www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Ramalan Zodiak Hari Ini: Capricorn, Aquarius, Pisces
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Petugas Berhasil Padamkan Karhutla di Desa Gayung Kiri Rangsang Meranti
Selasa, 07 Juli 2020 - 15:12:12 WIB
Kondisi Karhutla di Desa Gayung Kiri, Pulau Rangsang sebelum berhasil dipadamkan.
Kondisi Karhutla di Desa Gayung Kiri, Pulau Rangsang sebelum berhasil dipadamkan.

SELATPANJANG - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di Pulau Rangsang Kabupaten Kepulauan Meranti tepatnya di Desa Gayung Kiri yang terjadi Minggu (5/7/2020) saat ini sudah berhasil dipadamkan.

Kebakaran lahan yang merupakan vegetasi semak belukar di Pulau Rangsang itu kini sudah merambat hingga ke bibir pantai yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka tersebut.

Petugas yang terdiri dari BPBD Kepulauan Meranti, pihak Kepolisian Polsek Rangsang, Babinsa dan pihak perusahaan PT SRL yang terus berjibaku dan bertungkus lumus berhasil memadamkan api dua hari kemudian.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat SIK MH melalui Kapolsek Rangsang, Iptu Djoni Rekmamora mengatakan cuaca panas disertai angin kencang menjadi kendala bagi regu pemadam di lapangan, dimana api dapat berubah arah setiap saat. Meski demikian, kondisi api saat ini dapat dikendalikan disertai dengan bantuan turunnya hujan.

"Api sudah padam dan kondisi saat ini sudah aman terkendali dan asap pun sudah tidak ada lagi. Saat ini sedang dilakukan pendinginan ditambah turunnya hujan tadi pagi," kata Djoni, Selasa (7/7/2020).

Dijelaskan, kebakaran yang menghanguskan sebagian lahan milik masyarakat ini belum diketahui penyebabnya. Saat ini, pihaknya juga masih mengumpulkan keterangan dari sejumlah pihak.

"Untuk penyebab terjadinya kebakaran masih dalam lidik dan luasnya pun sedang dihitung," kata dia.

Sementara itu Humas PT SRL, Ragil F Samosir mengatakan api terdeteksi pada Minggu (5/7/2020) sekira pukul 17.00 WIB lalu timnya langsung melakukan pemadaman yang dibantu personel lainnya.

"Menurut info dari tim kita di lapangan, api terdeteksi pada tanggal 5 Juli sekira pukul 17.00 WIB dan langsung dilakukan proses pemadaman. Titik api berada di luar konsesi dan masuk kedalam wilayah Desa Gayung Kiri.  Alhamdulillah pagi tadi status api sudah out, padam total karena diguyur hujan," kata Ragil.

Dikatakan, selain dilakukan melalui jalur darat, pemadaman juga dilakukan melalui udara menggunakan helikopter.

"Selain itu kita juga bantu melalui water boombing pada tanggal 6 Juli dengan 20 kali sortie. Kita main pada jam 10-11 siang. Setelah itu dipantau dulu hasil siramannya kemudian dilanjut pukul 13.30 - 14.30 WIB," pungkasnya.

Penulis : Ali Imron
Editor : Fauzia


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
ZodiakRamalan Zodiak Hari Ini: Capricorn, Aquarius, Pisces
intChelsea Vs Leicester: The Blues Menang 2-1 dan Rebut Posisi Tiga
Pintu masuk menuju objek wisata di Rohul ditutup petugas mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.Kapolres Perintahkan Petugas Perketat Pengawasan Warga Masuk ke Rohul
Foto bersama usai pelantikan puluhan anggota BPD di Pangkalan Kerinci, Selasa (18/5/2021).Bupati Pelalawan Minta BPD dan Kades Kelola Dana Desa Tepat Sasaran
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad SahroniAhmad Sahroni Soal Polisi Sabar Hadapi Cacian Warga di Pos Penyekatan: Sesuai Program Presisi
  Mbak YouMbak You Ramal Bencana Tsunami Akan Luluh Lantakkan Indonesia, Warga Daerah Pesisir Diminta Waspada
Israel gempur Kota Gaza.Indonesia Sumbang Rp7 Miliar Bantu Palestina
Personel Satgas Polres Rohil melakukan penyuluhan terkait pencegahan covid-19 dan membagikan masker kepada masyarakat.Satgas Pencegahan Covid-19 Polres Rohil Gelar Penyuluhan dan Bagikan Masker ke Warga
Peserta dari media saat discrinning sebelum dilakukan penyuntikan.Kodim 0321 Rohil Suntikkan Vaksin AstraZeneca Tahap Pertama ke 230 Orang
Buya Syafii MaarifBuya Syafii Maarif Soal Penindasan Israel terhadap Palestina: PBB Seperti Macan Ompong!
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved