www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Bandel! SMA Tri Bhakti Tetap Buka Aktivitas Kegiatan Belajar
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Bulan Ini, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Diresmikan Presiden Jokowi
Senin, 13 Januari 2020 - 06:42:45 WIB
Gerbang Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.
Gerbang Jalan Tol Pekanbaru-Dumai.

JAKARTA - Tiga jalan tol baru yang sudah rampung pembangunannya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Januari 2020.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan ketiga jalan tol baru tersebut adalah Jalan Tol Manado-Bitung, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, dan Jalan Tol Palembang-Kayu Agung.

Kendati demikian, Basuki tidak memberikan informasi terkait tanggal peresmian. Hanya, dia memastikan ketiga jalan tol baru tersebut diresmikan bulan Januari ini. "Januari ada tiga tol yang diresmikan," ujar Basuki di Kementerian PUPR, Jumat (10/1/2020) dikutip dari Kompas. 

Jalan Tol Manado-Bitung (Mabit) dirancang sepanjang 39,9 kilometer. Jalan bebas hambatan ini dibangun dalam dua seksi, yaitu seksi 1 Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 kilometer dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Sedangkan, seksi 2 Air Madidi-Bitung sepanjang 25 kilometer dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung.

Untuk seksi 2, Tol Mabit ini dibangun menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp 6,19 triliun.

Dukungan pemerintah untuk pembiayaan konstruksi seksi 1 sebesar Rp 3 triliun, merupakan instrumen untuk meningkatkan kelayakan investasi jalan tol Mabit. Kehadiran tol pertama di Sulawesi Utara ini akan menjadi faktor pendorong berkembangnya sektor pariwisata kawasan Manado–Bitung–Likupang yang dicanangkan oleh Jokowi.

Kawasan ini menjadi salah satu dari 5 kawasan pariwisata prioritas yang akan dikembangkan pada tahun 2020. Sementara Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dikerjakan dan dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero).

Jalan ini membentang sepanjang 131,4 kilometer yang terbagi dalam 6 seksi. Keenam seksi tersebut yakni Seksi I Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 kilometer, Seksi II Minas-Petapahan/Kandis Selatan sepanjang 24 kilometer, dan Seksi III Petapahan-Kandis Utara sepanjang 17 kilometer.

Seksi IV Kandis-Duri Selatan sepanjang 26 kilometer, Seksi V Duri Selatan-Duri Utara sepanjang 28 kilometer, dan Seksi VI Duri Utara-Dumai sepanjang 25 kilometer. Sedangkan, untuk Jalan Tol Palembang-Kayu Agung-Betung didesain sepanjang 111,69 kilometer.

Tol Kayu Agung–Palembang–Betung dibangun dengan biaya sebesar Rp 9,84 triliun yang terbagi menjadi 3 seksi yakni Seksi I Kayu Agung–Jakabaring sepanjang 33,5 kilometer. Seksi II Jakabaring–Muslindas sepanjang 24,9 kilometer dan Seksi III Muslindas–Betung sepanjang 44,29 kilometer.

Sebelumnya, ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1 telah dibuka untuk umum pada awal November lalu sepanjang 33,5 kilometer. Adapun panjang keseluruhan kedua seksi tersebut 69,19 kilometer. (*)


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Foto bersama.Usai Hadiri Peresmian Tol Permai, Menteri PUPR Silaturahmi Bersama BPPW Se-Riau
Jalan Tol Pekanbaru-DumaiJalan Tol Pekanbaru - Dumai Belum Dibuka Secara Fungsional dan Operasional
Gubri Syamsur saat teleconference dengan Presiden RI.Penanganan Covid-19, Gubri: Ada 3 Hal Penting yang Disampaikan Presiden
  Tol Pekanbaru-DumaiPeresmian Tol Pekanbaru-Dumai Dijadwalkan Besok
Tol Pekanbaru-DumaiTinjau Kelayakan Tol Permai, Menteri PUPR Akan ke Riau Pekan Ini
Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya meresmikan Gedung Guru Riau Rusli Zainal.Gedung Guru Riau Rusli Zainal Diresmikan, Ketua PGRI: Ada 8 Alasan Pemberian Namanya

BERITA LAINNYA    
SMA Tri Bhakti Jalan Tuanku Tambusai, PekanbaruBandel! SMA Tri Bhakti Tetap Buka Aktivitas Kegiatan Belajar
Pengesahan APBD Siak tahun 2021 dilaksanakan dalam Rapat Paripurna DPRD Siak , Senin (30/11/2020). Foto ISTSah, APBD Siak Tahun 2021 Rp1,7 Triliun Lebih
 Kadiskes Riau, Mimi Yuliani Nazir saat konferensi pers di Gedung Daerah, Selasa (1/12/2020).
Dua Kadis dan 2 Kabiro Pemprov Riau Positif Covid-19
  Bawaslu Dumai gelar Bimtek bagi Panwascam untuk sukseskan Pilkada Dumai 2020
Tingkat Kapasitas SDM Pengawas Pemilu, Bawaslu Dumai Gelar Bimtek
dr Syaipul Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kota Dumai
Satgas: Kasus Covid-19 di Dumai Perlu Perhatian Serius
Penghargaan terhadap Pemkab Kepulauan Meranti ini diberikan di sela kegiatan penyerahan DIPABupati Meranti Raih Penghargaan Pengelolaan Dana Desa Terbaik
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Penandatanganan Pakta Integritas Ikatan 4968
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved