www.halloriau.com  
BREAKING NEWS :
Aduh, Harga TBS Sawit Riau Anjlok Lagi
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Langka di Pasar, Petugas Malah Temukan Ribuan Karton Minyak Goreng di Gudang Kota Selatpanjang
Rabu, 16 Februari 2022 - 19:25:02 WIB
Petugas melakukan sidak ketersediaan minyak goreng di sejumlah agen di Kota Selatpanjang
Petugas melakukan sidak ketersediaan minyak goreng di sejumlah agen di Kota Selatpanjang

SELATPANJANG - Di saat masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti masih kesulitan mencari minyak goreng kemasan, ternyata minyak goreng tersebut tersedia banyak, bahkan hampir ribuan karton jumlahnya.

Fakta ini terungkap ketika Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi dan UKM (Disdagperinkop-UKM) bersama pihak kepolisian Polres Kepulauan Meranti melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah agen minyak goreng kemasan di Kota Selatpanjang, Rabu (16/2/2022). Sidak ini dilakukan untuk mengetahui pasti penyebab minyak goreng langka di pasaran.

Plt Kepala Disdagperinkop-UKM, Kepulauan Meranti, Marwan kepada wartawan mengatakan penyebab terjadinya kelangkaan minyak goreng dikarenakan agen masih menyimpan stok minyak goreng lama dengan harga yang lama pula.

"Saat sidak tadi, memang banyak ditemukan minyak goreng merek Sunco, ada sebanyak 3000 karton yang tersedia di gudang. Cuma agen tidak berani menjual karena orang itu kan kemarin beli modal tinggi, kalau dijual dengan harga subsidi tentu rugi dia," kata Marwan.

Ditambahkan Marwan, pihaknya hanya sebatas memberikan pembinaan kepada para agen dan penjual, namun tidak bisa menindak, lagipula tindakan yang dilakukan agen bukanlah sesuatu yang melanggar hukum, hanya saja kepastian harga yang belum didapatkan.

"Kita hanya membina dan kita tidak bisa menindak, mereka tidak menimbun karena memang harganya yang belum pasti, ketimbang mereka rugi makanya tidak dijual. Sebenarnya pihak agen juga serba salah, kalau dijual dengan harga lama dan diluar ketentuan yang berlaku mereka pula yang terkena dampak hukum," tuturnya.

Dikatakan, saat ini agen sedang menunggu keputusan dari pihak distributor, apakah stok minyak goreng yang lama ini bisa diberikan subsidi.

"Sebenarnya pihak agen mau jual cuma belum ada kepastian dari pihak distributor. Salah satu jalannya memang harus disimpan dulu sambil menunggu keputusan. Tapi mereka juga sudah mengabarkan jika pihak distributor dari Medan mau datang kesini dan menghitung stok yang ada saat ini, nanti baru diputuskan apakah stok lama itu bisa diberikan dengan harga subsidi," ujar Marwan.

Kabar terbaru didapatkan, setelah pihak distributor Sunco menghitung jumlah stok yang ada, Jum'at (18/2/2022) stok minyak goreng kemasan sudah bisa didistribusikan ke minimarket sesuai dengan harga yang telah ditetapkan.

Kepala Bidang Industri itu juga mengatakan jika minyak goreng merek merek lain dengan harga subsidi akan segera tiba di Kota Selatpanjang.

"Selain merek Sunco, minyak goreng merek lainnya dengan harga subsidi juga akan tiba di Kota Selatpanjang dalam beberapa hari ini, bahkan ada pula agen yang sudah bongkar dari kapal dan siap didistribusikan. Semoga tidak ada masalah lagi terhadap minyak goreng ini," pungkasnya.

Penulis : Ali Imroen


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau benarkan harga TBS kelapa sawit di Provinsi Riau anjlok (foto/ilustrasi)Aduh, Harga TBS Sawit Riau Anjlok Lagi
Ditreskrimsus Polda Riau menetapkan pegawai Bank Riau Kepri di Cabang Syariah Pekanbaru jadi tersangka (foto/ilustrasi)Tilap Duit Nasabah Hingga Rp5 Miliar, Pegawai BRK Cabang Syariah Pekanbaru Jadi Tersangka
BMKG prediksi hujan masih akan terjadi dan berpotensi disertai angin kencang di Riau (foto/ilustrasi)Riau Masih Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang untuk Daerah Ini
Sempat disebut menderita meningitis, Sarwendah berikan info penyakit dan kondisi Ruben Onsu sekarang (foto/int)Sarwendah Beri Kabar Terkini Ruben Onsu, Penyakitnya Mirip Olga Syahputra dan Ashanty?
Menag Yaqut Cholil sarankan wilayah yang mewabah penyakit PMK agar melakukan penyembelihan kurban di RPH (foto/ilustrasi)Wabah PMK, Menteri Agama Sarankan Penyembelihan Kurban di Rumah Potong Hewan
  Presiden Jokowi dirangkul Presiden Amerika, Joe Biden saat konferensi tingkat tinggi (KTT) G7 di Jerman viral (foto/int)Trending Jokowi Dirangkul Presiden AS Joe Biden di KTT G7 Jerman, Netizen Bilang Ini
Viral seorang laki-laki mirip Presiden Jokowi sedang santai makan mie ayam (foto/int)Viral Laki-laki Mirip Presiden Jokowi Santai Makan Mie Ayam, Netizen Langsung Sebut Begini
Satlantas Polres Dumai telah tilang 820 pengendara selama Operasi Patuh Lancang Kuning 2022  (foto/bam)820 Pengendara Kena Tilang Selama Ops Patuh Lancang Kuning 2022 di Dumai, Terbanyak Tak Pakai Helm SNI
Polemik status Plt Sekwan DPRD Provinsi Riau berimbas pada dana operasional DPRD yang tak kunjung cair (foto/ilustrasi)Dana Operasional Tak Kunjung Cair, Gubernur Riau dan Pimpinan DPRD Harus Segera Tuntaskan Polemik Plt Sekwan
Sakit, 2 JCH Kloter 8 Batam Dirawat
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Penandatanganan MoU dan Penghargaan Desa Bebas Api Asian Agri
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2022 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved