www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Data Terkini Corona di Indonesia: 74.018 Positif, 34.719 Sembuh & 3.535 Meninggal
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Polda Riau Gagas Program Kelas Bebas Asap untuk Selamatkan Kesehatan Anak
Selasa, 15 Oktober 2019 - 16:00:23 WIB
Foto bersama.
Foto bersama.

PEKANBARU - Langkah Kepolisian Daerah (Polda) Riau, dalam memfasilitasi satu ruangan kelas yang dikhususkan sebagai ruang bebas asap untuk pelajar sekolah dasar disambut baik pemerintah dareah. Gagasan itu dituang melalui program Polri yang Promoter, pasca dampak kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Provinsi Riau.

Pogram tersebut termasuk dalam agenda kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan serentak yang digelar Pusdokkes Polri dan Polda Riau. Kali ini lokasinya di SD Negeri 004 Desa Teratak Buluh, Siak Hulu, Kampar, Selasa (15/10/2019).

Hadir dalam acara peresmian program itu, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi didampingi Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, hadir di tengah masyarakat. Bersamaan juga digelar pelayanan kesehatan gratis terbuka untuk umum.

"Melalui kegiatan ini, Polda Riau lebih mendekatkan diri di tengah lingkungan masyarakat dalam Bhabinkamtibmas, yang juga merupakan program Polri serentak," ucap Kapolda Riau.

Melalui persiapan ruang kelas aman bebas asap, kata Kapolda merupakan salah satu gagasan yang sederhana. Sehingga diharapkan dampak asap tidak berpengaruh dalam ruang kelas saat proses belajar mengajar siswa.

"Adanya ruangan ini, kita berharap, proses mengajar guru dan siswa tetap utuh berjalan. Walaupun di sekitarnya masih berpotensi asap. Sehingga tetap menjaga kesehatan anak," kata Kapolda.

Kegiatan bhakti sosial yang dilakukan Polda Riau ini tidak terlepas dari masih terlihatnya kabut asap yang menyelimuti wilayah Riau sekiranya. Kapolda menginginkan permasalahan yang timbul segera tuntas sesuai keinginan bersama dalam menjaga kesehatan anak.

"Program ini khusus bagi masyarakat demi menjaga kesehatan psikologis anak sekolah. Sehingga dampak asap ini nantinya dapat diminimalisir kembali, untuk perkembangan psikologis anak bisa dilihat pada kondisi sehari-harinya di luar lingkungan kelas dibantu perhatian wali murid (orang tua,red)," terang Kapolda.

Polda Riau juga melibatkan partisipasi peran serta rumah sakit swasta dan pemerintah, Polri dan TNI.

Polda Riau mengambil daerah Kabupaten Kampar sebagai tempat kegiatan program bhakti sosial. "Karena, kondisi terpapar asap masih dirasakan di sini (Kampar,red). Program sosial sebagai upaya pemeliharaan kesehatan Bhabinkamtibmas memang ditujukan bagi wilayah rawan asap," tutur Kapolda.

Program ini, juga mendapatkan dukungan dan apresiasi penuh dari Pemerintah Daerah (Pemda). Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengatakan bahwa kegiatan Polda Riau terasa amat penting bagi masyarakat yang terkena dampak kabut asap.

"Meski agenda ini dijadikan tahunan, Pemda sangat apresiasi sekali. Tentunya kita dukung program Polda Riau ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Dukungan itu, juga dapat merajuk hubungan silaturahmi Polri kepada seluruh masyarakat Indonesia," timpal Edy.

Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga dilangsungkan acara khitanan massal, pemeriksaan gigi, Unit Kegiatan Gigi Sekolah. Lalu program Keluarga Berencana, pelayanan deteksi dini penyakit kanker, rahim, donor darah serta konseling psikologi. Terakhir pembagian sembako kepada masyarakat tidak mampu.

Penulis : Helmi
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Penandatanganan Pakta Integritas.Jamin Seleksi BETAH, Kapolda Riau Pimpin Giat Pakta Integritas
Polisi teladan dan Polisi berprestasi menerima penghargaan.Polisi Berprestasi dan Polisi Teladan Terima Penghargaan Kapolda Riau
HUT ke-74 Bhayangkara dilakukan secara virtual.Upacara Peringati HUT ke-74 Bhayangkara Dilakukan Secara Virtual
  Kapolda Riau saat menerima korps raport kenaikan pangkat 178 personel Polda dan 37 orang PNS di halaman Polda Riau pada Kamis pagi, (2/7/2020).693 Personel Polda Riau Naik Pangkat, Kapolda Ingatkan Selalu Berbuat Baik
Upacara Hari Bhayangkara ke-74 yang dilakukan secara virtual diikuti seluruh Jajaran Korps Bhayangkara, Rabu (1/7/2020).Puncak Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 Digelar Secara Virtual, Presiden Jokowi Beri 7 Instruksi Berikut
Kepala DLHK Riau, Maamun Murod. Foto: CakaplahDLHK Riau Gesa Program Perhutanan Sosial untuk Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

 
Berita Lainnya :
  • Data Terkini Corona di Indonesia: 74.018 Positif, 34.719 Sembuh & 3.535 Meninggal
  • Distakan Pekanbaru Pastikan Stok Hewan Kurban Cukup
  • Mahasiswa KKN Relawan Desa Lawan Covid-19 Unri Buat dan Bagikan Handsanitizer Gratis untuk Masyarakat Perawang
  • Kelurahan Tobek Godang Masuk Nominasi Proklim 2020
  • Viral Video Mobil Wapres Diisi Pakai Jeriken, Setwapres Ungkap Alasannya
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Serahkan Figura Gerakan 1.000 Kantong Darah Relawan Peduli Covid-19
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved