Otomotif
BREAKING NEWS :
Pj Bupati Kampar Hambali Serukan Fokus Kendalikan Inflasi Jelang Ramadan
 
Apakah Wax Merusak Cat Mobil?
Senin, 11 Desember 2023 - 06:14:14 WIB
ilustrasi mobil setelah di salon
ilustrasi mobil setelah di salon

Baca juga:

Apakah Wax Merusak Cat Mobil?

PEKANBARU - Apakah wax merusak cat mobil?, Pertanyaan ini selalu ditanyakan oleh banyak orang, secara khusus yang memiliki mobil. Memang tidak banyak orang yang memahami betul apa itu wax dan bagaimana manfaatnya bagi mobil.

Sebagai pemilik mobil yang bertanggung jawab, AutoFamily harus tahu bahwa wax merupakan cara melindungi bodi mobil. Jangan sampai AutoFamily ikut keliru dan terbawa arus informasi yang salah. Kalau begitu mari langsung simak pembahasan wax di bawah ini!

Apa Itu Wax Mobil?
Wax merupakan suatu cairan kental berwarna putih kekuningan yang berguna untuk memberikan lapisan pelindung kepada bodi mobil. Tentunya bukan tanpa alasan wax digunakan. Material ini bisa menjaga bodi dan cat kendaraan untuk bisa terlihat bagus.

Nyatanya penggunaan wax memang terbukti dapat memberikan perlindungan agar warna mobil tetap cerah seperti baru. Jika Anda belum mengetahuinya, wax terbuat dari bahan carnauba wax, natural oil, petroleum distillates, dan beeswax. Semua bahan tersebut dicampur menjadi satu sehingga dapat menghasilkan suatu lapisan tipis yang terlihat mengkilap.

Apakah Wax Merusak Cat Mobil?
Wax menjadi lapisan yang paling baik apabila AutoFamily ingin melindungi bodi mobil. Tentunya bahan yang digunakan tidak akan merusak ataupun mengikis cat. Hal ini berbanding terbalik dengan polish.

Polish juga berbentuk cairan kental yang diaplikasikan kepada bodi mobil. Hanya saja bahan yang digunakan dalam polish memiliki sifat abrasif alias merusak permukaan cat. Bukannya melindungi justru polish akan mengikis lapisan cat termasuk bodi mobil.

Itu sebabnya penggunaan wax dan polish tidak bisa disamakan. Polish lebih banyak digunakan untuk menghilangkan baret atau gores akibat tersenggol kendaraan lain ketika di jalan.

5 Manfaat Wax Mobil
Selain memberikan perlindungan yang diperlukan oleh mobil, nyatanya wax masih menyimpan banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Berikut beberapa manfaat di antaranya.

1. Terhindar dari Kotoran dan Debu
Bodi mobil yang sudah dilindungi oleh wax biasanya akan lebih mudah dibersihkan. Kotoran atau debu yang biasanya mudah menempel jadi tidak berlaku demikian. Justru debu-debu jalanan yang sering menempel hanya akan berlalu begitu saja. Lapisan wax yang membuat mobil lebih licin memang memberikan perlindungan luar biasa dari berbagai kotoran yang ada.

2. Membuat Warna Mobil Lebih Cerah
Mobil yang telah dilapisi bahan wax dapat terlihat jauh lebih cerah jika dibandingkan dengan mobil lama. Perlindungan yang diberikan wax membuat warna cat mobil tetap bersinar seperti sediakala. Mobil Anda bahkan bisa terus-menerus terlihat seperti baru. Tentunya hal ini adalah cara paling menguntungkan dengan harga yang terjangkau.

3. Melindungi Cat agar Tidak Luntur
Setiap mobil terbaru pasti sudah dicat dengan menggunakan bahan berkualitas tinggi. Pastinya cat tersebut tidak akan mudah luntur meski tersiram air hujan atau dicuci. Namun seiring berjalannya waktu cat tersebut bisa memudar akibat terpapar sinar matahari secara langsung dalam waktu yang lama.

Namun hal tersebut tidak akan terjadi dengan lapisan wax yang sudah diaplikasikan pada seluruh bodi mobil. Wax dipercaya mampu memberikan perlindungan terhadap sinar ultraviolet yang dapat berpengaruh buruk pada cat.

4. Melindungi Mobil dari Karat
Ketika cat mobil sudah luntur dan tidak segera diperbaiki maka rangka mobil bisa berubah menjadi berkarat. Padahal kejadian ini tidak boleh sampai terjadi pada mobil. Keadaan rangka yang berkarat pada dasarnya dapat menurunkan kualitas. Rangka yang tadinya sangat kokoh bisa menjadi keropos dan rapuh bahkan ketika hanya disentuh sedikit.

5. Menghemat Biaya Perawatan Mobil
Ketika cat mobil bertahan lebih lama maka Anda tidak perlu mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk melakukan perawatan. Anda jadi tidak harus melakukan cat ulang secara berkala karena lapisan wax akan mempertahankan warnanya tetap baik.

Kemudian jangka waktu penggunaan cat juga pasti lebih lama dari biasanya. Jadi tidak perlu lagi banyak mengeluarkan uang untuk membuat bodi mengilap dengan perawatan yang sangat mahal. Cukup dengan mencucinya secara rutin maka mobil Anda akan selalu terlihat seperti baru.

Sekarang AutoFamily tahu jawaban dari pertanyaan apakah wax merusak cat mobil atau tidak, bukan? Penggunaan wax yang disebut merusak nyatanya justru melindungi cat dan bodi mobil dari berbagai kotoran serta keadaan berkarat.

Penggunaan wax juga bukan berarti meniadakan perawatan terhadap cat dan bodi mobil tetapi lebih kepada membantu para pemilik mobil dalam menjaga keadaannya, seperti yang dilansir dari auto2000. (*)

   




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Pj Bupati Kampar Hambali Serukan Fokus Kendalikan Inflasi Jelang Ramadan
  • Pakar Teknik Yakin Pj Gubernur Riau Mampu Atasi Jalan Rusak di Pekanbaru
  • Mendagri Dorong Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2024
  • TP PKK Rohil dan Serukan Penanaman Cabai Serentak
  • Gebyar AKS, Kabupaten Bengkalis BERAKSI Cegah Stunting
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     
     
    MobiL
    Launching New Honda Stylo 160 cc
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved