www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Festival Perang Air, Bupati dan Kapolres Kepulauan Meranti Jadi Sasaran Tembakan Hingga Basah Kuyup
Jumat, 27 Januari 2023 - 08:33:37 WIB

SELATPANJANG - Dengan menggunakan becak motor, ribuan warga Kota Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau tumpah ruah bermain air di jalan. Kegiatan ini merupakan Iven tahunan Festival Perang Air sempena Perayaan Imlek.

Setelah dua tahun absen, Festival Perang Air tahun 2023 ini dibuka Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH MM. Iven wisata yang meraih Anugerah Pesona Indonesia Kategori Wisata Terpopuler tersebut dipusatkan di Jalan Ahmad Yani Selatpanjang, Kamis (26/1/2023).

Bupati mengatakan iven perang air ini sebagai warisan kebudayaan daerah yang lahir dari kebiasaan masyarakat dalam menyambut hari besar.

Dikatakan festival perang air tersebut merupakan upaya nyata Pemkab Kepulauan Meranti bersama masyarakat Tionghoa untuk mendedahkan serta menempatkan tradisi tersebut sebagai salah satu ikon pariwisata di Kota Selatpanjang.

"Festival ini sebagai upaya nyata untuk membesarkan Kepulauan Meranti ini sebagai ikon wisata di Selatpanjang. Pada tahun 2023 ivent ini juga dilaksanakan untuk mengangkat memelihara dan menumbuh kembangkan bentuk tradisi ini ke masyarakat luas," ungkapnya.

Dirinya berharap seluruh elemen masyarakat turut serta mendukung pelaksanaan Festival Perang Air untuk lebih dikenal di masyarakat luas.

Dirinya juga berharap ivent ini tidak hanya bisa lebih mempererat tali persaudaraan di tengah perbedaan masyarakat yang beragam.

"Mari sama-sama kita dukung pelaksanaan perang air di sore yang berbahagia ini. Saya juga mengajak seluruh masyarakat menghargai dan menjaga kebudayaan ini sebagai wujud keberagaman masyarakat dalam norma dan syukur serta sebagai sesuatu yang membanggakan di masa yang akan datang," tuturnya.

Kepada salah seorang aktor ibu kota asal Kepulauan Meranti, Choky Andriano yang turut hadir dalam kegiatan itu untuk mempromosikan event tersebut.

"Tahun depan mas Choky, seluruh warga yang ada di Jakarta dibawa kesini semua. Biar mereka tau di Meranti itu adalah kota yang sangat cinta dengan budaya yang ada di seluruh Indonesia, terang Adil.

Choky Andriano mengatakan bahwa kehidupan masyarakat antar etnis si Kepulauan Meranti sangat akur. Hal itu menurutnya terlihat dari hubungan warga Tionghoa dengan multi etnis lainnya.

"Sebelum saya kenal Pak Bupati, saya sudah sempat melihat dia viral di medsos. Tapi saya salut, saya dukung Bupatinya paling berani, dan beraninya untuk masyarakat Meranti, top banget," ujarnya.

Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Juwita Ratna Sari
menyampaikan iven Perang Air memang kerap dijadikan moment balik kampung warga Tiong Hoa asal Kepulauan Meranti dari berbagai penjuru dunia. Dari catatan Dinas Pariwisata Meranti tiap tahun puluhan ribu wisatawan masuk ke Kota Selatpanjang, mereka berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, Australia dan lainnya.

Lebih jauh dikatakannya warga Meranti harus berbangga karena daerah ini telah dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia melalui Festival Perang Air yang sudah dikenal sejak dahulu kala oleh masyarakat Meranti.

Disampaikannya perang Air sudah dikenal oleh masyarakat Kepulauan Meranti sejak tempo dulu untuk mengekspresikan kegembiraan perayaan Idul Fitri dengan melakukan siram-siraman air, berangkat dari kebiasaan itu kini oleh masyarakat Tiong Hoa kembali disemarakkan dengan nama Cian Cui yang bertepatan dengan perayaan Imlek.

"Jadi Perang Air ini tidak ada hubungan dengan ritual keagamaan tetapi lahir dari kearifan lokal yang merupakan kebiasaan masyarakat sejak puluhan tahun lalu yang dikemas sedemikian rupa oleh masyarakat Tiong Hoa dan kebetulan bertepatan dengan perayaan Imlek," jelasnya.

Juwita Ratna Sari mengatakan perang air akan dimulai pada pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB sore.

"Namun dengan catatan, jika masuk waktu ibadah (salat Ashar) akan dihentikan sementara. Nanti teknisnya kita meminta dari pihak kepolisian yang mengaturnya. Intinya kita tetap menghargai saat tibanya waktu azan," kata Ratna.

Festival perang air, lanjut Ratna, akan dilaksanakan pada 22 Januari hingga 26 Januari 2023 bertepatan pada perayaan Imlek. Sejumlah aturan untuk peserta yang mengikuti perang air sudah mereka uraikan dalam sebuah imbauan.

Sementara untuk kendaraan yang diperbolehkan dalam kegiatan tersebut adalah becak motor dan sepeda motor. Tidak diperkenankan bagi kendaraan yang beroda empat.

"Aturan tersebut demi menjaga kenyamanan, keamanan, ketertiban dan kebersihan. Namun yang paling penting, iven ini bukan untuk ikut merayakan Imlek, tetapi kami (Disparpora) memanfaatkan momen ini untuk mendongkrak ekonomi masyarakat di Kepulauan Meranti," bebernya.

Sekedar informasi, perang air telah berhasil menciptakan kegembiraan bagi seluruh warga Kepulauan Meranti, baik yang berasal dari suku Melayu atau Suku Tiong Hoa dan suku lainnya. Semuanya berbaur menjadi satu bersuka ria menikmati suasana Perang Air yang hanya dilaksanakan sekali dalam setahun.

Dampak dari perang air ini sangat luar biasa bagi perekonomian di Kepulauan Meranti dimana hotel penuh, rumah makan dan transportasi becak ramai, tiket kapal habis, serta pusat perbelanjaan ramai dan tentunya ini sangat menguntungkan bagi masyarakat.

Iven ini menjadi yang terunik di dunia, karena merupakan satu-satunya di Indonesia dan hanya ada dua di dunia, Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti dan Thailand. Hebatnya lagi, jika di Thailand hanya berlangsung satu hari, di Selatpanjang digelar hingga satu minggu penuh yang dimulai sejak perayaan Imlek atau tahun baru cina.

Dalam perang Air itu kelompok warga berkeliling kota menggunakan becak motor dan ada juga yang menanti korbannya dipinggir-pinggir jalan protokol sambil menyandang senjata air seperti jalan

Siapapun yang melewati jalan tersebut tak luput dari sasaran tembak warga lainnya hingga basah kuyup, hebatnya tak ada emosi dalam iven ini kelompok warga maupun perorangan yang melakukan aksi itu sudah siap untuk ditembak dan menembak, hebatnya lagi semakin basah kuyup suasana menjadi semakin seru dan semarak.

Menggunakan becak motor para pejabat forkopimda dan membaur bersama ribuan masyarakat lainnya berkeliling kota sembari ikut menyiram dan disiram air. Tak pelak mereka jadi sasaran tembak warga.

Bahkan Bupati Kepulauan Meranti H Muhammad Adil dan Kapolres AKBP Andi Yul Lapawesean Tendri Guling SIk MH menjadi korban hingga basah kuyup.

Penulis : Ali Imroen

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Harimau Sumatera.(ilustrasi/int)Harimau Sumatera Teror Warga Siak, BBKSDA Riau Beri Imbauan Penting
Jalan Mustika Pekanbaru.(foto: int)Jalan Mustika Pekanbaru Segera Berlaku Satu Arah, Ini Skemanya
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Tak Sekedar Ganti Nama Jadi PSPS Pekanbaru, Muflihun: Manajemen Usulan Ganti Logo
Suzuki Jimny 5-Door di event IIMS 2024.(foto: istimewa)Antusiasme Tinggi Pengunjung IIMS 2024 Terpikat Jimny 5-Door dan Unit Hybrid Suzuki
Pusat Kuliner Kelapa Gading ditutup Pemkab Inhil.(foto: mcr)Banyak Warung Remang-remang, Pemkab Inhil Tutup Pusat Kuliner Kelapa Gading
  Polda Riau sebar foto dan identitas buronan pemilik 640 butir pil ekstasi.(foto: tribunpekanbaru.com)Sebar Foto dan Identitas, Polda Riau Buru Pemilik 640 Ekstasi di Pekanbaru
Jalan rusak di Pekanbaru diserahkan ke Pemprov Riau.(ilustrasi/int)Pemko Targetkan Serah Terima 36 Ruas Jalan di Pekanbaru ke Pemprov Rampung Maret 2024
Rider Gresini Ducati, Marc Marquez.(foto: int)Ini 3 Rider yang Masih Sulit Dikejar Marquez di MotoGP 2024
Pabrik Suzuki di Cikarang.(foto: int)Suzuki Siap Produksi Model Baru di Indonesia, Jimny 5 Pintu Masuk Daftar?
Event HSMS 2024 di Living World Pekanbaru dari Capella Honda Riau.(foto: mg1/halloriau.com)Jangan Lewatkan Ragam Promo Capella Honda Riau di HSMS 2024 Living World Pekanbaru
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Banjir di Pekanbaru, Pemilik Kendaraan Dorong Mobil di Jalan Jembatan Siak 4
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved