Otomotif
BREAKING NEWS :
Paripurna HUT ke-240 Pekanbaru, Ini Harapan Pj Wako Risnandar Mahiwa
 
Mitsubishi XFC Concept versi Produksi Bakal Rilis Bulan Ini, Dealer Buka Pemesanan
Jumat, 12 Mei 2023 - 07:44:10 WIB
Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Tetsuhiro Tsuchida bersama jajaran manajemen PT DIPO, PT Suka Fajar Pekanbaru dan PT NBM Pekanbaru saat peluncuran XFC Concept di Mal Living World Pekanbaru.(foto: budy/halloriau.com)
Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Tetsuhiro Tsuchida bersama jajaran manajemen PT DIPO, PT Suka Fajar Pekanbaru dan PT NBM Pekanbaru saat peluncuran XFC Concept di Mal Living World Pekanbaru.(foto: budy/halloriau.com)

Baca juga:

Versi Produksi Massal Mitsubishi XFC Concept Tampil Perdana Akhir Juli 2023, Pesan Sekarang Jaminan Uang Kembali
Melantai di GIIAS 2023, Mitsubishi XFC Concept Sudah Bisa Dipesan
Mitsubishi XFC Concept versi Produksi Bakal Rilis Bulan Ini, Dealer Buka Pemesanan

JAKARTA - Mitsubishi nampaknya akan segera meluncurkan versi produksi dari mobil konsep Mitsubishi XFC Concept. Ini diketahui dari terdaftarnya gambar desain Mitsubishi XFC di Berita Resmi Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Dalam data tersebut, tercantum penerimaan permohonan desain XFC ini dilakukan pada 17 Maret 2023 dan diumumkan pada 5 Mei 2023, dengan nama pemohon Mitsubishi Jidosha Kogyo Kabushiki Kaisha 1-21, Shibaura 3-Chrome, Minato-ku, Tokyo, 108.8410, Jepang. Data ini juga memperlihatkan nama desainer dari mobil ini, yakni Shinya Nishikado dan Takashi Mogami.

Kabar kehadiran Mitsubishi XFC ini juga mencuat setelah mobil ini tepergok uji jalan di Vietnam. Dilansir dari laman AutoPro, Mitsubishi Vietnam mengungkapkan bahwa mobil yang diuji jalan ini merupakan versi pra-komersial yang mendekati versi produksi massal.

Penampakan interior modern Mitsubishi XFC Concept, Palembang, 16 Maret 2023. (Foto: TEMPO/Wawan Priyanto)

Kemudian, beberapa waktu lalu, mobil yang diduga Mitsubishi XFC juga tepergok sedang uji jalan di salah satu ruas jalan tol di Indonesia.



Tempo mendapatkan informasi dari salah satu pramuniaga dealer Mitsubishi di Kabupaten Bogor, yang menyebutkan bahwa XFC Concept akan dirilis pada bulan ini, Mei 2023. Kendati demikian, belum diketahui tanggal pasti untuk perilisan mobil baru pabrikan berlogo tiga berlian ini.

"XFC bulan ini rilis. Nanti di GIIAS (2023) sudah bisa dijual," kata Pramuniaga tersebut kepada Tempo hari ini, Kamis, 11 Mei 2023.

Tidak sampai situ, pramuniaga tersebut juga mengungkapkan bahwa pihak dealer sudah membuka pemesanan untuk Mitsubishi XFC melalui tahap indent.

Sebelumnya, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah menggelar roadshow Mitsubishi XFC Concept di tujuh kota di Indonesia. Setelah pengenalan publik, mobil tersebut direncanakan masuk dapur produksi di tahun ini.

General Manager of Marketing Communication & PR Division PT MMKSI Intan Vidiasari mengakui bahwa Mitsubishi XFC ini akan dipasarkan di Indonesia, hanya saja masih menunggu waktu yang tepat untuk peluncurannya. Mobil konsep SUV compact ini diboyong ke Indonesia karena memang dinilai pasar SUV compact di Tanah Air sedang naik daun.



"Jadi sepertinya itu jadi strategi dari Mitsubishi Motors untuk bisa ke pasar-pasar strategisnya untuk bisa memperlihatkan si model konsep terbarunya, yang mungkin in the future akan menjadi model produksi, tapi kapannya itu belum bisa kita ekspos," ujar Intan.
Bocoran Spesifikasi Mitsubishi XFC

Direktur Penjualan dan Pemasaran PT MMKSI Irwan Kuncoro mengatakan bahwa XFC Concept akan menjadi sebuah SUV kompak dengan desain unik.

"Saya rasa desain versi produksi nanti tidak akan berbeda jauh dengan model konsep yang saat ini dipamerkan,” kata Irwan di sela-sela pembukaan pameran mobil Mitsubishi di Palembang Trade Center, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis, 16 Maret 2023.

Bicara tampilan, konsep mobil XFC mengusung bahasa desain Dynamic Shield yang menjadi ciri khas Mitsubishi. Lampu depannya menggunakan model L atau model bumerang yang dipadukan dengan desain garis DRL yang terlihat seperti huruf T saat lampu dinyalakan.

Mobil ini terlihat berotot khas SUV berkat lekukan bodi yang mengalir dari fender depan ke belakang. Sementara lampu belakangnya mengusung bentuk huruf T yang memanjang ke sisi dalam, berikut bumper dengan difusser dan lekukan bodi pada pintu bagasi.

Sebagai bentuk pengembangan untuk pasar ASEAN, mobil ini dilengkapi dengan empat mode berkendara, yakni Normal, Gravel, Mud, dan Wet. Sementara untuk spesifikasi lainnya masih belum terungkap.

Mitsubishi XFC ini akan melengkapi jajaran produk Mitsubishi di ASEAN yang saat ini terdiri dari Triton, Pajero Sport, Outlander dan Outlander PHEV, Xpander dan Xpander Cross, Mirage, serta Attrage. Kehadiran SUV kompak baru ini di Tanah Air akan bersaing dengan sejumlah rival di kelasnya, seperti Honda HR-V, Hyundai Creta, dan Toyota Yaris Cross yang akan diluncurkan pada Senin, 15 Mei 2023, seperti yang dilansir dari tempo. (*)

   




Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: [email protected]
(mohon dilampirkan data diri Anda)


 
Berita Lainnya :
  • Paripurna HUT ke-240 Pekanbaru, Ini Harapan Pj Wako Risnandar Mahiwa
  • Ramalan Zodiak Hari ini 24 Juni 2024: Hati-hati dengan Rongrongan Orang Terdekat
  • Jika Lebihi Kuota, Unri Terapkan Nilai UTBK untuk Seleksi Jalur Mandiri PBUG/PBM 2024/2025
  • 47 Hotspot Menyala di Sumatera Pagi ini, Riau Nihil Titik Panas
  • Prakiraan Cuaca Riau Hari ini: Hujan Ringan di Beberapa Wilayah
  •  
    Komentar Anda :

     
     

    Suzuki.
    Emisi Gas Buang Suzuki
    Perawatan AC Suzuki Tips Menghemat Bahan Bakar (BBM) Saat Mengemudi Tips Mengemudi Hemat BBM ala Suzuki tanpa Modifikasi
     
     
     
    MobiL
    Showroom Event Suzuki SBT SM Amin
     
     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved