www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Jokowi dan Warga Tanam 20 Ribu Bibit Mangrove, Kasmarni: Terima Kasih, Pak Presiden
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pilkades di Kepulauan Meranti, Suami No 1 Versus Istri No 2
Kamis, 05 Agustus 2021 - 16:08:03 WIB
Calon kepala desa Gogok Darussalam, Sugianto nomor urut 1 siap berkompetensi dengan istrinya sendiri nomor urut 2 dalam Pilkades serentak di Desa Gogok Darussalam
Calon kepala desa Gogok Darussalam, Sugianto nomor urut 1 siap berkompetensi dengan istrinya sendiri nomor urut 2 dalam Pilkades serentak di Desa Gogok Darussalam

SELATPANJANG - Suasana pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Kepulauan Meranti, penuh dengan cerita menarik dan keunikan. Seperti yang terjadi di Desa Gogok Darussalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat, terdapat pasangan suami-istri yang bersaing menjadi kepala desa.

Kejadian ini muncul saat pada pendaftaran terakhir tidak ada yang mendaftar jadi orang nomor satu di desa tersebut.

Adalah pasangan suami-istri Sugianto dan dan Sunarsih yang bersaing maju dalam kontestasi menjadi kepala desa setempat. Pilkades di desa itu hanya satu calon yang maju saat pendaftaran, yakni Sugianto. Padahal, secara regulasi, pilkades serentak tidak boleh ada calon tunggal sehingga calon petahana itu memutuskan mendaftarkan istrinya maju dalam kontestasi pilkades serentak untuk melengkapi formasi pemilihan.

Sugianto mengatakan, saat habis masa jabatannya, dia kembali berniat intuk maju pada periode berikutnya. 

Namun setelah beberapa hari dirinya mendaftar hingga mendekati penutupan pendaftaran, tidak ada calon lain yang muncul. Padahal sejumlah upaya telah dilakukan untuk mendorong warga ikut bertarung bersama. 

"Yang jelas persyaratannya harus ada rival. Namun jelang penutupan belum ada yang muncul dan berniat untuk maju. Makanya istri saya suruh maju," ujar Sugianto.

Dikatakan, upaya tersebut juga dimaksudkan untuk menyelamatkan gelombang demokrasi di desanya. 

"Untuk menyelamatkan pesta demokrasi warga agar tidak rusak, karena jika tidak ada yang mendaftar selain saya, maka Pilkades di Desa Gogok batal digelar dan kita akan dipimpin Pj selama enam tahun kedepan," kata Sugianto.

Sugianto, yang merupakan calon petahana, menerima jika nanti istrinya menang dan terpilih menjadi kades di Desa Gogok Darussalam. Namun, jika nantinya terpilih kembali pada pilkades serentak tahun ini, dirinya berjanji akan menyejahterakan warganya dan meneruskan pembangunan di desanya.

"Saya pun tidak menyangka dan juga heran, mungkin baru kali ini terjadi di Kepulauan Meranti. Jika pun nanti istri saya yang menang, dan jika sudah Allah berkehendak kita akan taat hukum dan saya juga akan ikut membantu untuk kemajuan di desa," ujarnya.  

Saat ini pasangan suami istri itu sudah ditetapkan sebagai calon Kepala Desa Gogok Darussalam. Dalam penetapan nomor urut calon Selasa (3/8/2021) kemarin, suami atas nama Sugianto sebagai petahana memperoleh nomor urut 1, mulai mengatur strategi untuk berkompetisi dengan sang istri Sunarsih yang mengantongi nomor urut 2. 

Sugianto pun menceritakan, visi misi pencalonan sang istri pun disusun bersama. Bahkan dalam sosialisasi nanti pelaksanaan akan dilakukan bersama-sama.

"Untuk visi dan misi istri juga ada campur tangan dari saya dan jika ada kesalahan juga ada koreksi dari saya. Untuk berkampanye nantinya pun kami dianjurkan untuk bersama-sama sesuai dengan tahapan yang dilalui," ujarnya.

Terpisah Plt Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Saputra Warisa mengatakan pasca pleno penetapan calon terdapat 106 calon kepala desa melakukan pengundian dan pengumuman nomor urut. Termasuk calon kades suami dan istri dari desa Gogok hingga 28 desa lainnya.

Untuk tahapan selanjutnya saat ini seluruh calon akan memasuki masa kampanye mulai pada 10 Agustus 2021 mendatang. Dalam tahapan masa kampanye itu pula setiap calon diberi kesempatan selama tiga hari, dan berakhir pada 13 Agustus 2021 mendatang. Sementara untuk pemilihan dilaksanakan pada akhir Agustus mendatang.

Penulis : Ali Imroen

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Jokowi dan Warga Tanam 20 Ribu Bibit Mangrove, Kasmarni: Terima Kasih, Pak Presiden
Jokowi menanam mangrove bersama masyarakat Bengkalis. Tanpa Alas Kaki, Jokowi Ikut Tanam Mangrove di Bengkalis
PS Kepulauan Meranti berfoto bersama sebelum menjamu PS Bengkalis di Stadion Kaharuddin Nasution, PekanbaruDitahan Imbang PS Bengkalis, PS Askab Kepulauan Meranti Segel Tiket Perempat Final Piala Gubri 2021
Foto bersama disela-sela penyerahan tabung oksigen.Hari Perdamaian Sedunia, The Premiere Hotel Pekanbaru Donor Darah dan Sumbang Tabung Oksigen
Tersangka pengedar sabu.Sebulan Baru Nikah, Pasutri Ini Diringkus karena Pakai dan Edarkan Sabu
  Jubir Satgas Covid-19 Riau Indra Yovi5 Atlet Dayung Riau Masih Jalani Isolasi, Kondisinya Membaik
Bapenda Provinsi Riau menggelar penertiban dan sosialisasi pajak kendaraan bermotor (PKB) di pintu masuk Kota Dumai. Bapenda Riau Gelar Penertiban dan Sosialisasi Pajak Kendaraan Bermotor di Dumai
Viani Limardi Tak Terima Dituding Gelembungkan Dana Reses, Viani Akan Tuntut PSI Rp1 T
ilustrasiHarga Sawit Riau Turun Tipis, Minggu Ini Dibanderol Rp2.787/Kg
Sugeng Pranoto DPRD Riau Segera Serahkan Perda Pajak Daerah, Bakal Gratis Mutasi Kendaraan
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Bapenda Gelar Penertiban dan Sosialisasi Pajak Ranmor
 
 
 
 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved