www.halloriau.com
BREAKING NEWS :
Riau Berpotensi Hujan Siang Nanti
Otonomi
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
 
Kepergok Buang Sampah Sembarangan, Lima Warga Diangkut Satpol PP Kepulauan Meranti
Jumat, 13 Maret 2020 - 13:55:00 WIB
Warga yang tertangkap tangan buang sampah sembarangan.
Warga yang tertangkap tangan buang sampah sembarangan.

SELATPANJANG - Lima warga Kota Selatpanjang Kecamatan Tebingtinggi yang kepergok membuang sampah sembarangan, pada Kamis (12/3/2020) malam digelandang ke kantor Satpol PP Kepulauan Meranti.

Mereka adalah Yanti, Erik, Hario Chan, dan Yatno. Sedangkan satu lainnya, Hamdani Kencana, warga pindahan dari Jakarta.

Yanti dan Erik diamankan tim pada sebelum Maghrib karena kedapatan membuang sampah di SDN 8 Jalan Imambonjol. Sedangkan Yatno, Hamdani dan Hario kedapatan membuang sampah di Jalan Merbau dan Jalan Imambonjol (SDN 8) pada jam 8 malam.

Menurut Kepala Satpol PP Kepulauan Meranti, Helfandi rata-rata warga yang membuang sampah sembarangan ini mereka tidak tahu adanya Perda ketertiban umum (Tibum). Sehingga, mereka dengan sengaja membuang sampah di jalan-jalan yang ada di Kota Selatpanjang.

Pengakuan ini sangat disayangkan Helfandi. Pasalnya, larangan membuang sampah dan lokasi TPS telah disosialisasikan sejak ia menjadi Camat Tebingtinggi beberapa tahun silam.

"Waktu jadi camat, sudah ditempel-tempel ke ruko, terkait jam dan tempat pembuangan sampah. Selain itu, juga telah diumumkan menggunakan pengeras suara, berkeliling," kata Helfandi.

Satpol PP Kepulauan Meranti belum melakukan penindakan tegas terhadap warga yang membuang sampah tersebut. Padahal, sesuai Perda Tibum nomor 5 2019, warga yang membuang sampah sembarangan bisa dihukum kurungan selama 3 bulan dan denda Rp 500 ribu.

"Ini peringatan pertama dan terakhir, kalau kedapatan melanggar aturan, akan kami tindak tegas," kata Helfandi ke Yanti dan Erik.

Karena malam itu masih pendekatan preventif, pelanggar hanya menandatangani pernyataan dan diminta berjanji untuk tidak mengulangi membuang sampah sembarangan. Mereka juga diminta ikut menyampaikan ke tetangga terkait larangan membuang sampah sembarangan.

"Jangan diulangi lagi ya. Sampaikan ke teman-teman, bagi yang buang sampah sembarangan, penjara 3 bulan dan denda Rp 500," pesan Kabid Perda Piskot Ginting kepada Erik dan Yanti.

Tangkap tangan kepada warga membuang sampah sembarangan merupakan kerja tim yang terdiri dari pihal DLH, Kecamatan Tebingtinggi, dan Satpol PP. Upaya ini merupakan penegakan Perda, yang salah satu tujuannya agar kebersihan di Kepulauan Meranti terjaga.

"Kita bersinergi dengan DLH dan pihak kecamatan, minimal seminggu sekali kita akan patroli," kata Helfandi.

Penulis : Ali Imroen
Editor : Yusni Fatimah


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA LAINNYA    
IlustrasiRiau Berpotensi Hujan Siang Nanti
IlustrasiHampir 20 Persen Pasien Tanpa Gejala Ikut Alami Long Covid
IlustrasiUsai Divaksin AstraZeneca, Puluhan Pekerja di Batam Dilarikan ke Rumah Sakit
istHasil Italia Vs Swiss: Gli Azzurri Menang 3-0, Lolos ke Babak 16 Besar
Pabrik PT. SDO di Lubuk Gaung Kota Dumai terbakar pada Rabu malam ( 16/6/2021).Dua Pekerja Dikabarkan Tewas Akibat Kebakaran Pabrik PT Sari Dumai Oleo
  Tim Balai Besar KSDA Riau melakukan olah TKP dan nekropsi terhadap bangkai gajah di Pelalawan, Riau. Foto: MediacenterriauGajah Betina 45 Tahun Ditemukan Mati di Pelalawan
IlustrasiPenularan Covid-19 Bisa Lewat AC Mobil, Ini Cara Menanganinya
Gelandang Timnas Italia Manuel Locatelli merayakan golnya ke gawang Swiss bersama dengan Lorenzo Insigne pada laga Grup A Euro 2020 di Estadio Olimpico, Roma, pada 16 Juni 2021. Foto: KompasHasil Piala Eropa: Italia Tampil Memukau, Rusia Buka Peluang
Terawan Agus PutrantoDitanya Kenapa Vaksin Nusantara Dianggap Bahaya, Jawaban Terawan Mengejutkan!
Pabrik PT SDO di Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai terbakar pada Rabu malam (16/6/2021).Pabrik PT SDO Group Apical di Lubuk Gaung Dumai Terbakar
Komentar Anda :

 
 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved