www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Belum Semua Pasar Modern Pekanbaru Ikut Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga
 
Tips Berkendara Mobil saat Hujan Deras dan Angin Kencang
Sabtu, 27 November 2021 - 08:30:24 WIB
ilustrasi
ilustrasi

PEKANBARU - Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mulai terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Supaya tetap aman dan nyaman selama perjalanan menggunakan mobil di kondisi ekstrem tersebut, kamu perlu mengetahui tips-tips berikut ini.

Siklon tropis paddy terpantau di Samudera Hindia bagian selatan Jawa Tengah yang ditandai oleh angin kencang berkecepatan hingga 75 km/jam. Selain hujan intensitas sedang hingga lebat, dampak lain dari siklon ini adalah angin kencang yang berpotensi menimbulkan bencana.

Dijelaskan Auto2000 dalam keterangan resminya seperti yang dilansir dari detik, supaya tetap dapat mengemudi mobil dengan aman dan nyaman di tengah risiko badai, ada 7 langkah antisipasi dan solusi yang bisa kamu lakukan. Apa saja?

1. Pantau Kondisi Cuaca Aktual
Kamu bisa memantau perkembangan cuaca dari smartphone. Bila ada potensi hujan lebat atau angin kencang, lebih baik tunda perjalanan. Kalau tetap harus berkendara, atur waktu yang paling aman, seperti tunggu hingga angin kencang reda. Manfaatkan peta digital untuk memilih rute yang paling aman dari potensi macet. Pantau pula kanal social media akun resmi polisi yang sering memberikan info terkini lalu lintas dan cuaca.

2. Segera Kurangi Kecepatan Mobil
Segera kurangi kecepatan mobil sekitar 20% atau 20-30 km/jam ketika melalui kawasan yang sedang turun hujan, apalagi jika disertai angin kencang yang bisa menyulitkan dalam memantau kondisi sekitar dan mengendalikan mobil.

3. Fokus dan Waspada Saat Mengemudi
Jangan mengalihkan perhatian seperti bermain ponsel dan fokus hanya pada mengemudi mobil. Hati-hati dalam manuver sehingga tidak membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.

4. Jaga Jarak Aman di Jalan
Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika pengguna jalan lain melakukan pengereman kendaraan secara mendadak.

5. Pastikan Fitur Mobil Bekerja dengan Baik
Selain ban dan rem, fitur atau perangkat lain yang harus diperhatikan di antaranya adalah wiper, lampu, AC, hingga aki mobil. Pastikan kondisinya dengan melakukan servis berkala di bengkel-bengkel favorit kamu.

6. Hindari Pohon atau Obyek Besar Tumbang
Kalau tiba-tiba di depan kamu ada obyek seperti pohon yang tumbang akibat angin kencang, perhatikan arah jatuh dari obyek tersebut. Bila jatuhnya tidak mengarah ke mobil atau jalur jalan yang dilalui, cukup angkat kaki dari pedal gas sembari waspada kondisi sekeliling mobil. Tidak perlu manuver menghindar atau mengerem mendadak bila tidak diperlukan.

Jika jatuhnya obyek ke arah mobil atau ke jalur yang akan kamu lewati, lakukan pengurangan laju dengan melakukan pengereman, lalu sesuaikan daya pengereman dengan situasi di lapangan. Kalau aman dan jika memang dibutuhkan, segera lakukan manuver menghindar ke arah berlawanan. Tapi jangan terlalu agresif karena biasanya kondisi jalan licin, dan sekali lagi pastikan kondisi jalan aman.

7. Langkah Darurat Saat Gagal Menghindar
Bila terkena obyek besar yang terlempar atau tumbang akibat angin kencang, pastikan semua penumpang tidak mengalami cidera. Selamatkan barang pribadi seperti dompet atau ponsel, dan jangan memaksakan menyelamatkan barang lain seperti tas di bagasi. Segera keluar mengingat potensi bahaya masih ada. Seperti pohon lain tumbang, aliran listrik yang menimpa mobil, atau risiko kena tabrak mobil lain dari belakang.

"Cuaca buruk dapat terjadi kapan saja, termasuk ketika AutoFamily mengemudi mobil di jalan. Langkah terbaik adalah melalui persiapan kondisi diri dan kendaraan supaya tidak mengalami masalah. Auto2000 siap membantu melalui servis berkala ditambah berbagai program promo menguntungkan. Segera kunjungi Auto2000.co.id sekarang.," jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, Jumat (26/11/2021).*


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Ilustrasi.Belum Semua Pasar Modern Pekanbaru Ikut Kebijakan Minyak Goreng Satu Harga
Mobil jenis Isuzu Panther dengan nomor polisi BM 1447 TP hangus terbakar.Mobil Dinas Kepala Keamanan Lapas Pekanbaru Dibakar OTK
Universitas Riau.Himaprodi PPKn FKIP Unri Adakan Olimpiade PPKn Nasional bagi Pelajar dan Mahasiswa
  Vaksinasi boosterMasyarakat Riau Sudah Bisa Vaksin Booster, Ini Ketentuannya
Kapolres Rokan Hilir, AKBP Nurhadi Ismanto ikuti vaksinasi Covid-19 dosis ketiga.Kapolres Rohil beserta Puluhan Personil Ikuti Vaksinasi Booster
Press Release kasus peredaran narkoba, Kamis (20/1/2022) di Mapolda Riau. Gubri Apresiasi Polda Riau Bongkar Peredaran 80 Kg Sabu
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Jasa Raharja Riau Kunjungi Metro Riau Group
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved