www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Ketum PPP: KIB Belum Bahas Capres 2024
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Teknologi Aero di MotoGP Jepang 2022
Suzuki Pasang 'Telinga Kelinci' di Buntut GSX-RR Alex Rins, Ini Fungsinya
Jumat, 23 September 2022 - 21:20:21 WIB
Winglet berbentuk telinga kelinci di buntut GSX-RR Alex Rins.(foto: detik.com)
Winglet berbentuk telinga kelinci di buntut GSX-RR Alex Rins.(foto: detik.com)

MOTEGI - Dalam seri MotoGP Jepang 2022 di Sirkuit Motegi, tim Suzuki membuat inovasi baru yang cukup mengundang perhatian, yakni adanya 'telinga kelinci' menempel di belakang motor balapnya.

Suzuki memperkenalkan teknologi aerodinamis baru berupa winglet yang terpasang pada buritan motornya, di sesi latihan bebas MotoGP Jepang 2022, Jumat (23/9/2022). Bentuk winglet itu terlihat lucu, pipih ke atas, kemudian melengkung mirip telinga kelinci.

Awalnya, Suzuki meminta test rider Takuya Tsuda mengujinya. Namun, Alex Rins begitu penasaran, sampai akhirnya diberi kesempatan menjajalnya.

"Saya cukup terkesan, karena Suzuki biasanya tidak membuat hal semacam ini dengan cepat," ungkap Alex Rins dilansir detik.com, Jumat (23/9/2022).

"Itu sangat lucu, karena kemarin saya tahu tentang itu di penghujung hari, tetapi mereka ingin Tsuda mencobanya dulu. Jadi saya bilang kepada mekanik Jepang, 'Ayo, tolong berikan pada saya!" tambahnya.

"Mereka tetap tidak mau. Jadi saya berkata, 'Oke, mari kita buat kesepakatan, jika saya kompetitif di menit pertama, biarkan saya mencobanya dulu!' Mereka berkata 'OK, OK'. Itu cukup lucu!" sebutnya.

Akhirnya, Alex Rins bisa menjajal 'telinga kelinci' itu pada motor GSX-RR miliknya setelah meraih hasil oke di menit-menit awal. Rins merasakan dampaknya di sesi latihan bebas MotoGP Jepang 2022. "Saya merasakan lebih banyak stabilitas di bagian belakang, terutama saat pengereman," kata Rins tentang aero.

"Sepertinya, membandingkan putaran pertama dengan putaran kedua, saya bisa mengerem sedikit lebih kuat di tikungan. Setidaknya lebih sedikit getarannya," ungkapnya.

Pada akhirnya, Rins menempati urutan ke-13 di sesi FP pertama MotoGP Jepang. Pemilihan ban yang salah membuatnya kurang maksimal di Sirkuit Motegi pada hari pertama.

"Sangat, sangat kecewa. Karena kami cukup kuat selama latihan bebas. Dan pada akhirnya ketika saya memasang ban lunak terakhir, 2-3 lap yang saya lakukan bak bendera kuning! Jadi saya tidak bisa mengembangkannya," ungkapnya.

"Sekarang mari coba set-up [basah] yang bagus untuk kualifikasi, karena cuaca kabarnya akan hujan lebat. Mari kita coba membuat percobaan yang baik dengan motor dan lolos dengan baik untuk balapan," harap Alex Rins.

Musim ini, bukan cuma Suzuki yang memperkenalkan sayap aerodinamis baru. Ducati lebih dulu melakukannya di Sirkuit Silverstone, dengan memamerkan aerodinamis berbentuk buntut dinosaurus pada motor Desmosedici-nya.(*)

  Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Plt Ketum PPP Muhammad MardionoKetum PPP: KIB Belum Bahas Capres 2024
Upacara berlangsung di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya (foto/ilustrasi)Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya
Presiden RI, Joko Widodo mengumpulkan para menteri/pimpinan lembaga dan kepala daerah se IndonesiaTindak Lanjuti Arahan Presiden, Gubri Rapat Pengendalian Inflasi di Riau
Kapolresta Pekanbaru Kombes Pria BudiNapi Lapas Pekanbaru Jadi Pengendali 17.000 Butir Ekstasi
ilustrasi1 Oktober, 4 SPBU di Riau Ujicoba Penggunaan QR Code untuk Pembelian Biosolar
  Hujan di Riau masih berpotensi angin kencang dan petir (foto/ilustrasi)Awas Banjir, Siang Hingga Sore Pekanbaru dan Sekitarnya Hujan Lebat Disertai Angin Kencang
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.
Dinas PUPR Pekanbaru: Jalan Rusak Akibat IPAL Baru Pulih Awal Tahun 2023
ilustrasi7 Ciri-ciri Pasangan Selingkuh, Perhatikan Beberapa Perubahan Ini
Pj Wali Kota Pekanbaru MuflihunPemko Pekanbaru Tinjau Kembali Rencana Pembelian Mobil Listrik
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Tokoh Masyarakat Riau Apresiasi Ketegasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Tangani Kasus Duren Tiga
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kontraktor IPAL Mulai Rekondisi Jalan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved