www.halloriau.com
Pekanbaru | Dumai | Inhu | Kuansing | Inhil | Kampar | Pelalawan | Rohul | Bengkalis | Siak | Rohil | Meranti
14:00 - Kecelakaan Maut Terjadi Lagi di Tol Pekanbaru-Dumai, 5 Orang Tewas 2 Luka Berat | 13:28 - Riau Akan Distribusikan 15.240 Vaksin Covid-19 untuk 3 Daerah Ini | 12:32 - Abaikan Prokes Covid-19, Kerumunan Warga Penerima BLT Dibubarkan | 18:21 - Kadiskes Riau: Rapid Test Antigen Swab Syarat Perjalanan Keluar Daerah | 18:21 - Penahanan Yan Prana, Kejati Beralasan Tersangka Menghilangkan Barang Bukti | 16:00 - Setdaprov Riau, Yan Prana Jaya ditahan Jaksa Penyidik Pidsus Kejati Riau
 
Heboh, Siswa di Selatpanjang Lecehkan Surah Al Fatihah dengan Hio
Sabtu, 01 Februari 2020 - 16:12:58 WIB
Siswa di Selatpanjang.
Siswa di Selatpanjang.

SELATPANJANG - Akhir-akhir ini banyak remaja yang mengunggah foto atau video aneh di laman media sosial. Bahkan video atau foto tersebut cenderung bersifat melecehkan meski maksudnya hanya mencari sensasi agar dibilang 'eksis' di dunia maya.

Dalam video yang viral baru-baru ini, dimana salah seorang siswa kelas 2 SMP di salah satu sekolah di Kota Selatpanjang, Kepulauan Meranti sedang membaca lafaz surah Al Fatihah sambil tertawa, namun gerakannya seperti menyembah sambil memegang Hio yang digunakan umat Budha untuk melakukan sembahyang. 

Video yang berdurasi 26 detik itu sangat jelas terlihat anak tersebut bersama teman lainnya sedang memakai baju kurung Melayu seragam sekolah, tidak diketahui persis apakah mereka sudah pulang atau bolos dari sekolah.

Tindakan yang jelas-jelas pelecehan terhadap agama Islam itu memancing kemarahan pengguna media sosial. Setelah mempelajari video yang diunggah pada hari Jumat kemarin itu, beberapa organisasi kepemudaan peduli anak langsung mendatangi rumah anak tersebut di Jalan Utama Kelurahan Selatpanjang Timur.

Adapun organisasi tersebut diantaranya KNPI, Gagak Hitam, dan beberapa organisasi lainnya.

"Tadi kami dari pasukan Gagak Hitam beserta organisasi pemuda peduli anak langsung menyambangi kediaman anak 
yang diduga melecehkan salah satu ayat Alquran. Dalam pertemuan tadi kami berusaha meminta keterangan pelaku yang mengaku disuruh oleh temannya sesama sekolah," kata Indra Hariyono, salah seorang anggota pasukan Gagak Hitam, Sabtu (1/2/2020).

Dikatakan, pihaknya meminta kepada sang anak untuk bersedia diambil videonya lalu dibuat klarifikasi permintaan maaf.

"Tujuan dibuatnya video klarifikasi permintaan maaf itu adalah untuk meredam, takutnya nanti anak ini diamuk massa. Kita juga minta kepada orang tua dan RT untuk melakukan bimbingan kepada anak tersebut," ujar Indra. 

Indra menambahkan, ketika ditanya alasan berbuat demikian, anak yang berinisial RS (15) itu mengaku sengaja berkelakar hanya untuk menghibur diri dan teman-temannya. Sang anak itu juga mengaku jika dirinya tidak sadar jika tindakannya itu direkam dan videonya disebarkan.

"Dia mengaku hanya ingin menghibur diri dan tidak bermaksud melecehkan agama karena mereka sendiri beragama Islam. Sekarang semua tahu mereka tidak punya niat lain dan sudah meminta maaf dan masyarakat tidak perlu resah lagi," kata Indra.

Saat ini anak tersebut bersama orang tuanya dibawa ke Polres Kepulauan Meranti untuk dimintai keterangan lanjutan dan mediasi bersama beberapa pihak. 

Penulis : Ali Imron
Editor : Fauzia


 


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi memberikan materi pada  seminar mengenal tools google dalam mencegah berita hoax di Pekanbaru. FOTO: RiauonlineKapolda Riau Beberkan Bahaya Hoax Bila Tak Bijak Gunakan Media Sosial
   Sarwo Saddam Matondang, S.H., M.H.Jeratan Hukum Pengguna Media Sosial

BERITA LAINNYA    
Tampilan Super Win didalam Duofu Duocai game Higgs Domino yang membuat para pemainnya ketagihan (Int)Dianggap Judi, Seluruh Penjual Chip Higgs Domino di Kepulauan Meranti Akan Dibasmi
Ilustrasi sabuPolda Riau Gagalkan 20 Kg Sabu Asal Malaysia
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku AdisasmitoBeredar Kabar Ada Chip di Vaksin Covid-19, Satgas: Hoaks!
  Rapat koordinasi tentang pengelolaan perhutanan sosial di Kabupaten Kepulauan MerantiPemkab dan Polres Meranti Rapat Terkait Pengelolaan Perhutanan Sosial
Kepala Bappeda Siak, Wan YunusPersingkat Jarak Pelayanan, Verifikasi RAPBKampung di Kecamatan
Suasana pertemuan rombongan DPRD Sumut dengan Pemprov RiauDPRD Sumut-Pemprov Riau Bahas Strategi Pembangunan di Masa Pandemi
Komentar Anda :

 
 
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved