Otomotif
BREAKING NEWS :
Butuh Pembinaan dan Pemasaran, Petani Aren di RTB Kesulitan Pasarkan Gula Aren
 
Prilaku Buruk Nyetir Mobil Matik Begini yang Bikin Cepat Rusak, Ayo Dirubah!
Minggu, 30 Juni 2019 - 08:39:07 WIB
Transmisi matik.
Transmisi matik.

JAKARTA - Transmisi mobil merupakan salah satu komponen yang penting dalam mobil. Maka dari itu transmisi juga perlu perawatan. Perawatan bisa dilakukan secara berkala dengan mengeceknya ke bengkel atau merawatnya sendiri dengan mengubah perilaku buruk dalam berkendara. 

Apalagi kalau bicara transmisi otomatis alias matik yang membutuhkan perhatian ekstra. Kebiasaan buruk dalam berkendara pun bisa membuat transmisi matik cepat rusak. 

Memang kebiasaan buruk seperti apa sih yang membuat transmisi matik pada mobil cepat rusak? 

Mengutip dari Detik, Minggu (30/6/2019), setidaknya ada beberapa kebiasaan buruk yang mobil matik rentan rusak. Kebiasaan pertama yang tak disadari dapat membuat transmisi otomatis cepat rusak adalah membiarkan transmisi pada posisi 'Drive' alias 'D' untuk waktu yang lama dalam posisi diam. 

Ketika detikers berada dalam mobil menyala dan tak berjalan sebaiknya posisi transmisi berada pada 'Park' atau 'P'. Jika transmisi didiamkan dalam posisi 'D' untuk waktu yang lama dapat menyebabkan overhating. 

Jangan lupa aktifkan rem tangan ketika mobil diparkir. Lupa untuk mengaktifkan rem tangan saat mobil diparkir rupanya bisa membuat komponen dalam rem tangan rusak. 

Tak perlu mengganti gigi ke 'Netral' alias 'N' ketika melintasi jalan menurun. Maksud hati bisa menghemat BBM saat jalanan menurun, akibatnya malah berbahaya. Kebiasaan seperti ini jika dilakukan terus menerus bisa membuat transmisi cepat rusak dan biaya reparasinya mahal. Selain itu, pengemudi juga bisa kehilangan kontrol ketika jalan sedang menurun. 

Hindari memindahkan transmisi ke posisi 'P' sebelum mobil benar-benar berhenti. Jika terus dilakukan, bisa mengakibatkan locking pin pada transmisi cepat rusak. Perlu diingat 'P' pada transmisi berarti menghindari mobil berjalan sendiri, bukan menghentikan mobil secara tiba-tiba. 

Hati-hati ketika Anda membawa minum di dalam mobil. Perhatikan posisinya, sebaiknya hindari untuk meletakkan minuman dekat tuas transmisi. Bahkan sedikit air pun yang masuk ke dalamnya, membuat Anda harus mengganti transmisi secara keseluruhan. 

Jangan kosongkan tangki bensin. Setidaknya masih tersisa 1/4 dari tangki yang terisi penuh. Jarum yang menunjukkan jumlah bensin tidak sepenuhnya akurat. Dengan tetap menjaganya terisi 1/4 bisa menghindari mogok di jalan. 

Membiarkan tangki kosong bisa membahayakan karena bensin tetap melumasi semua komponen yang ada di dalam mesin, apalagi untuk mobil bertransmisi matik. 

Memindahkan tuas transmisi sebaiknya Anda sudah memastikan mobil dalam posisi berhenti. Kebiasaan seperti itu dapat memberikan tekanan lebih pada transmisi. Apabila sering dilakukan berakibat transmisi cepat rusak. (*)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
 



BERITA LAINNYA    
Jamaluddin tunjukan hasil produk gula aren yang dihasilkan petani aren di Desa RTB.Butuh Pembinaan dan Pemasaran, Petani Aren di RTB Kesulitan Pasarkan Gula Aren
Tempat cuci tangan disediakan warga di depan rumah.Kebiasaan Baru Masyarakat Bengkalis; Hampir 80 Persen Sediakan Tempat Cuci Tangan
IlustrasiPasien Baru Corona Indonesia Tambah 3.732, Total Positif 389.712
  IlustrasiAda Penambahan 290 Kasus Baru Corona di Riau Hari Ini
Metode transaksi Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) yang berstandar nasional,sangat relevan dengan kondisi pandemi.Selama Pandemi Transaksi QRIS Mandiri Syariah Naik 16 %
Pjs Bupati Rohil, Rudyanto ajak petugas sosialisasikan tentang bahaya Covid-19 di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika).Tinjau Posko Covid-19, Pjs Bupati Rohil Ajak Petugas Gencar Sosialisasi
Komentar Anda :

 
 

Suzuki.
Emisi Gas Buang Suzuki
Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
 
 

<br>
15 Tips & Trik Perawatan Mobil Honda yang Bisa Dilakukan di Rumah
Tips Memanaskan Mobil
 
MobiL
Dealer Nissan Datsun SM Amin Raih Penghargaan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved