www.halloriau.com


BREAKING NEWS :
LKPJ Pekanbaru Masuk Tahap Pembahasan Pansus, OPD Mulai Dikupas
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 


Pemkab Kepulauan Meranti Gelar Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana 2022
Senin, 28 November 2022 - 21:01:15 WIB

SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti H.Muhammad Adil, SH, MM pimpin Apel Kesiapsiagaan Tanggap Bencana Tahun 2022 di Halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti, Senin (28/11/2022).

Hadir dalam apel tersebut, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Andi Yul Lapawesean Tendri Guling SIk MH, Danramil 02 Tebingtinggi Kapten Arh. Isnanu, Sekretaris Daerah Bambang Suprianto, dan kepala OPD, Basarnas dan pihak lainnya.

Apel tersebut juga diikuti oleh seluruh perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kepulauan Meranti diantaranya PT RAPP, Emp PT ITA, PT SRL dan PT NSP.

"Apel ini sebagai bentuk kesiapan dan antisipasi terhadap kemungkinan bencana yang akan terjadi," kata Adil.

Adapun bencana seperti banjir yang sering terjadi di musim hujan, kata Bupati, telah terjadi di Kepulauan Meranti. Seperti yang terjadi di beberapa desa di Kecamatan Rangsang Barat belum lama ini. Kondisi itu juga diperparah oleh kondisi pasang air laut.

"Untuk itu, apel ini dimaksudkan menguji kemampuan dan keterampilan dalam mobilitas sumber daya serta pengoperasian sarana dan prasarana penanggulangan bencana," ungkapnya.

Lebih jauh Adil berharap, berkumpulnya seluruh stake holder dalam apel itu bukan hanya seremoni belaka. Akan tetapi menjadi manifestasi kesiapan pemerintah daerah, TNI, Polri serta berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana.

Apel siaga bencana ini juga merupakan salah satu bentuk Koordinasi, kekompakan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi bencana di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti. Apalagi di tahun ini musim penghujan diperkirakan akan naik.

Dalam kegiatan apel tersebut juga dilaksanakan pengecekan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh masing-masing instansi yang dapat menunjang kegiatan penanganan bencana alam.

"Kita menyadari bencana alam tidak dapat ditolak, tapi lebih penting bagaimana meminimalisir dampak dengan mitigasi yang tepat" tambahnya.

"Berikan informasi kepada warga, khususnya yang berada di kawasan rawan," pinta Bupati Meranti itu.

Sementara itu, Kapolres AKBP Andi Yul mengatakan sinergitas semua pihak, pemerintah daerah, TNI dan Polri, serta perusahaan maupun elemen masyarakat diperlukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana. Saling membantu apabila terjadinya bencana alam, terutama banjir di musim penghujan ini.

"Diharapkan nantinya semua pihak terkait bersinergi mengambil keputusan untuk meminimalisir kerugian materi ataupun jiwa apabila terjadi bencana alam," ucapnya usai apel.

Kapolres juga berpesan agar peralatan untuk penanganan bencana yang ada tetap di rawat. Sehingga, apabila terjadi bencana alam dapat digunakan dan berfungsi dengan baik.

Di tempat terpisah, Stakeholder Relation Manager RAPP Susilo Sudarman mengatakan perusahaan memiliki komitmen yang tinggi mendukung pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla.

Untuk pencegahan, kata Susilo APRIL menjalankan program Desa Bebas Api (Fire Free Village) Tahun 2015 lalu dan selama 8 tahun berjalan mendapatkan hasil yang cukup signifikan bagi pencegahan Karlahut di wilayah Kepulauan Meranti.

"Secara teknis kami menyediakan kru leader di setiap desa yang akan memantau dan mengkoordinasikan kepada perusahaan maupun stakeholder lainnya bila terjadi kebakaran," katanya.

Sedangkan untuk penanggulangan, APRIL mengiventasikan sebesar 9 juta dollar AS untuk perlengkapan dan peralatan pemadaman. Saat ini APRIL memiliki sebanyak 2.275 tim pemadam Karhutla yang terdiri dari 1.155 tim inti, 640 tim cadangan 480 MPA.

"Kita juga memiliki menara pantau dan CCTV di area konsesi yang memonitor selama 24 jam di Pusat Komando Karhutla atau Fire Command Center di Pangkalan Kerinci. Selain itu, tim juga berpatroli secara reguler baik melalui darat, udara maupun air," jelas Susilo.(*)

   


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Sekdako Pekanbaru, Indra Pomi Nasution.(foto: int)LKPJ Pekanbaru Masuk Tahap Pembahasan Pansus, OPD Mulai Dikupas
Salah satu baliho bakal calon Gubernur Riau yang dipasang di simpang empat Arentka, Rabu (17/4/2024) (foto:rinai/halloriau) Jelang Pilkada, "Perang" Baliho Bakal Calon Kepala Daerah Mulai Terlihat di Pekanbaru
ICDX Bursa Indonesia.(foto: istimewa)Konflik Iran-Israel Tidak Goyahkan Kinerja Bursa Komoditas Indonesia
Kampus Prodi Doktor Sains Manajemen UIR.(foto: istimewa)UIR Hadirkan Program Doktor Sains Manajemen
Ilustrasi harga TBS naik di Riau (foto/int)Harga TBS Sawit Mitra Swadaya di Riau Nyaris Rp3 Ribu/Kg
  Payung elektrik Masjid Raya Annur Riau rusak karena tak sesuai spek (foto: tribunpekanbaru.com)Terbukti Tak Sesuai Spek, Proyek Megah Payung Elektrik Masjid Raya Annur Riau Hancur
Man City Vs Real Madrid.Prediksi Man City Vs Real Madrid: The Citizens Menang Tipis
Lonjakan arus kendaraan di Tol Riau sepanjang musim mudik dan balik lebaran.(foto: mcr)416.007 Kendaraan Melintas di Tol Riau Saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024
Cabai merah keriting turun di Pekanbaru (foto/int)Cabai Merah Turun Jadi Rp25 Ribu/Kg, Ini Harga Sembako di Pekanbaru Pasca Lebaran
Pembiayaan gadai emas lebih murah di BRK Syariah (foto/ist)Pembiayaan Gadai Emas Lebih Murah di BRK Syariah, Ujrahnya Hanya Rp6.000 per Gram
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Sepanjang Jalan Rajawali Rusak Parah
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2024 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved