www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
DPRD Pekanbaru Sahkan APBD P Sebesar Rp2,847 Triliun
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Kembangkan Pelayanan, RSUD Arifin Ahmad Miliki Home Care
Jumat, 08 November 2019 - 10:47:47 WIB
Gubernur Riau Syamsuar saat meresmikan layanan Home Care di RSUD Arifin Ahmad. Foto: Tribunpekanbaru
Gubernur Riau Syamsuar saat meresmikan layanan Home Care di RSUD Arifin Ahmad. Foto: Tribunpekanbaru

PEKANBARU - Sebagai rumah sakit rujukan, RSUD Arifin Achmad Pekanbaru terus mengembangkan pelayanannya. Satu di antaranya adalah layanan Home Care. Layanan ini dilaunching 25 Oktober 2019 lalu oleh Gubernur Riau, H. Syamsuar.

“Alhamdulillah ya sudah dilaunching Gubernur Riau. Kami terus mengembangkan layanan ini ke depan agar lebih baik lagi,” ujar Wakil Direktur Bidang Medik dan Keperawatan, dr Muhammad Yusuf Sp OG (K).

Dokter Yusuf menjelaskan bahwa Home Care adalah pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan komperhensif yang diberikan kepada individu dan keluarga di tempat tinggal mereka yang bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan atau memaksimalkan tingkat kemandirian dan meminimalkan akibat dari penyakit.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa implementasi praktik keperawatan yang dilakukan oleh perawat sebenarnya tidak harus dilakukan di rumah sakit, klinik, ataupun di gedung puskesmas tetapi dapat juga di laksanakan di masyarakat maupun di rumah pasien. Pelayanan keperawatan yang dilkukan di rumah pasien disebut Home Care.

“Jadi pasien-pasien yang perlu perawatan jangka panjang tidak harus ke rumah sakit karena dengan home care ini perawatan bisa tetap didapatkan pasien meskipun mereka berada di rumah,” ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa pasien yang layak dapat homecare ini seperti perawatan luka, perawatan dari pemulihan fungsional gerak, rehabilitasi medik.

Selain itu dengan layanan ini diharapkan dapat juga mengurangi kepadatan RS karena tidak harus datang bersamaan untuk rawat lanjutan karena sudah ada Home Care ini.

Bagi pasien-pasien yang sudah di rekomendasikan oleh dokter untuk pulang dan membutuhkan perawatan lanjutan di rumah bisa menghubungi pelayanan homecare RSUD AA yang siap membantu dengan tenaga ahli yang sudah bersertifikat.

RSUD Arifin Achmad juga segera mengembangkan layanan khusus usia lanjut (Geriatri). Rencananya dimulai awal Desember ini dan launcihingnya pertengahan Desember 2019.

Kepala Seksi Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Medik RSUD dr Cinthia Lidyani M Kes menjelaskan bahwa keunggulan dari pelayanan di poli Geriatri adalah pasien tidak ke mana-mana saat akan mendapat pelayanan, pasien tetap di satu tempat kecuali untuk pelayanan Radiologi, di luar itu bila ada kebutuhan pasien di luar poli maka petugas poli yang akan bergerak untuk memenuhi kebutuhan para lansia.

Dokter Cinthia memberikan contoh misalkan untuk pelayanan pemeriksaan darah maka petugas laboratorium yang akan datang ke poli Geriatri untuk mengambil darah, bila pasein membutuhkan pelyanan dokter yan glain maka dokter yang akan datang ke poli untuk bertemu pasien hingga di pelayanan obat, petugas akan menyiapkan obat dan mengantar obatnya untuk pasien di poli geriatri, juga dalam pelayanannya kedepan akan disiapkan ruangan khusus yang membuat pasien itu nyaman dalam melakukan pengobatan.

“Kami juga sudah punya dokter-dokter spesialis. Juga punya dokter konsultan geriyatri. Jadi Insya Alah sudahsiap,” ujarnya. (*)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiBertambah 796, Sudah 101.881 Spesimen Swab Diperiksa di Lab Biomolekuler RSUD Arifin Ahmad
Massa longmarch menuju kantor Gubernur Riau. Ratusan Massa Demo Kantor Gubernur Riau, Arus Lalu Lintas Macet
Foto bersamaFPK Laporkan Kegiatan Kepada Wakil Gubernur Riau
  Massa berorasi di depan Kantor Gubernur Riau.Diduga Korupsi Dana Covid-19 dan Jual Beli Jabatan, Ratusan Massa Geruduk Kantor Gubernur Riau
Gubri Syamsuar saat menghadiri pengukuhan pengurus IKKS Pekanbaru. Hadiri Pengukuhan IKKS Pekanbaru, Gubri: Pegang Teguh Adat dan Persaudaraan
Ilustrasi. Foto: AntaraLabortorium Biomolekuler RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru Telah Periksa 31.168 Spesimen

BERITA LAINNYA    
Perwakilan undangan Pemko yang hadir saat paripurna pengesahan APBD P 2020DPRD Pekanbaru Sahkan APBD P Sebesar Rp2,847 Triliun
Kelompok tani yang hadir saat hearing bersama komisi I terkait masalah lahan KITKepemilikan Tanah di KIT Tumpang Tindih, Komisi I Panggil Pemko dan Pemilik Lahan
Suasana hearing saat dimulaiKomisi II minta Dinas Koperasi dan UMKM Transparan Jalankan Program
  Kepala Biro Kesra Sekretariat Daerah Riau, Zulkifli Syukur
Maksimalkan Kafilah di MTQ Nasional XXVIII, 56 Qari dan Qariah Riau Jalani TC
Pangkat Purba anggota Komisi III saat menyampaikan beberapa persoalan terkait keberadaan gepeng Persoalan Gepeng Jadi Sorotan, Komisi III hearing Dengan Dinsos
Kadis Ketahanan Pangan Alek Kurniawan Saat mengikuti rapatKomisi II Apresiasi Grand Master Plan Dinas Ketahanan Pangan
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Wajib Masker Saat Service Kendaraan di Astra Daihatsu
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved