Otomotif
BREAKING NEWS :
Geger, Dua Beruang Muncul di Ladang dan Perumahan Warga di Kotogasib Siak
 
Salah! Jangan Jemur Helm Kamu yang Basah, Begini Cara Benar Mengeringkannya
Sabtu, 05 Januari 2019 - 20:48:11 WIB
Menjemur helm akan merusak kualitasnya.
Menjemur helm akan merusak kualitasnya.

BAGI anda yang pernah alami helm tersiram air hujan, pasti menjemur di bawah terik matahari jadi solusi untuk mengeringkannya. 

Padahal, cara itu sangat salah ternyata. Sebab, jika helm dijemur di bawah panas matahari akan mengakibatkan bau tidak enak pada benda pelindung kepala tersebut. Kalau sudah bau, menghilangkan aroma tidak sedap itu pasti akan lebih susah lagi. 

Selain itu panas matahari bisa mengurangi fungsi dari busa untuk melindungi kepala. Tapi seperti dikutip situs sahabatotomotif, ada cara lain untuk mengeringkan helm dengan benar. Simak terus ulasannya berikut.

Menggunakan kipas angin

Bagi yang punya kipas angin di rumah, wajib nih diberdayakan. Benda satu ini ternyata bisa untuk mengeringkan helm kesayangan kita yang sudah terkena air hujan. Caranya ya cukup dengan lepas busa helm dan letakkan di depan kipas angin. 

Pengeringan ini memang agak lama karena kipas menghasilkan angin sejuk. Namun, cara mengeringkan helm dengan kipas ini cukup aman kok untuk busa helm. 

Tapi, cara ini harus langsung dilakukan setelah helm terkena air ya. Lantaran supaya air tidak menyerap terlalu dalam pada bagian busa, sehingga lebih mudah untuk dikeringkan.

Letakkan di bagian belakang kulkas

Caranya adalah dengan diletakkan pada bagian belakang kulkas. Bagian belakang kulkas yang cenderung hangat, sangat bisa digunakan untuk mengeringkan helm. 

Ya, mungkin cara ini membutuhkan waktu yang agak lama. Tapi kalau helm dibiarkan seharian di belakang kulkas, benda pelindung kepala tersebut bisa tetap kering dengan sempurna kok.

Dapat dikeringkan menggunakan hair dryer

Bagi perempuan-perempuan kekinian, pasti mempunyai hair dryer kan? Benda satu ini bisa juga lho digunakan untuk mengeringkan helm. Cukup dekatkan saja hair dryer dengan bagian busa helm yang basah. 

Tapi ada hal yang perlu diingat nih. Kalau menggunakan hair dryer jaraknya harus agak jauh dari helm ya. Sebab, jika jarak antara pengering dengan busa helm terlalu dekat bisa bahaya. Hair dryer bisa mengurangi ketahanan dari busa helm seperti paparan sinar matahari. Jadi, tetap jaga jarak ya.

Menggunakan panas dari lampu pijar

Lampu pijar juga bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan busa helm lho Saboom. Lantaran panasnya bisa membuat busa helm benar-benar kering. Caranya adalah dengan dekatkan lampu pijar pada bagian busa helm yang basah. 


Tapi, jarak antara busa dengan lampu pijar juga harus diperhatikan nih. Supaya panas lampu pijar tidak mengenai beberapa bagian helm yang bisa meleleh. Cara ini biasanya dilakukan semalaman, supaya busa helm kering dengan sempurna. Cocok sekali untuk yang kehujanan pada malam hari.

Itulah cara-cara yang benar untuk mengeringkan helm yang basah. Jadi, jangan pernah untuk menjemurnya langsung di bawah paparan sinar matahari lagi ya. (*)







Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Aplikasi My Yamaha MotorAplikasi My Yamaha Motor Mudahkan Konsumen dalam Mendapatkan Layanan SKY
Sebanyak 500.000 masker medis (surgical mask) disalurkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).Main Dealer Astra Honda Motor Donasi 1 Juta Masker
Servis motor Yamaha. Foto: DetikYamaha Luncurkan Aplikasi Layanan, Berikut Keuntungan yang Didapat Pemilik Motor
  Nissan Sporty Package dijual dengan harga Rp 265,4 juta. Foto: DetikCuma 100 Unit, Nissan Rilis Livina Paket Sporty Harga 265,4 Juta
Dapatkan gratis angsuran bulan Mei dan Juni jika beli motor Suzuki sekarang.Beli Motor Suzuki Sekarang, Gratis Angsuran Mei dan Juni
Tangki yang korosi akibat sering tidak diisi bahan bakar secara penuh.Hati-hati, Ini Efek Buruk Jika Jarang Isi Penuh Bahan Bakar Motor



 
Berita Lainnya :
  • Geger, Dua Beruang Muncul di Ladang dan Perumahan Warga di Kotogasib Siak
  • Hasil Swab Keluar, Satu Warga Ujung Batu Rohul Positif Covid-19, Kini Berada di Jakarta
  • Hadiri Rakor Penanganan Karhutla, Bupati Sukiman Imbau Antisipsi Dini Cegah Karhutla
  • Jauh dari Target, Dirut PGN Buka Data Progres Pembangunan Jargas
  • Nasihat Kapolri ke Taruna Akpol: Jangan Lupa Tolong, Maaf, Terima Kasih
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     

    <br>
    15 Tips & Trik Perawatan Mobil Honda yang Bisa Dilakukan di Rumah
    Tips Memanaskan Mobil
     
     
    MobiL
    Motivation Training PT Kertajaya Utama Group
     
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved