www.halloriau.com
14:00 - Kecelakaan Maut Terjadi Lagi di Tol Pekanbaru-Dumai, 5 Orang Tewas 2 Luka Berat | 13:28 - Riau Akan Distribusikan 15.240 Vaksin Covid-19 untuk 3 Daerah Ini | 12:32 - Abaikan Prokes Covid-19, Kerumunan Warga Penerima BLT Dibubarkan | 18:21 - Kadiskes Riau: Rapid Test Antigen Swab Syarat Perjalanan Keluar Daerah | 18:21 - Penahanan Yan Prana, Kejati Beralasan Tersangka Menghilangkan Barang Bukti | 16:00 - Setdaprov Riau, Yan Prana Jaya ditahan Jaksa Penyidik Pidsus Kejati Riau
 
Ini Bahaya Mengerikan Jarang Mencuci Handuk
Senin, 18 Januari 2016 - 14:32:53 WIB
<font size="2">Bahaya jarang mencuci handuk </font>
Bahaya jarang mencuci handuk

Tak seperti pakaian lain, pada umumnya orang jarang memperhatikan kebersihan handuk yang digunakan setiap hari. Padahal, handuk adalah selembar kain yang kamu gunakan untuk menjelajahi hampir seluruh tubuh ketika kamu mengeringkan badan kamu. Nah, sekarang coba kamu ingat-ingat sejenak, seberapa sering kamu mengganti atau membersihkan handuk kamu dalam satu bulan atau bahkan satu minggu?

Berpikir tentang handuk yang berinteraksi dengan kulit tubuh, pasti kamu akan membayangkan bahwa penyakit kulit adalah gangguan yang paling mungkin terjadi pada kamu. Kabar buruknya, kamu dapat berakhir di ruang gawat darurat (UGD) hanya karena kamu kurang memperhatikan selembar kain handuk. Seperti yang diungkapkan oleh Susan Whittier yang dikutip dari Merdeka bahwa setelah mandi seseorang masih bisa menyalurkan bakteri dalam tubuhnya.

Whittier adalah direktur layanan mikrobiologi klinis di New York-Presbyterian/Columbia University Medical Center. Whittier mengatakan bahwa meskipun tubuh kamu dalam keadaan bersih setelah mengeringkan badan dengan handuk, tetapi kamu masih bisa menyalurkan bakteri dari kulit ke handuk kamu. Bakteri tersebut semakin hari akan berkembang sehingga jumlahnya akan berlipat ganda.

Memang dalam sebagian besar kondisi, bakteri yang tubuh kamu salurkan pada handuk tak akan membahayakan tubuhmu. Tetapi dalam kondisi tertentu, seseorang dapat membawa bakteri patogen seperti MRSA (Methicillin-resistant Staphylococcus aureus). MRSA adalah penyebab paling umum dari infeksi kulit yang menyebabkan seseorang harus mendapatkan perawatan di ruang gawat darurat (UGD).

Kabar baiknya, ini terjadi hanya sekitar 10% pada orang sehat yang juga secara bersamaan memiliki kulit kering, kulit pecah-pecah atau luka. Dalam kondisi seperti ini kamu bisa saja terkena infeksi dari bakteri yang berasal dari tubuh kamu sendiri.

Nah, menghindari hal tersebut terjadi, Whittier mengatakan bahwa mencuci handuk setelah empat atau lima kali penggunaan akan mengurangi risiko terjadinya infeksi. Jadi, mulai sekarang mulai untuk lebih rajin mencuci handuk kamu, ya! (*)

Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)

BERITA TERKAIT    
Sekdaprov Riau Yan Prana JayaSekdaprov Riau Berharap Tim Kemitraan Perjaka Dapat Jamin Kesehatan Pekerja
Jelang Libur Akhir Tahun, Pengelola Wisata Diingatkan agar Patuhi Protokol Kesehatan
Ilustrasi Hotel dan Restoran di Riau Diharapkan Tetap Konsisten Jalankan Protokol Kesehatan
  Kadiskes Riau Mimi Yuliani NazirTenaga Kesehatan di Riau 95 Persen Sembuh dari Covid-19
Kadiskes Riau Mimi Yuliani Nazir.Walau di Tengah Pandemi, Riau Tetap Berprestasi di Bidang Kesehatan
Direktur RSUD Arifin Ahmad, dr NuzelyPenambahan Covid-19 di Riau Menurun Drastis, Masyarakat Harus Tetap Disiplin Prokes

BERITA LAINNYA    
Baksos donor darah yang akan diselengarakan pada hari Sabtu tanggal 16 Januari 2021 di Plaza Senapelan lantai II, mulai pukul 11.000 sampai 17.00 WIB.Sabtu, Panitia Bersama Baksos Sembako Imlek 2572 Gelar Baksos Donor Darah
Foto bersama.Pemerintah Pusat Melalui MIB Bantu Alat Prokes untuk Pesantren di Rohil
IlustrasiBertambah Lagi, Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di Inhu Jadi 1.106 Kasus
  Deputy Chairman MarkPlus, Taufik Survei MarkPlus: Masyarakat Beri Nilai Positif Pelayanan dan SDM Bareskrim Polri
DR Achmad MSiTerkait Vaksin Covid 19, Achmad Minta Pemerintah Bangun Kepercayaan Masyarakat
Kepala Diskominfotik Riau Chairul RiskiRegulasi Baru, Diskominfotik Riau Sebut 2021 Semua Kerja Sama Lewat Satu Pintu
Komentar Anda :

 
 
Potret Lensa
Dinas ESDM Riau Serahkan Masker untuk PWI Riau
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved