www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Soal Seleksi PTP, Pemprov Riau Masih Tunggu Eblvaluasi dari KASN
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Oknum Anggota Dewan Diduga Ancam Wartawan, Ketua IWO Riau Berharap BK segera Bertindak
Kamis, 26 Juli 2018 - 12:28:18 WIB
Ade Candra, wartawan yang diduga diancam oleh oknum dewan Pekanbaru.
Ade Candra, wartawan yang diduga diancam oleh oknum dewan Pekanbaru.

PEKANBARU-Mirdas Aditya Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Riau sangat menyesalkan aksi oknum anggota dewan Pekanbaru Zainal Arifin, yang diduga telah melakukan pengancaman kepada salah seoarang wartawan online Ade Candra.

Dimana diketahui, Zainal Arifin tidak terima atas pemberitaan yang dimuat di media terkait poster dirinya yang dipasang di pohon, padahal diketahui pohon-pohon pelindung yang ada di setiap titik tidak dibenarkan dirusak, dipasang poster baliho dan sejenisnya. Karena selain menggangu pemandangan, pemasangan atribut seperti poster atau baliho tersebut dapat menganggu pengguna jalan dan merusak keindahan kota.

"Tentu sangat kita sesalkan, seharusnya sebagai wakil rakyat Anggota DPRD tersebut mampu menjadi contoh yang baik bagi masyarakat. Beliau seharusnya menyikapi hal itu dengan bijak, jika memang merasa tidak sesuai dengan berita yang ditulis wartawan, bisa dilakukan klarifikasi dengan cara membuat hak jawab sesuai kode etik jurnalistik, bukan dengan cara ancaman seperti preman," tegas Mirdas.

Untuk itu, Mirdas berharap, agar Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Pekanbaru segera memanggil oknum Anggota DPRD tersebut dan mendudukkan permasalahan ini agar tidak sampai kemana-mana, karena isu pengancaman tersebut menjadi sorotan publik.

"Katanya oknum Anggota DPRD itu mengaku tidak bermaksud mengancam, saya harap jangan ada plesetan untuk mengelak, selesaikan sesuai prosedur, beliau itu wakil rakyat, anggota dewan terhormat," harap Mirdas.

Kedepan, tambah Mirdas, jangan ada lagi kasus yang sama, karena wartawan merupakan mitra kalangan legislatif. "Stop kekerasan terhadap profesi wartawan," pinta Mirdas.

Sebelumnya diberitakan, oknum Anggota DPRD Pekanbaru atas nama Zainal Arifin SE MH dilaporkan oleh wartawan media online Ade Candra ke Badan Kehormatan DPRD Kota Pekanbaru. Laporan Ade Candra tersebut mengenai adanya pesan singkat melalui WhatsApp Messanger yang dinilainya sebagai teror dan ancaman.

Laporan sudah diterima staf BK pada Selasa (24/7/2018) siang. Dalam laporan tersebut, diduga karena adanya pemberitaan di media online, terkait poster Zainal Arifin yang terpasang di beberapa pohon di wilayah Kecamatan Tampan, membuat Zainal tidak senang.

"Hari ini saya sudah resmi melaporkan saudara Zainal. Karena sudah melakukan intervensi dan pengancaman terhadap saya," kata Ade Candra kepada wartawan, Selasa kemarin usai menyampaikan laporan secara resmi ke DPRD Pekanbaru.

Dalam pesan singkat WhatsApp dari Zainal kepada Ade Candra pada 18 Juli lalu, berbunyi "Kurang ajar x berita ang tu, siapo yang suruh ang, besok ang tunggu yo kito selesaikan secara jantan, angkat HP kau tu," begitu pesan singkat yang diterima via WhatsApp Messenger tersebut. Dia berharap, agar BK memproses sikap Zainal yang kurang beretika selaku wakil rakyat.

Terpisah, Zainal Arifin dikonfirmasi wartawan mengaku dia tidak bermaksud mengancam wartawan Ade Candra. Dijelaskannya, bahasa di WhatsApp yang berbunyi "kito selesaikan secara jantan (kita selesaikan secara jantan)" itu maksudnya, bertemu untuk menyelesaikan miskomunikasi yang terjadi.

"Kito selesaikan secara jantan ini maksudnya ngopi bersama, makan bersama dan lainnya. Bukan macam-macam," kata Politisi Gerindra ini, seraya menginginkan agar permasalahan ini didudukkan secara kekeluargaan.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerindra Drs Esweli menegaskan, pihaknya belum menerima laporan kasus ini secara resmi. Namun, kasus ini akan ditindaklanjuti pihaknya, karena harus diselesaikan dan tidak kemana-mana.

"Saya juga akan panggil yang bersangkutan (Zainal) untuk mengklarifikasi persoalan ini. Saya kira ini miskomunikasi saja," tuturnya.

Ketua BK DPRD Pekanbaru Hj Masni Erniwati langsung menyikapi laporan ini. Dia akan mengambil sikap dan akan menjadwalkan untuk pemanggilan terhadap Zainal dan Ade Candra.

"Tentu ini menjadi perhatian kita, apalagi wartawan itu kan mitra kita di DPRD. Kita akan proses lah sesuai aturan. Apa persoalan sebenarnya. Setelah itu baru ada sikap kita," kata Masni politisi perempuan Golkar tersebut.

Penulis: Mimi Purwanti
Editor: Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
IlustrasiPercepat Penanganan Covid-19, Satpol PP Riau Kerahkan 150 Personel
PT Tempo Scan Groups beri bantuan ke Polda Riau.PT Tempo Scan Groups Peduli, Wakapolda Serahkan Bantuan Vitamin Bagi Personel Polda Riau
Ilustrasi karhutla.Bantu Penanggulangan Karhutla, 200 Personel Kostrad Mabes TNI Dikirim ke Riau
  Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau, Zulmansyah SekedangKetua PWI Riau Minta Polisi Usut Tuntas Pengancaman Wartawan di Pelalawan
Karhutla.Usai Sepekan Padamkan Karhutla di Kota Dumai, 50 Personel Satpol PP Riau Kembali
Personel BPBD Riau sebelum diterjunkan.BPBD Riau Terjunkan 83 Personel Gabungan untuk Atasi Karhutla di Dumai dan Rohil

 
Berita Lainnya :
  • Soal Seleksi PTP, Pemprov Riau Masih Tunggu Eblvaluasi dari KASN
  • Iuran BPJS Naik Bikin Bahaya, Banyak yang Turun Kelas
  • Apapun Kebijakan Pemerintah, Tiga Poin Ini sangat Penting Hadapi Pandemi Covid-19
  • Perseteruan Memuncak, AS Putus Hubungan dengan WHO
  • Kisah Hidup Hasanudin, Penjual Es Cincau yang Dulunya Seorang Manajer Bergaji Rp100 Juta per Bulan
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     
    Potret Lensa
    Gubri Teken Sertifikat Serah Terima 2 Insinerator Relawan Peduli Covid-19
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved