www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
H Adil Janjikan Gaji Naik Jadi Rp2 Juta, Namun Jumlah Pegawai Honorer Akan Dikurangi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Dikawal Polisi Bersenjata, 1.920 Vaksin Covid-19 Tiba di Kepulauan Meranti
Kamis, 28 Januari 2021 - 14:38:48 WIB
Vaksin Coronavac tiba di Pelabuhan Selatpanjang dan dikawal kepolisian bersenjata lengkap
Vaksin Coronavac tiba di Pelabuhan Selatpanjang dan dikawal kepolisian bersenjata lengkap

SELATPANJANG Sebanyak 1.920 vial vaksin Covid-19 Coronavac (Coronavac vaccine) tiba di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kamis (28/1/2021) siang.

Vaksin itu dikirim dengan pengawalan ketat anggota kepolisian bersenjata lengkap mulai dari Gudang Vaksin Dinas Kesehatan Provinsi Riau hingga sampai di Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pengiriman vaksin dan kelengkapan ini melalui perjalanan yang sangat panjang. Dibawa menggunakan mobil dari Pekanbaru menuju Tanjung Buton yang dijaga oleh petugas kepolisian, mulai dari Brimob, Ditlantas Polda Riau dan personel Polres Kepulauan Meranti. Selanjutnya vaksin diangkut menggunakan Speed boat menuju kota Selatpanjang yang juga dijaga ketat anggota kepolisian.

Begitu pun dengan iring-iringan mobil pembawa bulk vaksin itu yang juga dikawal oleh sejumlah polisi bersenjata di dalamnya. Penjagaan ini dilakukan agar vaksin tersebut dipastikan datang dengan selamat dan tidak ada kerusakan.

Untuk diketahui Vaksin dengan nama CoronaVac diproduksi oleh perusahaan bioteknologi asal China, yang bermarkas di Beijing. Tidak tanggung-tanggung, vaksin yang tiba ini harganya hampir menyamai harga NewPajero Sport Exceed. Dimana harganya Rp446.227.584.00 dengan harga satuannya yakni Rp2.324.102.

Kasi Jemen Ops Rekayasa Ditlantas Polda Riau, Kompol Efendi mengatakan pengiriman vaksin ini aman dan tidak ada kendala apapun baik di jalur darat maupun laut.

"Untuk pengamanan pengiriman vaksin ini melibatkan anggota sebanyak 8 orang, diantaranya 8 dari Brimob dan 3 dari Ditlantas Polda Riau. Perjalanan selama jam tidak ada kendala baik di darat maupun di laut. Penjagaan ini bukan apa-apa, ini dijaga agar vaksin tersebut selamat dan tidak rusak ketika datang. Penjagaan ini akan meminimalisir gangguan dalam perjalanan. Kita tahu bahwa vaksin ini harganya mahal," kata Efendi.

Penyerahan vakin Coronavac itu diserahkan langsung oleh Kepala Seksi Instansi Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Fitri Yani S.Si Apt kepada Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, dr Misri Hasanto, Juru Bicara Gugus Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri dan Kasat Sabhara Polres Kepulauan Meranti, AKP Ermanto.

"Kami harapkan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti bisa menerima vaksin ini dengan baik dan lapang dada. Dan mudah-mudahan bencana ini cepat berlalu dan kita bisa hidup dengan normal kembali," kata Said Hasyim.

Juru Bicara Gugus Gugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri mengatakan
selama berada di Instalasi Farmasi Dinkes, kata dia, suhu dari tempat penyimpanan akan dipantau, yakni berada di suhu dua hingga delapan derajat celcius.

"Kalau di sini kami memakai suhu 5 derajat celcius. Suhu ini akan terus dipantau oleh petugas," kata dia.

Dikatakan Fahri, selanjutnya akan melakukan pencanangan pemberian vaksin. Menurutnya, ada 10 orang Forkopimda yang akan menjadi penerima pertama pada pencanangan. Selanjutnya baru akan dilanjutkan dengan tenaga kesehatan.

"Kalau pencanangan tempat dan waktunya masih disiapkan. Sedangkan pelaksanaan untuk tenaga kesehatan akan dilakukan di setiap puskesmas dan rumah sakit," kata Fahri.

Dikatakan vaksinasi yang diberikan kepada role model adalah untuk memberikan rasa kepada masyarakat.

Di samping itu, penerima vaksin Covid-19, tetap pada skala prioritas sesuai dengan keputusan Kementerian Kesehatan. Di antaranya, seperti tenaga kesehatan, TNI/Polri, pelayan publik, dan lainnya.

“Sesuai data, di Kepulauan Meranti ada beberapa tokoh penerima suntik vaksin tahap awal. Ada Bupati, Kapolres, Sekda, ketua DPRD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan beberapa pejabat lainnya," ungkap Fahri.

Ditambahkan untuk tenaga kesehatan pihaknya menargetkan sebanyak 940 dokter dan perawat yang akan menjadi sasaran vaksinasi.

"Sebanyak 1.920 vaksin tersebut digunakan untuk dua kali dosis vaksinasi sehingga ditargetkan jika ada sebanyak 940 tenaga kesehatan maka akan membutuhkan sebanyak 1.880 vial vaksin dan selebihnya akan kita simpan untuk stok diluar 10 untuk pencanangan nantinya," kata Fahri.

Penulis : Ali Imroen

 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Persiapan pengemasan vaksin di Instalasi Farmasi Pemerintah (IFP) Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti yang akan segera didistribusikan ke setiap kecamatanBBPOM Pekanbaru Kawal Distribusi Vaksin di Setiap Kecamatan Kepulauan Meranti
Vaksin Coronavac tiba di Pelabuhan Selatpanjang dan dikawal kepolisian bersenjata lengkapDikawal Polisi Bersenjata, 1.920 Vaksin Covid-19 Tiba di Kepulauan Meranti
IlustrasiPerlu Diketahui, Ini Syarat Vaksinasi
Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir1,8 Juta Vaksin Corona Tambahan Tiba, Distribusi ke Riau Tunggu Arahan Pemerintah Pusat
IlustrasiIni Rentetan Kejadian Usai Disuntik Vaksin Corona
  IlustrasiPenggunaan Darurat Vaksin Corona AstraZeneca Disetujui di Eropa
IlustrasiSebelum Disuntik Vaksin Corona, Ini Kiat yang Harus Dilakukan
IlustrasiAda Sanksi, Warga Tak Mau Divaksin Corona Bisa Masuk Penjara
IlustrasiIni Vaksin Corona yang Disebut Paling Berpotensi Hajar Pandemi
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman disuntik dosis pertama vaksin COVID-19.Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Terima Suntikan Dosis Pertama Vaksin Corona

BERITA LAINNYA    
Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad AdilH Adil Janjikan Gaji Naik Jadi Rp2 Juta, Namun Jumlah Pegawai Honorer Akan Dikurangi
Salah seorang konsumen yang menerima New Pajero Sport perdanaSerahkan 10 New Pajero Sport ke Konsumen, Showroom Festival Dipo Bukukan 15 SPK
PPPK yang lolos seleksi 2019 teken kontrak kerja.PPPK Lolos Seleksi 2019 Teken Kontrak Kerja
Ilustrasi Helikopter Water BombingHelikopter Water Bombing Tiba di Riau, Besok Langsung Padamkan Karhutla di Rohil
Satgas Karhutla Kota Dumai berjibaku memadamkan Karhutla di Kecamatan Sungai Sembilan baru-baru ini.Karhutla Meluas, Sekitar 82,35 Hektare Lahan di Dumai Terbakar
  Kampus UPP RohulUPP Buka Penjaringan Calon Rektor, Syaratnya Pernah Publikasi Jurnal Internasional
Suasana silaturahmi media dalam rangka alih kelola wilayah kerja Rokan di salah satu Hotel di Pekanbaru, Senin (1/3/2021). Peran Media Dibutuhkan dalam Proses Alih Kelola Blok Rokan
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani NazirKadiskes Riau: Tak Perlu Khawatir dengan Efek Samping Vaksin
Sekdakab Siak, Arfan Usman hadiri peringatan HUT ke-102 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan melalui zoom meeting, Senin, (1/3/2021). Foto Diana
Selain Memadamkan, Damkar Harus Fokus ke Penyelamatan
Wawako Dumai Amris menyerahkan surat rekomendasi pembelajaran tatap muka terbatas kepada kepala SMPN2 Dumai, Senin (1/3/2021).Sekolah Tatap Muka Tingkat SMP Dibuka, Sekolah Dingatkan Patuhi Prokes
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved