Meranti
Pemkab Meranti | DPRD Meranti
 
+ INDEX BERITA

16:49 - Indra Yovi: Penanganan Cov...
14:27 - Penerapan New Normal, Polr...
17:59 - RSUD Kepulauan Meranti Pen...
16:00 - Status PSST Desa Bandul Di...
09:29 - Tokoh Masyarakat Riau: Ane...
20:04 - Kadiskes Meranti Berkoar-k...
17:56 - Enam Kasus Baru Corona di ...
16:34 - Sidak ke Kepulauan Meranti...
21:20 - Sempat Ditemukan Belatung,...
15:38 - Waduh, Ikan Kaleng Bantuan...
20:03 - Pingsan di Rumah, Warga Se...
06:32 - FPI Bersama YFM Kepulauan ...
21:54 - Apel Pagi Pemkab Kepulauan...
20:23 - Fasilitas di Ruang Isolasi...
17:45 - Wakil Bupati Said Hasyim K...
15:18 - Miris, Pasien Covid-19 yan...
11:35 - Jadi Tempat Isolasi PDP, ...
16:24 - PT RAPP Serahkan Ratusan P...
13:46 - SKK Migas – EMP Malacca ...
16:38 - Ribut-ribut Pakai Hazmat S...
20:47 - Di Tengah Pandemi Covid-19...
20:22 - 17 Desa di Kepulauan Meran...
18:18 - Hasil Rapid Test Reaktif, ...
17:39 - Satu Pasien Positif Covid-...
18:35 - Kasus Corona di Kepulauan ...
14:21 - Inflasi Tinggi, Pemkab Kep...
16:17 - Pemkab Kepulauan Meranti T...
12:24 - Dua Desa di Tebingtinggi T...
17:05 - Camat Tebingtinggi Galang...
06:24 - Pejabat Humas Pemkab Kepul...
19:30 - Desa Bandul Blocking Area,...
19:07 - Hasil Tracing Terhadap PD...
15:26 - Bupati Meranti Sempat Kont...
19:42 - Bank Riau Kepri Selatpanja...
17:46 - Dua Warga Meranti Sudah Po...
16:32 - Hasil Swab Keluar, Satu PD...
11:32 - Ringankan Beban Nelayan Ak...
17:28 - Dua Positif Rapid Test, Ti...
22:27 - Masuk Daftar Susulan Pener...
16:44 - Tidak Ada Izin, Cucian Mot...
22:08 - Jelang Berbuka Puasa, FPI ...
22:11 - Nekad Masuk Wilayah Kepula...
05:13 - Pendapatan Nol Akibat Coro...
22:12 - Bupati Irwan Tegaskan Pega...
17:00 - Pindah Domisili Tidak Mela...
16:29 - Desa Baran Melintang Jadi ...
10:11 - Tabrak Pot Bunga di Pinggi...
20:05 - PSDKP Kepulauan Meranti Be...
19:25 - Tinjau Pasokan Sembako, Wa...
15:11 - IPRPS, Remesta, dan GPRM B...
 
Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi
Bupati Irwan: Membangun Kabupaten Diperlukan SDM Handal
Minggu, 29 September 2019 - 17:25:48 WIB
Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan beri sambutan saat buka Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kepulauan Meranti.
Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan beri sambutan saat buka Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kepulauan Meranti.
TERKAIT:

BATAM - Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan membuka secara resmi kegiatan Asistensi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kepulauan Meranti.

Kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas dan pengetahuan Aparatur ASN yang handal dalam menjalankan visi dan misi daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu dipusatkan di Ballroom Hotel Nagoya Hill, Batam, Jumat (27/9/2019).

Turut hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Meranti H Said Hasyim, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan I Kemenpan RB Komaruddin AK MSc, narasumber Hari Kamto, Asisten III Sekretariat Daerah H. Rosdaner MPd, Kepala Bappeda Kepulauan Meranti Dr. H. Makmun Murod dan Jajaran Pejabat Eselon II Dilingkungan Pemkab. Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabag Ortal Rika S Sos dan jajaran pejabat Eselon III, para Camat Se-Kabupaten Meranti, serta Kasubag Program tiap OPD.

Dalam pidatonya Bupati menjelaskan kegiatan tersebut sangat strategis dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi di Kepulauan Meranti melalui peningkatkan kualitas SDM Aparatur Pemerintahan, menurutnya dengan aparatur yang handal akan memberikan pengaruh yang besar terhadap percepatan pembangunan daerah.

"Untuk menbangun sebuah kabupaten diperlukan SDM yang handal dalam menjalankan visi dan misi daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Bupati Irwan.

Dan saat ini, untuk percepatan pembangunan Nasional, Kementrian PAN-RB RI, telah menerapkan program Sistem Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah (SAKIP), dalam upaya meningkatkan kualitas dan penganggaran keuangan di pemerintahan daerah. Dengan begitu program yang dijalankan Pemerintah Daerah di tiap SKPD berjalan dengan efektif, efisien, akuntable, serta tepat sasaran dalam mewujudkan pemerintah yang bersih dan berwibawa.

Lebih jauh ditegaskan Bupati, kegiatan ini tidak semata-mata memberikan pengetahuan kepada aparatur dalam menyusun SAKIP yang baik, lebih dari itu melalui kegiatan ini aparatur ASN diharapkan dapat menyusun program dan penganggaran yang efisien, efektif, terukur dan bisa dipertanggungjawabkan.

Selanjutnya dalam kegiatan yang difasilitasi oleh Bappeda dan Bagian Ortal Setda Kepulauan Meranti itu, Bupati Irwan meyakini dengan SDM aparatur yang berkualitas dan berkemampuan tinggi Kepulauan Meranti akan dapat bersaing bahkan bisa lebih baik dari Kabupaten Kota lainnya di Riau meskipun serba keterbatasan.

"Meranti merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki sumber daya alam terbatas, dengan APBD paling kecil. Oleh karena itu perlu diperkuat SDM yang berkualitas dan memiliki kemampuan yang tinggi, dengan begitu  Meranti pasti bisa bersaing bahkan lebih baik dari kabupaten lainnya di Riau.

Dihadapan para Kepala SKPD, Bupati Irwan berharap semua SKPD dapat fokus menyusun program SKPD sesuai dengan Visi dan Misi Kepala Daerah, dalam upaya menekan angka kemiskinan di Meranti sebesar 28.3 persen yang dinilai masih cukup tinggi.

Bupati Irwan meminta semua Aparatur harus bekerja keras menekan angka kemiskinan itu salah satunya dengan membangun infrastruktur dasar untuk membuka Isolasi daerah, seperti pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sehingga mobilitas masyarakat dan produksi pertanian dapat berjalan dengan lancar dan cepat dan berdampak pada peningkatan penghasilan masyarakat dipedesaan.

"Kita harus kerja keras membangun infrastruktur dasar, fasilitas kesehatan, pendidikan, serta menciptakan berbagai inovasi untuk melayani masyarakat. Dan kuncinya adalah SDM Aparatur yang mumpuni dan memahami tugas dan fungsinya masing-masing," ucap Bupati.

Kemudian agar program strategis ditiap SKPD berjalan dengan optimal dalam menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bupati Irwan mengingatkan perlunya sinergitas antar OPD, selain itu disarankan tidak menyusun program terlalu banyak.

"Yang penting program andalan yang dilaksanakan harus fokus dan terukur serta memberikan manfaat maksimal kepada masyarakat," jelasnya.

Hal itu sekaligus untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Pemerintah Daerah.

Terakhir Bupati mengintruksikan kepada seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan asistensi itu dengan baik sesuai perunjuk narasumber dari Kemenpan RB, sehingga setiap OPD mampu menyusun SAKIP dengan baik.

Sekedar informasi, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti telah berhasil meraih Nilai SAKIP BB atau B Plus. Kedepan Bupati Meranti menargetkan Meranti dapat meraih Nilai SAKIP A. Dan kegiatan asistensi pelaksanaan reformasi birokrasi Kabupaten Kepulauan Meranti ini adalah salah satu kegiatan untuk memperkuat kemampuan Aparatur ASN Meranti untuk menyusun SAKIP dengan baik.

Senada dengan Bupati Meranti, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas dan Pengawasan I Kemenpan RB Komaruddin dalam pemaparannya, berharap melalului asistensi itu mampu mencetak SDM Aparatur Meranti yang profesional yang mampu menyusun program pro masyarakat secara efektif, efisien, ekonomis fokus pada outcome bukan income atau dengan kata lain sesuai kebutuhan masyarakat bukan keinginan dari masing- masing OPD. 

Penulis : Ali Imroen
Editor: Yusni Fatimah





Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

 
Berita Lainnya :
  • Belum Lapor ke Dispar, Sejumlah Obyek Wisata di Riau Kembali Beroperasi
  • Anggota DPRD Riau Pertanyakan Kesiapan Pemprov Terapkan New Normal
  • Imbas Corona, 2.226 Karyawan Distributor Nike Dirumahkan
  • Ada 18 PDP Baru di Riau, Tersebar di Beberapa Kabupaten/Kota, 9 Pria dan 9 Wanita
  • Ratusan Balita dan Anak-anak di Surabaya Terpapar Virus Corona
  •  
    Komentar Anda :

     
    Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
    Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
    DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
         
    Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
        © 2010-2020 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved