Otomotif
BREAKING NEWS :
Bikin Kagum, Mewahnya Koleksi Barang-barang Milik Sultan Siak
 
8 Tips Bagi Pemilik Mobil Hadapi Musim Hujan
Jumat, 22/11/2019 - 16:17:02 WIB
Tips berkendara saat hadapi musim hujan
Tips berkendara saat hadapi musim hujan

MUSIM hujan biasanya menjadi masalah tersendiri bagi para pengendara mobil. Kondisi jalan yang licin serta visibiltas yang berkurang kerap menjadi pemicu bertambahnya jumlah kecelakaan pada musim hujan.

Tak hanya dituntut lebih waspada, pengemudi juga wajib melakukan persiapan khususnya pada mobil yang dimilikinya. Persiapan beberapa perangkat yang sering diabaikan sebelum musim hujan datang, sering membuat kenyamanan mengemudi terganggu saat turun hujan.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tetap aman saat mengemudi di tengah hujan, sebagaimana dilansir situs driving-tests.org:

Pengecekan mobil
1. Perhatikan kondisi kendaraan sebelum berkendara
Sebelum mengemudi, pastikan mobil memiliki kondisi yang prima. Periksalah lampu depan, lampu belakang, serta karet wiper untuk memastikan semua perangkat tersebut berfungsi dengan baik di kala hujan. Selain itu, periksalah kondisi ban apakah masih memiliki alur dan kembangan. Ban yang sudah botak tentunya akan memiliki traksi yang berkurang jauh di jalanan yang basah dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

2. Kurangi kecepatan di jalan
Berkendara di jalanan yang basah dan berair dengan kecepatan tinggi akan memperbesar resiko terjadinya aquaplanning yang dapat berakibat fatal. Untuk itu, kurangilah kecepatan ketika mengemudi di musim hujan.

3. Nyalakan lampu utama kala berkendara

Menyalakan lampu utama akan membantu visibilitas ketika mengemudi di tengah hujan. Selain itu, menyalakan lampu utama juga dapat membantu pengemudi lain mengetahui letak mobil yang berlawanan arah, terutama di saat hujan deras.


4. Gunakan wiper, bahkan ketika masih gerimis
Meski banyak yang telah mengetahui fungsi wiper di saat hujan, banyak pengemudi yang enggan menyalakan wiper ketika keadaan masih gerimis. Padahal, meski gerimis, fungsi wiper tetaplah vital untuk membuat kaca depan tetap dapat terlihat jelas sehingga menambah visibilitas pengemudi.

5. Jaga jarak ketika berkendara
Cuaca hujan akan membuat jalanan menjadi licin sehingga pengereman akan menjadi lebih sulit. Berilah jarak yang cukup ketika berkendara di tengah lalu lintas. Jarak yang direkomendasikan antara satu mobil dengan mobil di depannya adalah 3-4 detik.

6. Hindari pengereman mendadak
Melakukan pengereman mendadak di jalanan berair dapat beresiko membuat mobil kehilangan kendali. Untuk menghindarinya, pastikan untuk melepas terlebih dahulu pedal gas untuk mengurangi kecepatan mobil dan injak pedal rem secara perlahan untuk melakukan deselerasi.

7. Waspada dengan genangan air
Melewati genangan air dapat mengakibatkan situasi aquaplanning, di mana ban mobil kehilangan traksi dan membuat pengemudi kehilangan kendali. Untuk menghindari aquaplanning, hindarilah jalan yang memiliki genangan air. Atau jika memang harus melewati jalan yang tergenang, kurangilah kecepatan kendaraan agar tidak terjadi aquaplanning.

8. Gunakan fitur defogger
Cuaca hujan akan membuat tingkat kelembaban di dalam interior meningkat. Hal ini akan menimbulkan embun di kaca mobil yang mengakibatkan visibilitas berkurang. Untuk mengurangi hal tersebut, berilah ventilasi yang cukup di dalam interior. Kebanyakan mobil telah memiliki fitur defogger untuk mengurangi embun di dalam kendaraan. Namun jika embun masih terlalu tebal meski defogger telah diaktifkan, menepilah dan tunggu hingga kondisi aman untuk kembali berkendara.(*)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Penyerahan penghargaan bagi sales consultan dan sales counter terbaik tahun 2019 di lingkup Honda Kertajaya Utama Group, Senin (20/1/2020). Foto IstInilah Peraih The Best Sales Person Honda KJU Group 2019
Ilustrasi salah satu konsumen ToyotaCetak Angka 9.244 Unit, Penjualan Toyota 2019 di Riau Tak Tergoyahkan
Penampilan Honda Brio RS saat pameran di sebuah mal di PekanbaruBrio Satya dan HR-V, Andalan Penjualan Honda 2019 di Riau
  Ilustrasi mobil28.641 Mobil Mengaspal di Jalanan Riau Selama 2019
Ilustrasi New Year SurpriseNew Year Surprise HSH, Diskon Besar-besaran, DP Rendah dan Cicilan Ringan
Daihatsu Day Super Heboh.Daihatsu Day Super Heboh, Ada Diskon Hingga Puluhan Juta




 
Berita Lainnya :
  • Bikin Kagum, Mewahnya Koleksi Barang-barang Milik Sultan Siak
  • Semarakkan Imlek, New Hollywood Hotel Pekanbaru Tawarkan Paket Dinner Ciak Tok
  • Bea Cukai dan Barantan Selatpanjang Amankan Ratusan Kotak Buah Impor Ilegal dari Malaysia
  • Yenny Wahid Jadi Komisari Baru Garuda, Erick Tohir: Figur Perempuan yang Mumpuni
  • Bupati Harapkan Kemenag Berikan Seluruh Kemampuan untuk Layani Umat
  •  
    Komentar Anda :

     
     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     

    <br>
    15 Tips & Trik Perawatan Mobil Honda yang Bisa Dilakukan di Rumah
    Tips Memanaskan Mobil
     
     
     
    MobiL
    The Best Sales Person Honda KJU Group
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2019 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved