www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Dua Tahun Tutup Akibat Covid-19, Trayek Selatpanjang - Batu Pahat Malaysia Kembali Dibuka
Jumat, 23 September 2022 - 06:54:54 WIB
Ferry Pintas Samudra 8 yang akan melayani trayek Selatpanjang-Batu Pahat, Malaysia.
Ferry Pintas Samudra 8 yang akan melayani trayek Selatpanjang-Batu Pahat, Malaysia.

SELATPANJANG - Setelah 2 tahun tak beroperasi, Pelabuhan Tanjung Harapan, Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti akan kembali melayani pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Pelayaran internasional rute Malaysia dengan trayek Selatpanjang - Batu Pahat itu direncanakan dibuka pada awal bulan Oktober mendatang, setelah dua tahun lamanya ditutup akibat pandemi.

Kepala seksi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Kepelabuhan, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Selatpanjang, Ade Kurniawan membenarkan hal tersebut, menurutnya trayek Selatpanjang tujuan Kukup, Batu Pahat, Malaysia diusulkan untuk kembali dibuka karena didasari oleh keinginan penyedia angkutan atau armada laut.

Terkait hal itu, pihaknya juga sudah melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait seperti Pelindo, Imigrasi, KKP dan Beacukai untuk mempersiapkan segala sesuatunya.

"Terhadap hal ini kita sudah melakukan rapat koordinasi dengan pihak terkait, untuk mematangkan segala sesuatu dan kesiapan masing-masing pihak, nanti akan kita laksanakan lagi rapat lanjutan," kata Ade, Kamis (22/9/2022).

Dikatakan Ade, fasilitas keberangkatan Internasional di Pelabuhan Tanjung Harapan secara umum masih dalam keadaan baik seperti suplai listrik untuk mendukung operasi peralatan lebih dari cukup. Kemudian instrumen lainnya seperti X-ray, pemindai suhu, dan fasilitas lainnya sudah ada dan siap dioperasikan.

Sementara itu pihaknya juga sedang mempersiapkan trayek dan melakukan pemeriksaan terhadap kapal beserta fasilitas penunjang.

Adapun kapal yang menjadi armada keberangkatan ke Malaysia itu nantinya adalah Ferry Pintas Samudra 8 yang menggantikan Kapal Elugco Express 99 yang melayani rute dari pelabuhan Selatpanjang Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Meranti menuju pelabuhan Minyak Beku di Batu Pahat, Malaysia.

Pengganti kapal itu menyusul setelah adanya larangan pengoperasian kapal yang terbuat dari fiberglass di laut lepas.

"Sebelumnya ada Elugco Express 99, namun aturan baru kapal pelayaran Internasional itu harus besi dan tidak boleh lagi fiber," ujarnya.

Ditambahkan Ade, dengan dibuka jalur ini akan lebih efisien dan mempermudah masyarakat. Apalagi banyak kemudahan yang diperoleh wisatawan mancanegara yang ingin berkunjung ke Kepulauan Meranti.

Dimana dorongan warga Kepulauan Meranti ke Malaysia maupun sebaliknya secara psikologis sudah lama terbangun, namun tertahan akibat Covid-19.

"Banyak warga Malaysia yang memiliki keluarga disini begitu juga sebaliknya, dengan adanya jalur ini nantinya mereka dapat melepas kerinduan, begitu juga bagi mereka yang ingin bekerja," pungkasnya.

Sementara itu pihak Jasa pelayaran PT Putri Riau Sejati yang menaungi armada Ferry Pintas Samudra 8 mengatakan kapal tersebut ditargetkan akan beroperasi pada awal bulan Oktober 2022. Saat ini mereka sedang disibukkan mengurus izin trayek.

"Ditargetkan beroperasi awal bulan, maunya pemilik kapal ini kan secepatnya, namun ada kendala yakni kita diharuskan membuka izin pelabuhan untuk pelayaran internasional di Jakarta. Karena semenjak covid, status pelabuhan itu ditutup, jadi kita harus mengurus itu terlebih dahulu. Selain itu kita juga akan ada rapat koordinasi lanjutan untuk membahas berbagai persiapan," kata pengurus Jasa pelayaran PT Putri Riau Sejati, Junizar.

Dikatakan Ferry Pintas Samudra 8 berkapasitas 120 penumpang. Dimana sebelumnya kapal tersebut melayani rute Batam- Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Batam Center, sedangkan di Malaysia, berangkat dan tiba melalui Pelabuhan Stulang Laut, Johor Bahru.

Penulis : Ali Imroen

  Berita Terkait

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
Polres Bengkalis Gagalkan “Penyelundupan” 43 Warga Bangladesh ke Malaysia
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menandatangani KUA-PPAS APBD Perubahan Pekanabru tahun anggaran 2022.(foto: int)Tak Ingin Tunda Bayar, APBD Perubahan Pekanbaru 2022 Turun Rp60 Miliar
Kondisi rumah korban sudah dipasangi garis polisi oleh Polres Kuansing.(foto: ultra/halloriau.com)Breaking News: Honorer Kantor Camat Pangean dan Ibunya Ditemukan Tewas Bersimbah Darah
Bupati Meranti, H M Adil melakukan MoU PPID Meranti.(foto: istimewa)Bupati dan OPD Pemkab Meranti MoU Dorong Keterbukaan Informasi Publik
Pembukaan sosialisasi PMK di Kabupaten Kepulauan MerantiSosialisasi Cegah PMK dibuka Kalaksa BPBD Riau, Meranti masih Zero Case
  Jasad honorer Camat Pangean dan ibunya yang ditemukan tewas.(foto: ultra/halloriau.com)Ayah Honorer Kantor Camat Pangean Masih Dirawat di Arab Saudi
Bupati Bengkalis Kasmarni membuka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan.(foto: zulkarnaen/halloriau.com)Sempat Hujan, Bupati Kasmarni Buka MTQ ke-27 Kecamatan Bantan
Syafrudin IputSyafrudin Iput Nyatakan Siap Maju Jadi Calon Bupati Rohil
Ketua DPC Gerindra Rohil Syafrudin IputSyafrudin Iput Ungkap Dua Syarat Utama Caleg yang Diusung Gerindra
Ketua PWI Riau Zulmansyah SekedangKetua PWI Riau: Anggota Muda yang Tak Ikut UKW Kartunya Tak Bisa Diperpanjang
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kontraktor IPAL Mulai Rekondisi Jalan
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved