www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Pemdes Bantar Gunakan Dana Desa untuk Tanam Cabe, Hasilnya Dijual Murah ke Masyarakat
Jumat, 24 Maret 2023 - 16:20:59 WIB
Kepala Desa Bantar, Mulyadi saat memetik cabe pada panen perdana
Kepala Desa Bantar, Mulyadi saat memetik cabe pada panen perdana

Baca juga:

SELATPANJANG - Pemerintah Desa (Pemdes) Bantar, Kecamatan Rangsang Barat, Kepulauan Meranti menggelontorkan dana desa untuk menanam cabai rawit. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan melalui program pemanfaatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

Selain mengatasi inflasi, program ini juga untuk membantu masyarakat mendapatkan cabai dengan harga murah.

Kepala Desa Bantar, Mulyadi mengatakan, dengan dana desa tersebut dirinya bersama warga berinisiatif memanfaatkan lahan yang kurang produktif seluas 1 hektare untuk menanam cabai.

"Kami bersama warga mengawali dengan menanam cabai sebanyak 7.000 bibit yang ditanam di lahan milik warga seluas 1 hektar yang terbagi tiga tempat. Untuk awal kami mengajak kelompok tani untuk membantu pengelolaannya," kata Mulyadi, Jum'at (24/3/2023).

Dijelaskan Mulyadi, pemanfaatan dana desa tersebut sangatlah efektif. Karena, dari hasil yang didapat nantinya dapat digunakan untuk meningkatkan produksi. Bahkan untuk membantu pembangunan infastruktur desa.

"Jadi dananya tidak hanya habis untuk infrastruktur saja. Namun bisa berkelanjutan yang dampaknya pun dapat meningkatkan ketahanan pangan. Seperti halnya program dari pemerintah. Modal yang kami keluarkan untuk menanam cabe ini berkisar Rp 74 juta, karena memang dari 0, mulai dari pembersihan lahan sampai sekarang," ujarnya.

Dikatakan pria yang akrab disapa Ajan ini, program ketahanan pangan menanam cabai ini memberdayakan masyarakat secara langsung. Selain itu hasil panen juga dijual kepada masyarakat karena mengingat saat ini harga jual cabai tinggi di pasaran.

"Program ketahanan pangan ini dikelola langsung oleh kelompok masyarakat sebanyak 10 orang. Saat panen kita juga akan mempekerjakan kaum ibu sebanyak 25 orang untuk memetiknya dan kita upah Rp 5 ribu perkilonya," tuturnya.

"Saat ini sudah memasuki panen setelah beberapa bulan tanam, untuk panen buah pertama sebanyak 25 kilo dari 1.500 batang dan kita jual ke masyarakat Rp 35 ribu perkilonya ke masyarakat. Diperkirakan nanti 1 pohon menghasilkan 1 kilo untuk 3 kali panen. Alhamdulillah dapat juga membantu orang kampung, selain mempekerjakan orang, hasilnya kita jual dibawah harga pasar. Ini juga salah satu program penurunan kemiskinan ekstrim," ungkapnya.

Kepala Desa Bantar itu juga menyebutkan program tersebut merupakan anjuran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian yang meminta aparatur desa memperkuat ketahanan pangan di wilayah. Upaya tersebut sekaligus dapat mengatasi  inflasi di daerah.

Selain itu program Ketahanan Pangan ini dicetus oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar melalui Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui kementrian terkait.

Ia pun menambahkan, jika dalam satu lahan berhasil, maka akan dilakukan di semua dusun di Desa Bantar.

"Jika ini nanti berhasil dengan hasil panen yang maksimal, maka ini akan kembangkan di beberapa tempat lagi," ucapnya.

Ia berharap para petani di Desa Bantar bisa memanfaatkan lahan-lahan yang mangrak sehingga dapat meningkatkan pendapatannya.

"Semoga apa yang dilakukan ini tidak berhenti, namun terus dikembangkan dengan berbagai jenis tanaman lain yang memiliki nilai jual," imbuhnya.

Hadir dalam panen perdana cabe rawit tersebut diantaranya Camat Rangsang Barat, Hasan, Kepala Seksi PMD Kecamatan, Fauzan, pendamping P3MD, Yusri, Adik Susilo, Ambari, dan Sarliawati, pendamping PPL, Atika, Kepala Desa Bantar Mulyadi didampingi Ketua PKK Desa Bantar, Dewi Kartika Sari. 

Penulis : Ali Imroen

 
    Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Harimau Sumatera.(ilustrasi/int)Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Jalan Mustika Pekanbaru.(foto: int)Jalan Mustika Pekanbaru Segera Berlaku Satu Arah, Ini Skemanya
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Tak Sekedar Ganti Nama Jadi PSPS Pekanbaru, Muflihun: Manajemen Usulan Ganti Logo
Suzuki Jimny 5-Door di event IIMS 2024.(foto: istimewa)Antusiasme Tinggi Pengunjung IIMS 2024 Terpikat Jimny 5-Door dan Unit Hybrid Suzuki
Pusat Kuliner Kelapa Gading ditutup Pemkab Inhil.(foto: mcr)Banyak Warung Remang-remang, Pemkab Inhil Tutup Pusat Kuliner Kelapa Gading
  Polda Riau sebar foto dan identitas buronan pemilik 640 butir pil ekstasi.(foto: tribunpekanbaru.com)Sebar Foto dan Identitas, Polda Riau Buru Pemilik 640 Ekstasi di Pekanbaru
Jalan rusak di Pekanbaru diserahkan ke Pemprov Riau.(ilustrasi/int)Pemko Targetkan Serah Terima 36 Ruas Jalan di Pekanbaru ke Pemprov Rampung Maret 2024
Rider Gresini Ducati, Marc Marquez.(foto: int)Ini 3 Rider yang Masih Sulit Dikejar Marquez di MotoGP 2024
Pabrik Suzuki di Cikarang.(foto: int)Suzuki Siap Produksi Model Baru di Indonesia, Jimny 5 Pintu Masuk Daftar?
Event HSMS 2024 di Living World Pekanbaru dari Capella Honda Riau.(foto: mg1/halloriau.com)Jangan Lewatkan Ragam Promo Capella Honda Riau di HSMS 2024 Living World Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Banjir di Pekanbaru, Pemilik Kendaraan Dorong Mobil di Jalan Jembatan Siak 4
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved