Otomotif
BREAKING NEWS :
Kinerja PT KPI Dumai Semester I 2022 Capai Target
 
Nissan Terra Akan Kembali Ke Indonesia Dalam Waktu Dekat?
Sabtu, 02 Juli 2022 - 07:37:29 WIB
Nissan Terra
Nissan Terra

PEKANBARU – Kalau kita melihat segmen ladder frame SUV di Indonesia saat ini, pemainnya bisa dikatakan cukup terbatas. Hanya Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport saja yang terlihat masih bertahan dengan angka penjualan yang ciamik. Isuzu MU-X walaupun dijual dengan generasi terbaru hanya menawarkan spek tambang. Sedangkan Nissan Terra hampir 2 tahun absen di Indonesia. Praktis, persaingan pun tidak seramai dahulu. Namun, kami mendengar sayup – sayup kabar bahwa Nissan akan kembali memboyong Nissan Terra ke Indonesia. Benarkah itu? Yuk kita bahas.

Terra Kembali Ke Indonesia?
Jadi, beberapa waktu terakhir kami mendapatkan sejumlah informasi bahwa Nissan Indonesia akan kembali mencoba peruntungan mereka di segmen ladder frame SUV. Patut kalian ingat, Nissan sebenarnya sempat punya taji di segmen ladder frame melalui duet Nissan Terra dan Nissan Navara NP300 yang menawarkan spesifikasi yang ‘berbeda’ dengan kebanyakan rival. Spek yang kami maksud adalah kaki – kaki bertipe independen. Tim AutonetMagz pun sudah cukup puas menjajal kemampuan mobil ladder frame Nissan, dan bisa dikatakan Nissan Terra adalah opsi yang menarik di kelasnya saat itu. Masalah desain yang terlalu ‘fungsional’ di interiornya memang sempat menjadi deal breaker bagi sejumlah calon konsumen.

Kembali ke rumor mengenai masuknya Nissan Terra ke Indonesia, kami mengendus rencana peluncurannya di bulan Juli 2022 ini, atau di awal bulan Agustus 2022 mendatang. Praktis, jikalau isu ini benar, maka Nissan Terra akan menjadi bintang utama di booth Nissan pada gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang akan dihelat pertengahan bulan Agustus mendatang. Belum jelas mengenai tipe dan spesifikasi dari Nissan Terra yang akan dipasarkan di Indonesia, namun SUV ini pasti akan didatangkan dari Negeri Gajah Putih, Thailand secara utuh. Oleh karenanya, mari kita intip sedikit spesifikasi dari Nissan Terra yang dijual di Thailand. Bisa saja spesifikasinya serupa, atau akan dibedakan sedikit seperti halnya Nissan Terra di generasi sebelumnya.

Intip Spesifikasi Versi Thailand
Nissan Terra di Thailand dijual dengan 3 opsi trim yaitu E, dan VL, mirip seperti yang ditawarkan di Indonesia beberapa tahun lalu, minus tipe EL saja. Sedangkan untuk tipe VL ditawarkan dengan sistem gerak roda belakang dan 4 roda. Nah, yang menarik, Nissan Terra di Thailand tidak menggunakan mesin 2.500cc Diesel lawas seperti di Indonesia, melainkan mesin YS23DDTT 2.300cc TwinTurbo Diesel yang bertenaga 190 hp pada 3.750 rpm dan torsi 450 Nm mulai 1.500 hingga 2.500 rpm. Nah, mesin ini telah terstandarisasi Euro4 dan bisa meminum BBM B20. Nampaknya ini salah satu alasan mengapa Nissan Terra versi terbaru baru akan masuk ke Indonesia saat ini, dimana standarisasai Euro4 Diesel sudah diberlakukan, seperti yang dilansir dari autonetmagz.

Untuk transmisi, Nissan Terra versi Thailand menggunakan transmisi 7 percepatan dengan manual mode. Untuk kaki – kaki, Nissan Terra masih mengandalkan double wishbone with stabilizer bar di depan dan 5 Link Suspension di belakang. Yang menarik dari Nissan Terra di Thailand adalah fitur yang diusung. SUV ini telah dibekali sistem keselamatan aktif seperti Intelligent Forward Collision Warning (IFCW), Automatic emergency braking system, Lane Departure Warning (LDW), Moving Object Detection (MOD), dan Blind Spot Warning (BSW). Nissan Terra terbaru juga sudah dibekali layar MID baru yang lebih besar dan berwarna, kamera 360 yang kini citranya ada di head unit, dan spion tengah yang tetap menampilkan citra dari kamera.

Sistem audio dari BOSE 8 speaker, konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto secara wireless dan wireless charger juga bisa kita temui di interior mobil ini. Nah, namun ini hanya gambaran saja dari Nissan Terra yang dipasarkan di Thailand. Jikalau nanti benar masuk ke Indonesia, maka gambaran ini bisa jadi patokan tipe apa yang akan dipasarkan di Indonesia. Pertanyaan pentingnya, berapa harganya? Tipe E 2WD dijual di Thailand dengan banderol 1.199.000 Baht (Setara 506 jutaan Rupiah), lalu tipe VL 2WD dipasarkan dengan harga 1.449.000 Baht (setara 612 jutaan Rupiah) dan VL 4WD seharga 1.499.000 Baht (Setara 632 jutaan Rupiah). Jadi, berapa harga untuk versi Indonesia? Apa pendapatmu, sob?. *





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)



 
Berita Lainnya :
  • Kinerja PT KPI Dumai Semester I 2022 Capai Target
  • Siswi SMAN 2 Bagan Sinembah Juara Model Indonesia Ini Berikan Buket ke Panitia Karnaval
  • Ranperda BPHTB Serta Ranperda Perempuan dan Anak Bakal Disahkan Agustus Ini
  • Diduga Salahi Aturan, Pemenang Lelang Pasar Bawah Terancam Batal
  • Tingkatkan Rasa Nasionalisme, PT KPI Dumai Gelar Upacara Peringati HUT ke-77 RI
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     
     
    MobiL
    Capella Sudirman Pekanbaru Launching New Sigra
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved