www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Perayaan Imlek 2574 Kongzili di Kota Selatpanjang Meriah, Kamar Hotel Penuh Diserbu Pengunjung
Minggu, 22 Januari 2023 - 20:00:31 WIB

SELATPANJANG - Keberadaan sejumlah hotel di Kota Selatpanjang ternyata belum mampu untuk memenuhi kebutuhan penginapan para pengunjung saat perayaan imlek. Bahkan kamar-kamar hotel ini sudah diboking sejak dua minggu menjelang perayaan Imlek 2574 Kongzili atau 2023 masehi.

Pantauan wartawan di Kota Selatpanjang, mulai dari beberapa hotel berbintang, seperti Grand Meranti Hotel, Indo Baru Hotel, Red 9 sampai Furama Hotel, Lily Hotel, maupun Diva Hotel yang terhitung lama beroperasi, semuanya telah habis terisi dan diboking oleh pengunjung. Begitu juga dengan hotel kelas melati lainnya.

Plt Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Juwita Ratna Sari, menyebutkan jumlah tamu hotel meningkat drastis saat ivent-ivent tertentu, terutama saat perayaan imlek.

''Informasi yang kami terima dari Persatuan Perhotelan dan Restoran Indonesia (PHRI), kamar hotel mulai banyak di-booking jelang perayaan Imlek, sekarang sudah penuh,'' katanya. 

Dikatakan, memang setiap tahun baru Cina, Festival Perang Air, kata dia, selalu menjadi pemikat kedatangan wisatawan karena tak lazim ditemui di tempat lain.

Festival itu berlangsung enam hari berturut-turut. Masyarakat berkumpul di pinggir jalan dan sebagian mengelilingi kota Selatpanjang dengan becak roda tiga sebagai alat transportasi. Mereka saling siram air dengan menggunakan segala bentuk wadah yang dianggap aman.

Festival Perang Air dalam perayaan Imlek di Kota Selatpanjang dari tahun ke tahun terus menjadi sorotan warga etnis Tionghoa belahan dunia dan wisatawan luar negeri. Apalagi momentum ini kembali menjadi sorotan karena dua tahun tak digelar karena pandemi. 

Sejak Sabtu (21/1/2023) malam suasana malam pergantian tahun baru cina itu tetap berlangsung ramai. Walau sesekali suasana malam diguyur hujan petasan tetap terdengar meriah diberbagai lokasi.

Pada Minggu (22/1/2023), mulai pagi hari masyarakat Tionghoa nampak ramai mendatangi kelenteng untuk melakukan sembahyang.

Salah satu klenteng yang ramai dikunjungi adalah Kelenteng Hoo Ann Kiong (Sejahtera Sakti) di Jalan Ahmad Yani, Selatpanjang. Mereka melaksanakan ritual sembahyang untuk Dewa Tua Pek Kong.

Klenteng ini diyakini sebagai klenteng tertua di Riau dan menjadi ikon sejarah masyarakat Tionghoa di Selatpanjang.

Kegiatan sembahyang hari pertama imlek ini terlihat lebih difokuskan warga tionghoa di Kelenteng Hoo Ann Kiong dengan membakar hio dan bersujud pada patung dewa-dewi.

Tidak hanya itu mereka juga melakukan tradisi Fang Shen atau melepas burung. Umat konghucu yakin melepaskan burung bisa mendatangkan kebaikan dalam hidup mereka.

Kemeriahan Imlek bukan saja di lokasi tempat ibadah. Berbagai hiasan dari lampion dan pernak-pernih Imlek tampak terlihat di sejumlah ruas jalan di kota Selatpanjang.

Bagaimana tidak memeriahkan Imlek tahun ini, Pemerintah kabupaten juga melombakan lampion di Selatpanjang dan akan diumumkan pada tanggal 26 Februari malam pada saat ramah tamah di rumah dinas Bupati Kepulauan Meranti.

''Festival Perang Air ini seperti jadi penantian. Karena dua tahun tak digelar karena Covid-19. Jadi tahun ini kembali dilaksanakan sehingga potensi kunjungan membludak,'' ujarnya.

Hal yang sama dikatakan salah satu tokoh masyarakat Tionghoa Selatpanjang, Tjuan An. Dia mengatakan perayaan Imlek tahun ini di Kota Selatpanjang berlangsung sangat meriah.

"Akan lebih meriah dari tahun lalu. Karena memang tak ada lagi pembatasan karena Covid-19. Kalau tahun lalu kita masih dihantui oleh pandemi, tahun ini tidak lagi. Pada tahun dengan shio kelinci air ini menjadi tahun harapan setelah melalui bencana penyakit itu,” ungkap tokoh masyarakat Tiong Hoa setempat Tjuan An, Minggu (22/1/2023).

Bahkan untuk tahun ini ia memastikan tingkat kunjungan Imlek di Kepulauan Meranti meningkat tajam dari tahun lalu. Apalagi dari data himpunan yang ia terima, seluruh kamar penginapan di daerah tersebut telah terisi penuh.

“Berbeda dari tahun sebelumnya. Hotel itu sudah tidak bisa lagi kita pesan. Sudah penuh semua,” ujarnya.

Wakil Ketua Yayasan Vihara Sejahtera Sakti, Suardi mengatakan Sejak awal tahun kemeriahan menyambut Tahun Baru Imlek sudah sangat terasa di kota sagu ini.

"Setelah pemerintah mencabut PPKM pada 30 Desember, kita lihat Imlek hari pertama ini di Klenteng Vihara Sejahtera Sakti ini cukup ramai," ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan pada hari pertama Imlek ini masyarakat dari luar daerah cukup ramai datang ke Selatpanjang untuk merayakan Imlek.

Dirinya berharap melalui perayaan Imlek ini, aktivitas masyarakat bisa kembali normal seperti sebelum pandemi dan bisa terbebas dari segala bentuk bencana.

"Harapan kita di tahun 2023 ini kita bisa terbebas Daria segala bencana dan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," pungkasnya.

Sementara itu Manager Grand Meranti Hotel, Hendri mengatakan seluruh kamar telah habis terpesan sejak Imlek bahkan pihaknya harus menolak banyak tamu karena keterbatasan kamar yang dimiliki.

"Sudah habis semua dipesan. Banyak tamu yang belum bisa kami layani," ujarnya, saat dikonfirmasi.

Salah seorang pengunjung dari Kota Batam, yang sengaja datang ke Selatpanjang untuk menyaksikan perayaan Imlek, mengaku kesulitan mendapatkan kamar hotel maupun penginapan.

"Semua hotel yang kami masuki sudah penuh," keluhnya.

Ia mendapat informasi bahwa perayaan Imlek di Kota Selatpanjang sangat meriah dengan beragam tradisi tionghoa, namun karena ramainya pengunjung yang datang cukup menyulitkan khususnya ketersediaan hotel.

Setiap tahunnya jumlah pengunjung yang datang ke Selatpanjang ditambah jumlah warga Tionghoa di luar daerah saat perayaan imlek mencapai ribuan orang.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul Lapawesean Tendri Guling SIk MH mengatakan bahwa dari hasil pengamanan dilaporkan jumlah penumpang kedatangan telah mengalami kenaikan dengan jumlah total penumpang dari tanggal 15 Januari 2023 sampai dengan hari ini mencapai sekitar 9.500 orang.

"Jadi pengamanan yang dilakukan sebagai bentuk kehadiran Polri dan TNI serta instansi lainnya dalam menciptakan keamanan dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2574 Konzili atau 2023 Masehi," sebut AKBP Andi Yul.

Sementara itu, Kepala KSOP Selatpanjang melalui Kabid Keselamatan Pelayaran, Ade Kurniawan mengatakan untuk arus mudik sejauh ini sudah mencapai 9.000 orang lebih.

"Sampai pada hari ini diperkirakan akan bertambah 9.000 lebih kedatangan penumpang," bebernya.

Penulis : Ali Imroen

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Wahana Kereta Wisata di Siak.(foto: meri/halloriau.com)Bawa Wisatawan Keliling Kota Siak, Kereta Wisata 'Panen' saat Libur Lebaran
Pasar induk.(ilustrasi/int)Pasar Induk Segera Beroperasi, Ini Respon DPRD Pekanbaru
Tol di Riau.(foto: mcr)Hingga Lebaran H+2, Hampir 28 Ribu Kendaraan Melintas di 3 Tol di Riau
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto (foto/Yuni)Meski Tanggal Merah, Pj Gubri Minta Pelayanan di Riau Tetap Optimal
Ilustrasi MotoGP Amerika, lintasan Austin, Texas (foto/int)Jadwal MotoGP Amerika 2024: Balapan Sengit Dini Hari di Austin Texas
  Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.(foto: int)Pj Walikota Pekanbaru Siapkan Sanksi untuk ASN yang Tambah Libur Lebaran
Cosplay Transformers jadi favorit pengunjung Lapangan Gedung Maharatu Siak untuk berfoto.(foto: meri/halloriau.com)Robot Transformers Jadi Spot Foto Favorit di Lapangan Gedung Maharatu Siak
Arus pemudik di Pelabuhan Sungai Duku, Pekanbaru tinggi saat momen Lebaran 1445 H (foto/Dini)Aktivitas Masih Tinggi, Puncak Arus Balik di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru Diprediksi H+3
Sky Walk berseberangan dengan pusat wisata Siak (foto/Meri)Sky Walk Jembatan Kaca Wisata Populer Siak yang Wajib Kamu Datangi
Ilustrasi curah hujan di momen libur panjang Lebaran Idulfitri (foto/int)Mau Pergi Wisata di Libur Lebaran? Ini Prakiraan Cuaca Pekanbaru dan Sekitar
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved