www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Pemkab Rohil Gelar Resepsi Kenegaraan dan Syukuran HUT ke-77 RI
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Praja IPDN Asal Kepulauan Meranti Jalani Masa Orientasi ke Papua
Selasa, 02 Agustus 2022 - 16:20:09 WIB
Praja IPDN asal Kepulauan Meranti, Ahmad Maulana bertemu Mahmuzin Taher
Praja IPDN asal Kepulauan Meranti, Ahmad Maulana bertemu Mahmuzin Taher

SELATPANJANG - Seorang Praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) asal Kabupaten Kepulauan Meranti, Ahmad Maulana mendapatkan tugas menjalani masa orientasi penyebaran pendidikan selama 1 tahun di Kecamatan Sentani Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Dengan ditemani seniornya yang bertugas sebagai ASN di Pemkab Kepulauan Meranti, Ahmad Maulana pernah bertemu kepada Bupati H Muhammad Adil SH MM.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati juga memberikan motivasi kepada Maulana untuk dapat mengikuti seluruh rangkaian pendidikan dengan penuh tanggung jawab dan diharapkan setelah lulus nantinya dapat mengabdi di Kabupaten Kepulauan Meranti yang saat ini sangat membutuhkan ASN yang profesional dan tangguh. 

Untuk diketahui, Ahmad Maulana berasal dari keluarga kurang mampu di Desa Tanjung, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Ahmad Maulana merupakan satu-satunya anak di Kabupaten termuda di Riau ini yang lulus tes masuk di IPDN.

Berasal dari latar belakang keluarga kurang mampu dengan ayah berprofesi sebagai petani karet, membuat dirinya nekat mengambil peluang tes.

Kendati demikian, walaupun dalam kondisi keuangan keluarganya yang serba minim tidak membuatnya patah semangat dan mudah menyerah pada keadaan.

Dalam mencukupi kebutuhannya sehari-hari tanpa menyusahkan kedua orang tuanya, dulunya Ahmad Maulana bekerja sebagai satu kurir di salah satu jasa ekspedisi barang di Kota Selatpanjang. Itu dia lakukan semua demi untuk melanjutkan impiannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Setelah mengikuti seleksi yang ketat hingga dinyatakan lulus di lembaga pendidikan tinggi milik pemerintah yang bergerak di bidang kepamongprajaan itu.

Awalnya, Ahmad pernah mencoba mendaftar menjadi seorang Praja IPDN. Namun sayangnya, pada kesempatan pertamanya ini, Tuhan belum mengizinkan ia untuk menimba ilmu di Kampus Jatinangor. Kegagalannya ini, kembali tidak membuat dirinya patah semangat dan menyerah.

Sambil bekerja, kata Maulana dirinya tidak putus asa untuk mengikuti perkembangan informasi penerimaan seleksi di IPDN.

Maulana menceritakan, dalam kesehariannya sebelum berangkat kerja dan sore harinya setelah pulang bekerja dilanjutkan berolahraga dengan melakukan Jogging dan pada malam harinya dimanfaatkan belajar dan mencari informasi seleksi penerimaan di IPDN.

"Sebelum pergi kerja dan setelah pulang kerja saya Jogging dan malam harinya saya manfaatkan belajar dan mencari informasi seleksi penerimaan di IPDN. Saya juga belajar melalui Youtube dan Instagram untuk membahas tahapan seleksi IPDN," ungkapnya.

Diceritakan, tahap awal seleksi IPDN, dari 900 an peserta yang mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di BKN Provinsi Riau hanya 70 peserta yang lolos SKD dengan nilai tertinggi yang akan melanjutkan seleksi selanjutnya.

Selanjutnya, tahapan seleksi Psikotes, Maulana kembali dinyatakan lulus masuk bersama 34 peserta yang selanjutnya akan mengikuti tahapan pantukhir (pemantauan terakhir).

Disana ia harus mengikuti verifikasi faktual administrasi kemudian mengikuti tes kesehatan tahap II dengan menyelesaikan 566 soal jawab tes Kejiwaan dan wawancara.

Akhirnya pada tahun 2021, Ahmad Maulana dinyatakan lulus setelah menyelesaikan tahapan seleksi dan mendapatkan beasiswa tanpa biaya pendidikan sebagai calon Praja IPDN dari 26 putra putri terbaik mewakili Provinsi Riau yang akan melanjutkan pendidikan di IPDN Jatinangor.

Penulis : Ali Imroen


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Pemkab Rohil menggelar malam resepsi kenegaraan dan syukuran HUT ke-77 RI (foto/zal)Pemkab Rohil Gelar Resepsi Kenegaraan dan Syukuran HUT ke-77 RI
Komisaris Utama PT KPI, Triharyo Indrawan Susilo, kunjungi kilang RU Dumai baru-baru ini (foto/bam)Kinerja PT KPI Dumai Semester I 2022 Capai Target
Paripurna DPRD Pekanbaru akan pengesahan Ranperda BPHTB dan Ranperda Perempuan dan Anak (foto/int)Ranperda BPHTB Serta Ranperda Perempuan dan Anak Bakal Disahkan Agustus Ini
Tingkatkan Rasa Nasionalisme, PT KPI Dumai Gelar Upacara Peringati HUT ke-77 RI (foto/int)Tingkatkan Rasa Nasionalisme, PT KPI Dumai Gelar Upacara Peringati HUT ke-77 RI
HUT ke-77 RI dan Riau ke-65 tahun, Pemko Pekanbaru gelar lomba Gerak Jalan Merdeka antar SMP dan SMA/SMK (foto/int)Puluhan SMP dan SMK/SMA Ikuti Lomba Gerak Jalan Merdeka
  Sekda Indragiri Hulu Inhu, Hendrizal beserta Forkopimda mengikuti penurunan bendera merah putih (foto/int)Pemkab Inhu Ikuti Penurunan Sang Saka Merah Putih Oleh Presiden Jokowi Secara Virtual
Rama pernah membanggakan Kabupaten Rokan Hilir khususnya Kecamatan Bagan Sinembah (foto/int)Siswi SMAN 2 Bagan Sinembah Juara Model Indonesia Ini Berikan Buket ke Panitia Karnaval
Pengelolaan Pasar Wisata Pasar Bawah tak kunjung diserahkan Pemko Pekanbaru ke pemenang lelang (foto/int)Diduga Salahi Aturan, Pemenang Lelang Pasar Bawah Terancam Batal
PT BSI umumkan rencana aksi korporasi melalui penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu I (foto/ist)BSI Akan Rights Issue, Terbitkan 6 Miliar Saham Baru
Gubri  Syamsuar bertindak selaku inspektur upacara pengibaran bendera di halaman kompleks kediaman Gubernur Riau, Rabu (17/8/2022).Gubri Jadi Inspektur Upacara Pengibaran Bendera di Tingkat Provinsi Riau
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Balai PPW Riau Semarakkan HUT ke-77 RI
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved