www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
12 Kecamatan di Pekanbaru Sudah Berstatus Zona Kuning Covid-19
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
KPID Riau Gandeng LPPM Unisi Gelar Literasi Media Diikuti 70 Peserta
Kamis, 31 Oktober 2019 - 10:20:42 WIB
Literasi Media bertema Etika dan Hukum Penyiaran.
Literasi Media bertema Etika dan Hukum Penyiaran.

TEMBILAHAN - Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau mengandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Islam Indragiri (Unisi) Tembilahan menggelar kegiatan Literasi Media dengan Tema Etika dan Hukum Penyiaran.

Kegiatan yang digelar di ruang praktek pengadilan Kampus Fakultas Hukum Unisi, Jalan Soebrantas, Tembilahan, dihadiri langsung oleh Rektor Dr H Najamuddin Lc MA dan Pembina Yayasan Dr Indra Muchlis Adnan SH MH.

"Kegiatan literasi media ini merupakan program rutin dari KPID Riau dengan tema yang berganti-ganti. Untuk di Unisi kita ambil tematik Etika dan Hukum Penyiaran," kata Koordinator Bidang Isi Siaran KPID Riau, H Asril Darma SSi mewakili Ketua KPID Riau dalam sambutannya saat acara pembukaan, Selasa (28/10/2019).

Rektor Unisi, Najamuddin, pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada KPID Riau yang mengandeng kampusnya dalam kegiatan literasi media ini. "Kami berharap ke depannya kerjasama ini bisa ditingkatkan lagi. Jika memungkinkan kami berharap ada MoU antara KPID Riau dengan Unisi," kata alumnus Sudan ini.

Pada kegiatan literasi ini ada tiga materi yang disampaikan narasumber. Yakni Kelembagaan, Tugas dan Wewenang KPI/KPID oleh Komisioner KPID Wide M Rossa, P3SPS (Pedoman Prilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran) Sebagai Etika Penyiaran di Indonesia oleh Koordinator Bidang Isi Siaran KPID, Asril Darma, dan Etika dan Hukum Penyiaran oleh Ketua LPPM Unisi, Wandi SH MH.

Sekitar 70 peserta yang berasal dari perwakilan Lembaga dan Organisasi Kemahasiswaan Unisi sangat antusias mengikuti acara ini hingga akhir. Sejumlah pertanyaan kritis pun diajukan kepada narasumber. Di antaranya, apakah pelanggaran isi siaran bisa dijerat dengan aturan pidana.
Menjawab pertanyaan tersebut, narasumber Asril Darma, mengatakan sesuai P3SPS, sanksi yang dijatuhkan KPI adalah saksi administrasi dan denda administrasi. Sanksi administrasi terendah adalah teguran tertulis dan tertinggi adalah pencabutan izin.

Sementara narasumber dari LPPM Unisi, Wandi, menambahkan mengacu Undang-undang Nomor 32 Tahun 2002 Tentang Penyiaran dijelaskan adanya sanksi administrasi dan pidana. Konten penyiaran yang bisa terjerat pidana di antara, pertentangan SARA (suku, ras, agama dan antar golongan serta pornografi. Pidana juga bisa menjerat masalah perizinan, hak cipta/hak siar dan periklanan. (rilis)





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Foto bersama.KPID Riau Siap Sukseskan Pilkada Serentak di 9 Kabupaten Kota
KPIDKPID Riau Minta Lembaga Penyiaran Maksimalkan Imbauan Social Distancing
Literasi Media bertema Etika dan Hukum Penyiaran.KPID Riau Gandeng LPPM Unisi Gelar Literasi Media Diikuti 70 Peserta
  KPID Riau.KPID Riau Apresiasi Lembaga Penyiaran Tayangkan Zikir dan Doa Bersama
Komisioner KPID Riau bidang Pengawasan dan Isi Siaran Widde Munadir RosaKPID Riau Minta Evaluasi Program Siaran Lembaga Penyiaran Berlangganan melalui Satelit
Diskusi ahli KPID Riau bekerjasama dengan KPU Kepulauan Meranti tentang iklan kampanye, Jumat (27/9/2019).Diskusi di Meranti, KPID Riau Siap Awasi Iklan Kampanye di Media Penyiaran

BERITA LAINNYA    
Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan12 Kecamatan di Pekanbaru Sudah Berstatus Zona Kuning Covid-19
Pelepasan atlet Futsal Kepulauan Meranti untuk mengikuti Kejurda oleh KONI Kepulauan MerantiKeberangkatan Tim Futsal Kepulauan Meranti ke Kejurda Riau Dilepas Ketua KONI
Walikota Pekanbaru, H FirdausWako Pekanbaru: Belajar Tatap Muka Mulai Awal Februari di Zona Kuning
  Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Indra AgusKadis ESDM: Keputusan Kelola Blok Rokan Ada di BUMN Pertamina
Ilustrasi170 Pasien Covid-19 di Riau Sembuh, 2 Orang Meninggal Dunia
Tokoh pemuda Pelalawan, Dwi Surya Pamungkas 
DLH Diminta Profesional Tangani Sampah di Pangkalankerinci
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved