www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Kebakaran di Teluk Belitung, 4 Bangunan Ludes Dilahap Si Jago Merah
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Waspadai Karlahut, Camat Tebingtinggi Timur Meranti Gelar Apel Siaga
Minggu, 12 Juli 2020 - 12:16:46 WIB
Foto bersama.
Foto bersama.

SELATPANJANG - Mewaspadai munculnya kebakaran lahan dan hutan (karlahut), Pemerintah Kecamatan Tebingtinggi Timur (Pemcam 3T) menggelar apel siaga di lapangan Gedung Serbaguna Desa Lukun, Sabtu (11/7/2020) pagi. 

Apel siaga tersebut melibatkan puluhan orang yang terdiri dari aparatur dua desa yang bertetangga yakni Desa Lukun dan Batin Suir. Selain itu juga anggota masyarakat peduli api (MPA) dari kedua desa, tokoh masyarakat, serta diikuti personel Bhabintamtibmas Polres Kepulauan Meranti, Babinsa Koramil Selatpanjang dan personel BPBD Kepulauan Meranti.

Bertindak selaku Pembina Apel Pelaksana Harian (Plh) Camat Tebingtinggi Timur Rudi Hasan. Dalam pengarahannya Rudi menjelaskan apel siaga karlahut dilakukan sebagai langkah mewaspadai munculnya musibah kebakaran baik lahan hutan, perkebunan maupun pemukiman warga.

"Meski dua hari lalu kita menikmati guyuran hujan namun kita tetap harus waspada terhadap musibah karlahut. Soalnya, diprediksi kita segera memasuki musim panas," ungkap Rudi.

Menurutnya, pelaksanaan apel siaga di Desa Lukun dilakukan karena daerah tersebut rawan karlahut. Bahkan hampir setiap tahun terjadi dimana terakhir tahun 2019 luas lahan terbakar di desa tersebut mencapai seribuan hektare.

"Namun kita bersyukur tahun 2020 ini belum ada terjadi karlahut di desa ini dan itu harus kita pertahankan dengan memperkuat semangat kebersamaan, kerjasama atau sinergi, dan kerja keras," tegas dia.

Untuk mengantisipasi karlahut, Rudi meminta aparatur desa dan MPA mulai melakukan patroli rutin. Selain itu juga melakukan sosialisasi kepada warga khususnya warga yang bekerja membuka lahan perkebunan dan yang pekerjaannya bersentuhan dengan hutan seperti pencari madu lebah dan pemancing ikan air tawar.

"Arahkan agar warga yang membuka kebun juga membuat sumur atau parit pada jarak tertentu di lahannya sebagai salah satu sumber air," harap dia.

Keberadaan sumber air di Desa Lukun sangat penting karena lahan perkebunan dan hutan di kawasan tersebut tidak memiliki embung dan kanal. Berbeda dengan desa lainnya yang memiliki kanan-kanal yang dibangun untuk pengelolaan air tanaman sagu.

Selain apel siaga, juga dilakukan pengecekan peralatan pemadam api seperti mesin pompa air dan slang. Hasil pengecekan, beberapa peralatan perlu segera diperbaiki agar selalu siap untuk digunakan.

Penulis : Ali Imron
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Foto bersamaPWI Riau Akan Punya Hutan Komunitas Pertama di Indonesia
Basarnas Pekanbaru gelar Apel Siaga SAR Khusus. Jelang Nataru, Basarnas Pekanbaru Apel Siaga SAR Khusus
Foto: AntaraMusang dan Kucing Hutan Disita BBKSDA Riau dari Tempat Hiburan
  Kadis LH Rohil, Suwandi saat berada di hutan kota.Tahun Ini, Sejumlah Fasilitas Hutan Kota Bagansiapiapi Akan Ditambah
Wabup Pelalawan Drs H. Zardewan bersama Kapolres Pelalawan AKBP Indra Widjatmiko melepas patroli pengawasan anti money politic. Bawaslu bersama Polres Pelalawan Gelar Apel Siaga Patroli Pengawasan Anti Money Politic
Foto bersama.Peringati Hari Pahlawan, Kodim 0321 dan DLH Rohil Tanam Ribuan Pohon di Hutan Kota

BERITA LAINNYA    
Api membesar dan membakar bangunan di Kelurahan Teluk Belitung, empat unit bangunan ludes dilalap si jago merah, Minggu (24/1/2021).Kebakaran di Teluk Belitung, 4 Bangunan Ludes Dilahap Si Jago Merah
Gear Exhibition di Mal Living World.Perkenalkan Yamaha Gear 125 Multiguna, Alfa Scorpii Gelar Gear Exhibition di Living World
IlustrasiSelama 2020, Pemko Dumai Gelontorkan Rp1,2 Miliar Sewa Hotel untuk Pasien OTG
  Api membesar dan membakar bangunan di Kelurahan Teluk Belitung, empat unit bangunan ludes dilalap si jago merah, Minggu (24/1/2021).Kebakaran di Teluk Belitung, 4 Bangunan Ludes Dilahap Si Jago Merah
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Menaker Ida Fauziyah Bocorkan Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji BPJS Ketenagakerjaan 2021
Anggota LMP Macab Kepulauan Meranti tampak sedang membersihkan parit saluran air di area perkantoran Pemkab Kepulauan MerantiLMP Markas Cabang kepulauan Meranti Gotong Royong di Area Perkantoran Pemkab
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved