www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Program Pengadaan Ribuan Sepeda Ala Muhamad Adil di Kepulauan Meranti Terancam Dibatalkan
Selasa, 23 Mei 2023 - 20:42:10 WIB
Program ribuan sepeda Ala eks Bupati Muhammad Adil yang terealisasi tahun lalu
Program ribuan sepeda Ala eks Bupati Muhammad Adil yang terealisasi tahun lalu

Baca juga:

Program Bagi- Bagi Sepeda Bupati Kepulauan Meranti Terealisasi Tahun Ini, Statusnya Hanya Pinjam Pakai

SELATPANJANG - Program pengadaan sepeda oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti bakal terancam dan tidak dilanjutkan pada tahun 2023 ini, karena mengingat minimnya anggaran daerah untuk merealisasikannya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) telah diperintahkan Plt Bupati AKBP (Purn) H Asmar untuk dapat mengevaluasi seluruh program yang ada.

Dari sekian program yang dicanangkan, pengadaan sepeda berpotensi dicoret. Dimana tahun 2023 ini, pengadaannya ada sekitar 1.500 unit dan anggarannya mencapai lebih kurang Rp3 miliar.

Kepala Disdikbud Kepulauan Meranti, H Suardi ketika dikonfirmasi mengatakan hingga kini belum ada pencoretan program di OPD yang dipimpinnya itu. Namun ia sudah diminta untuk bisa mengevaluasi seluruh program di Disdik Meranti.

"Pengadaan sepeda berpotensi untuk dicoret. Karena kita mengalami minim anggaran daerah. Itu program yang memungkinkan untuk dicoret," ungkap Suardi, Senin.

Ditambahkan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Disdikbud Kepulauan Meranti Samsul, saat ini pihaknya masih melakukan evaluasi terhadap seluruh program. Namun belum ada program yang dipastikan akan dicoret.

"Memang hingga kini kita belum ada melakukan pencoretan program. Namun jika harus dilakukan, pengadaan sepeda yang akan kita korbankan," katanya.

Meski begitu, ribuan sepeda yang sudah disalurkan pada tahun 2022 lalu tetap berjalan sesuai peruntukannya. Karena memang statusnya pinjam pakai, tetapi wujudnya sangat bermanfaat bagi anak sekolah terutama bagi di kecamatan jauh.

"Programnya sebenarnya sangat bagus, karena sepeda yang diberikan tepat sasaran. Sehingga mereka (anak sekolah) merasa sangat bermanfaat," sebut Samsul.

Pengadaan sepeda tersebut merupakan program strategisnya kepala daerah sebelumnya. Jikapun nanti dicoret, bukan berarti ini karena bupati sudah berganti, namun dikarenakan defisit anggaran saja.

"Bukan dia (Muhammad Adil) tidak jadi bupati lagi, karena memang saat ini sedang defisit anggaran. Artinya mana yang lebih urgensi, itu yang diprioritaskan dulu. Tanpa sepeda itu diberi, anak-anak masih bisa sekolah. Jadi itu pertimbangannya," tambah Samsul.

Sebelumnya, Sekda Kepulauan Meranti, Bambang Suprianto SE MM menegaskan bahwa Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) sedang melakukan rasionalisasi terhadap anggaran daerah. Dari perhitungan saat ini, TAPD membeberkan defisit anggaran sekitar Rp200 - Rp250 miliar.

"Kita sudah surati seluruh OPD untuk melakukan evaluasi terhadap seluruh program yang ada. Karena kita mengalami defisit mulai Rp200 - Rp250 miliar. Sehingga OPD harus membuat skala prioritas dari seluruh program yang ada, dengan menyesuaikan ketersediaan anggaran," tegas Sekda.

Sebelumnya, sepeda yang menjadi janji politik Eka Bupati Kepulauan Meranti Meranti H Muhammad Adil SH MH untuk bagi-bagi sepeda kepada anak sekolah sebagian sudah terwujud oleh pemerintah daerah.

Setidaknya ada 1.000 unit sepeda yang dibagikan kepada anak-anak yang sekolahnya berada di pelosok-pelosok desa pada akhir tahun 2022 lalu.

Ribuan unit sepeda jenis Mount Bike tersebut sudah dianggarkan pada APBD Perubahan 2022 yang pengadaannya dilakukan melalui e-Katalog. Adapun jumlahnya ada 1.000 unit yang diperuntukkan 500 unit bagi SD dan 500 bagi SMP.

Penulis : Ali Imroen

 

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Wahana Kereta Wisata di Siak.(foto: meri/halloriau.com)Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Pasar induk.(ilustrasi/int)Pasar Induk Segera Beroperasi, Ini Respon DPRD Pekanbaru
Tol di Riau.(foto: mcr)Hingga Lebaran H+2, Hampir 28 Ribu Kendaraan Melintas di 3 Tol di Riau
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto (foto/Yuni)Meski Tanggal Merah, Pj Gubri Minta Pelayanan di Riau Tetap Optimal
Ilustrasi MotoGP Amerika, lintasan Austin, Texas (foto/int)Jadwal MotoGP Amerika 2024: Balapan Sengit Dini Hari di Austin Texas
  Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Pj Walikota Pekanbaru Siapkan Sanksi untuk ASN yang Tambah Libur Lebaran
Cosplay Transformers jadi favorit pengunjung Lapangan Gedung Maharatu Siak untuk berfoto.(foto: meri/halloriau.com)Robot Transformers Jadi Spot Foto Favorit di Lapangan Gedung Maharatu Siak
Arus pemudik di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru tinggi saat momen Lebaran 1445 H (foto/Dini)Aktivitas Masih Tinggi, Puncak Arus Balik di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Diprediksi H+3
Sky Walk berseberangan dengan pusat wisata Siak (foto/Meri)Sky Walk Jembatan Kaca Wisata Populer Siak yang Wajib Kamu Datangi
Ilustrasi curah hujan di momen libur panjang Lebaran Idulfitri (foto/int)Mau Pergi Wisata di Libur Lebaran? Ini Prakiraan Cuaca Pekanbaru dan Sekitar
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved