www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
BWS Menuju Inhu Satu, Makin Banyak Peroleh Dukungan dari Msyarakat
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Menguak Cerita Firdaus di Balik Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah
Kamis, 14 Februari 2019 - 10:43:16 WIB
Jembatan Siak IV.
Jembatan Siak IV.

PEKANBARU - Melalui proses yang cukup panjang dan berbagai kendala, Jembatan Siak IV atau yang saat ini diberi nama Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah akhirnya diresmikan dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Kota Pekanbaru dan Riau secara umumnya. 

Jembatan yang berada di ujung Jalan Jenderal Sudirman Kota Pekanbaru ini ternyata memiliki cerita tersendiri bagi Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT. Awal dibangunnya Jembatan Siak IV tersebut, ternyata dirinya mempunyai hubungan khusus yang banyak meninggalkan kenangan manis, dan memiliki nostalgia tersendiri dalam hidupnya.

"Jembatan Siak IV itu digagas oleh pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas PU Provinsi Riau, pada tahun 1990-an. Pra Design-nya mulai disusun di awal tahun 1990, namun hingga tahun 2000, ide-ide pra design tadi hanya sampai pada pra design saja, tidak sampai ke detail design, apalagi implementasi," ujar Firdaus, Kamis (14/2/2019).

Lanjut, cerita Wali Kota di tahun 1999, yang mana pada waktu itu ia menjabat sebagai Kepala Dinas PU Kota Batam, sepulang dari pendidikan S2-nya dari kampus UGM Yogyakarta, atau di awal tahun 2000-an, ia bergabung ke Dinas PU Provinsi Riau.

"Diawal tahun 2000-an, saya bergabung ke Dinas PU Provinsi Riau, di posisi jabatan Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan. Pada saat itulah seizin kepala dinas dan juga kepala bidang, saya mencoba merubah design Jembatan Siak IV tadi, dari pra design sebelumnya yang sudah digagas 10 tahun lamanya, menjadi design yang seperti sekarang yang menurut kami saat itu adalah design landmark Kota Pekanbaru atau lambang yang mengacu pada lambang daerah kita, yaitu lancang kuning yang sedang terkembang," kata Wali Kota.

Kemudian, Wali Kota melanjutkan setahun berikutnya atau tahun 2001, ia bersama tim mulai mengangsur melakukan design terhadap rencana pembangunan jembatan tersebut. Hanya saja, design yang dilakukan pihaknya bersama tim, ternyata tidak diimbangi dengan implementasi pengerjaan fisik di lapangan, hingga akhirnya Wali Kota menjadi kepala Dinas PU Provinsi Riau pada tahun 2008.

"Jadi begitu ceritanya. Tahun 2001 kami yang mulai mendesign-nya, tapi tahun 2008 baru bisa dikerjakan, dan itupun karena kebetulan juga kepala dinas PU Provinsi Riau tahun 2008 adalah 'Firdaus'," ungkap Wali Kota.

Secara pribadi, Wali Kota merasa bahagia dan sangat senang atas selesainya pembangunan jembatan Siak IV. Sebagai Kepala Daerah dirinya merasa bangga dan berterimakasih karena dengan berfungsinya jembatan tersebut.

"Insya Allah ini akan memberikan percepatan pembangunan daerah, dan memberikan dampak positif kepada masyarakat, mudah-mudahan persoalan kemacetan yang selama ini dikeluhkan bisa teratasi dengan jembatan Siak IV ini, akses masayarakat juga makin mudah untuk menuju pusat kota Pekanbaru terurama bagi masyarakat kita di kawasan Rumbai dan sekitar, mari kita sama-sama jaga aset daerah ini dengan baik," pungkas Firdaus. 

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Jembatan Siak IV terlihat miring. Foto: CakaplaBelum Genap Setahun Diresmikan Jembatan Siak IV Sudah Miring, Ini Sebabnya
Jembatan Siak IV.Menguak Cerita Firdaus di Balik Jembatan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah
 Gubri H Wan Thamrin Hasyim meninjau progres dan melaksanakan pengecoran akhir pada End Closure Ceremony, di Proyek Pembangunan Jembatan Siak IV Lanjutan (Multiyears)Pengecoran Terakhir, Jembatan Siak IV Bakal Rampung Bulan Depan
  Jembatan Siak IV dibuka untuk umum oleh Gubri.<br>Jembatan Siak IV Resmi Dibuka untuk Umum, Gubri: Jangan Kumpul dan Parkir di Sini
Jembatan Siak IV.Mantan Gubernur dan Gubernur Riau Terpilih Diundang saat Peresmian Jembatan Siak IV
Mustafa "Debu"Mustafa "Debu" Bakal Ramaikan Kampanye Akbar Firdaus-Ayat, Ada Ribuan Makanan Gratis juga Lho

 
Berita Lainnya :
  • BWS Menuju Inhu Satu, Makin Banyak Peroleh Dukungan dari Msyarakat
  • Naik 2,6 Persen Dibanding Tahun Lalu, Suzuki Pimpin Peningkatan Pangsa Pasar Januari-Agustus
  • Ketua KPU Arief Budiman Terkonfirmasi Covid-19
  • Sudah Periksa 75.713 Spesimen, RSUD Arifin Achmad Sebut Masih Mampu Tampug Sampel dari Daerah
  • Diduga Korupsi Dana Covid-19 dan Jual Beli Jabatan, Ratusan Massa Geruduk Kantor Gubernur Riau
  •  
    Komentar Anda :

     
     
    Potret Lensa
    Balai PPW Riau Distribusikan Nutrisi
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved