Otomotif
BREAKING NEWS :
Hari Ini, Riau Telah Periksa 1.912 Spesimen Swab
 
Mau Beli Mobil LCGC, Toyota Agya atau Honda Brio Satya?
Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:33:14 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA - Kehadiran mobil Low Cost Green Car (LCGC) menambah segmen baru sebagai mobil ramah lingkuran dan irit bahan bakar. Kiprah LCGC di Indonesia sudah diawali dengan munculnya beberapa varian hatchback yang dibanderol harga miring seperti, Toyota Agya dan Honda Brio.

Hingga tahun 2020, masing-masing pabrikan tersebut terus memperbarui varian LCGC andalan mereka.  Toyota Agya memiliki varian tertinggi yakni, Toyota Agya G TRD A/T. Sedangkan Honda Brio memiliki varian tertinggi di seri E yakni Honda Brio Satya E CVT. Kedua mobil tersebut bersaing di rentang harga yang sama yakni Rp 170 juta. Tentu penasaran dengan komparasi dari kedua mobil tersebut, seperti yang dilansir dari kontan.

Yuk, simak perbandingan antara Toyota Agya dan Honda Brio Satya:

1. Eksterior
Kedua mobil ini dihadirkan dengan bodi yang mungil, sehingga memiliki pengendalian yang cukup apik di jalanan. Dari bagian depan, kedua mobil sama-sama disematkan foglamp dan lubang udara.  Nuansa chrome di bagian gril juga sangat kental di kedua mobil tersebut.

Berpindah di sisi samping terlihat perbedaan yakni penyematan lampu sein pada spion yang tidak terlihat di Honda Brio Satya.

Dari segi ground clearance, Toyota Agya memiliki tinggi 1.520 mm sedangkan Honda Brio Satya lebih rendah yakni, 1.485 mm. Tentu untuk berjalan di jalan terjal Agya lebih unggul didukung juga dengan konsep sporty dan ground clearance.

2. Interior
Di sisi interior kedua mobl memiliki keluasan yang hampir sama. Toyota Agya memiliki lebar 1.600 mm dan panjang 3.660mm. Sedangkan Honda Brio Satya memiliki lebar 1680mm dan panjang 3.800mm. Dari ukuran tersebut dapat diketahui bahwa Honda Brio Satya memiliki keunggulan dari luasan kabin.

Di bagian dashboard, kedua mobil menampilkan kesan mewah dengan bahan plastik yang dipakai. Kedua mobil sama-sama memainkan paduan warna hitam dan silver pada head unit. Di bagian jok kedua mobil juga menggunakan bahan fabric yang berkualitas. Kedua mobil juga disematkan dominan warna hitam di seluruh interiornya.  Toyota Agya dan Honda Brio Satya sama-sama menampung penumpang hingga 5 orang.

Di sisi fitur hiburan, Toyota Agya sudah dilengkapi layar touchscreen pada head unit sedangkan Honda Brio masih menggunakan panel audio pada umumnya.

3. Performa Mesin
Di bagian mesin kedua mobil menggunakan mesin yang sama yakni berkapasitas 1.2 L. Toyota Agya mengandalkan mesin NR 1.197 cc dengan tenaga 88 horsepower dan torsi sebesar 108 Nm. Sedangkan untuk Honda Brio Satya dibekali mesin L12B 1.199cc dengan tenaga 90 horsepower dan torsi 100 Nm.

Dari sisi transmisi, Honda Brio Satya memiliki teknologi CVT, sedangkan Toyota Agya tipe tertinggi menggunakan transmoso otomatis 4 percepatan.

4. Fitur Keselamatan
Kedua mobil telah dibekali fitur dual SRS Airbags. Fitur sabuk pengaman pada Honda Brio Satya lebih unggul dibandingkan dengan Toyota Agya. Sabuk pengaman Honda Brio Satya sudah dilengkapi teknologi Emergency Locking Retracktor (ELR). Namun, keduanya sudah dibekali ISOFIX dan Child Safety Locks.

Di fitur pengereman keduanya sudah dilengkapi Anti-Lock Braking System (ABS). Tambahan fitur pada Honda Brio Satya sudah dilengkapi dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD), sedangkan Toyota Agya belum disematkan EBD.

Dari segi mesin dan transmisi, Honda Brio Satya lebih ungul dengan teknologi CVT dan kekuatan melaju yang lebih besar. Sedangkan Toyota Agya unggul dalam fitur hiburan yang cukup lengkap dengan tambahan layar sentuh.


Untuk harga Agya di Agung Toyota wilayah Riau yakni New Agya 1.0 G M/T dibanderol 153.250.000, New Agya 1.2 G M/T Rp155.750.000, New Agya 1.2 G M/T TRD Rp156.350.000, New Agya 1.0 G A/T Rp167.350.000, New Agya 1.2 G A/T Rp171.050.000 dan New Agya 1.2 G A/T TRD dibanderol 177.450.000.

Promo Honda Agustus
Sementara itu, terpisah Supervisor Honda Soekarno Hatta, Pekanbaru, Moko Dwi Aryanto mengatakan Honda Brio versi LCGC ini sudah menjadi andalan Honda sejak lama, meskipun pasar LCGC berlangsung sangat ketat. Brio Satya beserta versi RS-nya selalu langganan peringkat nomor satu dalam hal penjualan mobil Honda. Di kelasnya sendiri, model ini bersaing ketat dengan LCGC lainnya seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla bahkan LCGC 7-seater terlaris, Daihatsu Sigra.

Memang tak selamanya Honda selalu mengandalkan Brio saja, karena masih ada produk lainnya yang juga cukup bagus. Seperti BR-V dan CR-V dan Mobilio, walau penjualan dari model ini tak setinggi Brio.

"Kita mengajak masyarakat khususnya konsumen Honda di Pekanbaru dan sekitarnya untuk segera mmanfaatkan berbagai promo di bulan Agustus dengan mengunjungi dealer HSH di Jalan Soekarno Hatta No 168 dan Honda SM Amin, Pekanbaru," kata Moko.

Untuk harga Honda Brio Satya, Moko menjelaskan, Brio Satya S MT Rp158.000.000, Brio Satya E MT Rp166.500.000 dan Brio Satya E CVT Rp190.300.000.(*)




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Toyota AgyaBocoran Harga Toyota Agya Facelift, Naik Rp 2 Jutaan
Toyota AgyaToyota Segera Hadirkan Agya Facelift
Renault Triber4 Kelebihan Renault Triber, Penantang Toyota Agya dan Calya
  Toyota Agya Facelift Sudah Pakai Start Stop Engine
Konsumen Honda Brio Satya, Mukhlis foto bersama usai penyerahan unit di showroom HSH PekanbaruBrio Satya, Sangat Cocok untuk Isteri Saya Ngantar Anak Sekolah
Honda New Brio SatyaKuasai Pasar, 1.037 Mobil Brio Satya Telah Mengaspal di Riau



BERITA LAINNYA    
IlustrasiHari Ini, Riau Telah Periksa 1.912 Spesimen Swab
Kotak donasi Rumah Yatim.Rumah Yatim Ajak Gerakan S3
Ketua Bawaslu Riau, Rusidi RusdanSebulan Kampanye Pilkada Riau, Sudah 2.801 Kali Terjadi Pertemuan
  Foto: AntaraPilkada Riau, 1.290 PPS Mulai Tempel Pengumuman DPT
Infografis Covid-19 Bengkalis.
Corona Kembali Renggut Nyawa Warga Mandau, Total Positif Covid-19 hingga Hari Ini 836 Kasus
Polytron Multipurpose Sterilizer Box PUV 122W Hidup Sehat Bebas Bakteri dan Virus dengan Polytron Multipurpose Sterilizer Box PUV 122W
Komentar Anda :

 
 

Suzuki.
Emisi Gas Buang Suzuki
Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
 
 

<br>
15 Tips & Trik Perawatan Mobil Honda yang Bisa Dilakukan di Rumah
Tips Memanaskan Mobil
 
MobiL
Dealer Nissan Datsun SM Amin Raih Penghargaan
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved