakan komputer," ujarnya.

Dari pelaksanaan simulasi tersebut, pihaknya menyimpulkan bahwa untuk sarana dan pra sarana Pemprov Riau sudah siap untuk melaksanakan ujian SKD yang akan dimulai 27 Januari mendatang.

"Alhamduliah kemarin lancar, tidak ada gangguan, baik Server maupun komputer yang dipakai peserta semua berjalan dengan baik dan tidak ada gangguan. Dari Kanreg BKN juga tidak ada catatan terkait hasil simulasi kemarin. InsyaAllah kita sudah siap untuk melaksanakan ujian SKD," ucap Ikhwan.

Jumlah peserta yang ikut dalam simulasi CAT CPNS Pemprov Riau sebanyak 18 orang. Kegiatan simulasi CAT dilaksanakan di Kantor UPT Penilaian Kompetensi BKD Riau, Jalan Amal Hamzah, Kelurahan Cinta Raja, Kecamatan Sail Pekanbaru. Lokasi ini nantinya juga dijadikan sebagai tempat pelaksanaan ujian SKD CPNS Pemprov Riau. (*)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Penyerahan SK CPNS Rohil.Satu Meninggal Dunia, Wabup Rohil Serahkan SK CPNS 2019
IlustrasiDiserahkan Wawako, 342 CPNS Pemko Pekanbaru Terima SK
ilustrasiHore Lowongan CPNS 2021 Dibuka, Cari Informasinya di Sini!
  Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim saat melakukan penyerahan SK secara simbolis kepada CPNS. Said Hasyim Serahkan SK Pengangkatan 118 CPNS Kepulauan Meranti
Pembekalan CPNS Pemprov Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, Selasa (29/12/2020).262 CPNS Pemprov Riau Jalani Pembekalan
Foto: DetikPerhatian, Lowongan CPNS Dibuka 2021, Ini Formasi yang Diprioritaskan

BERITA LAINNYA    
IlustrasiBaku Tembak dengan KKB Papua, 2 Prajurit TNI Tewas
Diduga pelaku transaksi game Higgs Domino yang diamankan beberapa waktu lalu.Barang Bukti Chip Higgs Domino Hilang, Polisi Sudah Kantongi Pelakunya
Vaksin Sinovac1.402 Orang di Riau Telah Jalani Vaksinasi
  Syafri menerima bantuan dari Rumah Yatim.Getir, Syafri Lansia 86 Tahun Terus Berjuang untuk Kehidupan
Ilustrasi547 Nakes di Pelalawan Sudah Divaksin Covid-19 Dalam Sepekan
istXL Axiata Kirim Donasi untuk Korban Banjir Batam
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved