www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Hal yang Tidak Membatalkan Puasa, Tapi Menghapus Pahala Berpuasa
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Pemborosan Anggaran, H Adil Akan Rampingkan OPD dan Singkirkan Ratusan Pejabat Struktural
Jumat, 26 Februari 2021 - 20:18:35 WIB
Bupati Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil
Bupati Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil

SELATPANJANG - Setelah beberapa jam dilantik, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti terpilih, H Muhammad Adil dan H Asmar akan segera menyusun sejumlah program dan akan mengeksekusinya dimulai pekan depan.

"Secepatnya kita kerja, kita sudah komitmen dengan pak Asmar hari Senin kita sudah mulai kerja dan kita akan laksanakan 7 program strategis yang pernah saya janjikan kepada masyarakat," kata H Muhammad Adil, Jum'at (26/2/2021).

Mantan anggota DPRD Propinsi Riau itu akan mengumpulkan sejumlah pejabat OPD untuk dilakukan evaluasi terhadap kinerja. Yang dianggap tidak bisa mendukung programnya, maka akan diganti.

"Senin depan itu kita akan ada upacara, disana ada pengarahan dan selanjutnya kita akan melakukan rapat dengan OPD seluruhnya yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti. Disitu kita mau evaluasi kinerja, mana yang mau diganti mana yang tidak, mana yang mau di Plt kan, mana yang tidak. Karena saya sudah berjanji kepada masyarakat begitu dilantik, saya akan melaksanakan tugas dan fungsi saya, dan saya tidak akan banyak- banyak, yang jelas saya tidak akan lari dari 7 program strategis itu," kata Adil lagi.


Dikatakan Adil, dirinya juga berencana untuk merampingkan organisasi perangkat daerah (OPD) dan mengurangi ratusan pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Sebab, OPD dan pejabat struktural yang terlalu banyak, dianggap pemborosan anggaran. Menurut dia, jika OPD dan pejabat dirampingkan, maka akan bisa menghemat anggaran daerah.

Perampingan atau penyusutan OPD menjadi salah satu langkah revolusioner dari pasangan Adil-Asmar peraih suara terbanyak pada Pilkada Kabupaten Kepulauan Meranti tahun 2020 lalu.

Restrukturisasi tersebut adalah bagian dari spirit untuk mempercepat langkah dan pelaksanaan beberapa program prioritas. Serta untuk memastikan pelayanan publik yang efektif dan efisien.

"Di lingkungan pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti itu ada 688 pegawai struktural nanti kita akan kecilkan menjadi 300 berarti ada 388 orang yang akan tersingkir dari pejabat struktural itu. Selain itu sebanyak 35 OPD yang ada nanti kita jadikan hanya 16 OPD saja, perampingan ini dilakukan supaya memang betul-betul kerja dan nanti kita  juga akan bangun smart city di Meranti. Kita tidak mau lagi OPD itu netek di APBD, OPD yang netek di APBD akan kita tutup, tunggu saja tanggal mainnya," tegas Adil.

Adapun sistem pelayanan yang akan disuguhkan kepada masyarakat kedepannya diterapkan dengan sistem digitalisasi dan pejabat terkait dituntut untuk memahami hal tersebut.

"Kerja itu nantinya masyarakat tidak perlu harus datang ke kantor, sekarang kita sudah ada teknologi dan sistem jadi nanti akan ditunjang oleh sumber daya manusia di Meranti makanya warga termasuk PNS wajib tahu tentang IT dan teknologi, saya yakin dalam waktu 2-3 bulan ini akan ada perubahan, kalau tidak bisa berubah saya yakin dan percaya saya akan Plt kan pejabat tersebut," ujarnya.

Adapun capaian target menjalankan 7 program strategis itu akan dilaksanakan secepat mungkin. Dimana untuk menciptakan lapangan kerja akan diciptakan ribuan pengusaha UMKM.

"Kita akan menciptakan 9.500 usahawan, langkah itu dilakukan untuk mengangkat taraf hidup orang banyak, karena kita tahu lapangan kerja disini memang susah. Makanya kita bangun UMKM sebanyak-banyaknya. Target kita untuk APBD perubahan ini paling sedikit 1.000 orang dan mungkin bisa sampai 2.000 orang UMKM yang selanjutnya akan kita lakukan pelatihan," ujarnya.

Ditambahkan H Adil, pihaknya juga akan memarger sejumlah sekolah tingkat SD dan SMP yang jumlah siswanya sangat sedikit.

"Nanti kita akan memarger sekolah tingkat SD dan SMP yang masih sedikit siswanya dan kita akan gunakan gedung yang tidak terpakai itu menjadi tempat anak-anak muda berinovasi  bagaimana anak muda di Meranti menjadi pengusaha, apalagi sekarang kan usahanya lewat online dan itu juga ada pelatihannya. Nanti kita akan banyakkan uang APBD perubahan itu disana supaya pemuda-pemuda Meranti tidak terpuruk lagi dan harus kuat menghadapi masa covid-19. Saya harus berpikir dalam masa pandemi Covid-19 ini apa yang harus saya lakukan untuk anak muda di Meranti supaya bangkit," ujarnya lagi.

Untuk program beasiswa, Adil menargetkan ada 5 ribu mahasiswa yang akan menerimanya. Dimana sudah ditargetkan dana yang akan digelontorkan sebanyak Rp12, 5 miliar.

"Untuk beasiswa saya yakinkan untuk 5.000 orang kita targetkan uangnya paling sedikit Rp12,5 miliar, kalau BPKAD nggak bisa nyari duit aku ganti nanti. Kalau untuk program sapi secepatnya akan dibagikan dan untuk sepeda, anggaran APBD perubahan sudah clear semuanya. Kita targetkan semuanya itu minimal di APBD perubahan dan maksimalnya di APBD 2022, tanggal 1 itu sudah selesai semuanya," ungkap Adil.

Untuk dukungan di DPRD, Adil berkeyakinan wakil rakyat itu mau mendukung program yang dilaksanakannya.

"Kalau untuk dukungan DPRD saya yakin kawan-kawan di dewan itu ingin perubahan, ingin masyarakatnya cerdas dan sehat. Dan saya yakin semuanya  mendukung kita, yang jelas bagi saya visi dan misi ini selagi masih memenuhi dan sesuai dengan aturan hukum, maka akan saya jalankan dan siapapun yang menentang di depan pasti akan saya lewati, saya tidak takut, karena masyarakat ada dibelakang saya," pungkasnya.

 

Penulis: Ali Imroen


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti saat mengunjungi fakultas Kedokteran UNRIIngin Jadi Dokter, Pemkab Kepulauan Meranti Siapkan Beasiswa ke UGM dan UNRI
Suasana Safari Akademik Program Pascasarjana Universitas Islam Riau dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti di Selatpanjang pada Senin pagi (22/02 2021).Pascasarjana UIR Safari Akademik ke Pemkab Meranti
Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti, H KamsolPemkab Meranti Upayakan Bayar TPP dan Gaji Honorer 2020 Melalui APBD 2021
Petugas Satpol-PP Kepulauan Meranti saat berkoordinasi dengan salah satu pihak pengusaha hiburan untuk dilakukan penutupan jelang tahun baru, beberapa waktu lalu.Pemkab Meranti Tutup Semua Tempat Hiburan dan Objek Wisata
Acara salam-salaman antara jajaran Forkopimda Pemkab Kepulauan Meranti dan masyarakat. Peringati Hari Jadi di Masa Pandemi, Pemkab Meranti Gelar Zikir dan Doa Bersama
  Kendaraan dinas dikumpulkan di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti untuk dicek fisikAkan Dicek Fisik, Seluruh Kendaraan Dinas Apel di Kantor Bupati Kepulauan Meranti
Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir menandatangani prasasti peresmian Puskesmas Bandul, Tasik PutripuyuBupati Irwan Nasir Resmikan Dua Puskesmas Megah
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kepulauan Meranti, AlizarBanyak Kepala OPD Definitif di Pemkab Meranti Tanpa Tahapan Assessment
Anggota DPR RI, H Achmad (kiri) didampingi Bupati Irwan (kanan) di tempat pembangunan Rumah Tahfiz Insan Qurani dan Panti Asuhan Zainab Selatpanjang. Foto: Humas Pemkab MerantiBupati Meranti dan Anggota DPR Letak Batu Pertama Pembangunan Rumah Tahfidz Alquran
Desa Mengkopot, Kecamatan Tasik Putripuyu, mendapatkan 4 unit RLH.Desa Mengkopot Terima 4 Unit RLH, Kades Berharap Pemkab Meranti Bangun Infrastruktur Lainnya

BERITA LAINNYA    
ilustrasiHal yang Tidak Membatalkan Puasa, Tapi Menghapus Pahala Berpuasa
ilustrasiBegini Nikmat Dahsyatnya Bersedekah
ilustrasiTips Menjalani Ibadah Ramadan di Tengah Pandemi
Habib Rizieq Emosi Pertanyaannya Dipotong Jaksa: Saya Bertanya Fakta!
Polres Pelalawan Gulung Sindikat Pembobol Brankas Antar-Provinsi dan Kabupaten
  Showroom Honda Soekarno Hatta di PekanbaruPenjualan Honda Melejit, HR-V Tertinggi
ShioRamalan Shio Hari Ini, Orang-orang yang Lahir di Tahun Ini Bakal Beruntung
Tak Hanya Kaya Vitamin, Nanas Sangat Baik untuk Kecantikan Kulit
Puluhan Orang Terjaring Razia Prokes Covid-19 di Rohil
Ditpolair Polda Riau Turunkan Tim Evakuasi Warga Terdampak Banjir
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved