www.halloriau.com  
Ekonomi
BREAKING NEWS :
Pria Korban Mutilasi Ternyata Kurir Ojol, Motif Pelaku Sudah Diketahui Polisi
 
Tiga Keutamaan Sholat Malam
Jumat, 26 November 2021 - 08:36:46 WIB
ilustrasi
ilustrasi

KAIRO - Bagi umat Islam, qiyamullail atau ibadah malam adalah amalan spesial. Ibadah malam memiliki banyak keutamaan sehingga amalan ini juga menjadi sesuatu yang sangat dianjurkan oleh Allah SWT dan Rasul-Nya dalam berbagai ayat dan hadits.

Allah SWT berfirman dalam Alquran:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra: 79).

Dilansir republika dari Elbalad, setidaknya ada tiga mukjizat sholat malam bagi seorang hamba. Mukjizat yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Mukjizat tersebut yaitu:

Doa dikabulkan
Saat seorang hamba melakukan sholat malam, Allah SWT menjelaskan akan mengabulkan berbagai doa hamba-Nya. Ibadah ini menjadi salah satu ritual di salah satu waktu yang mustajab untuk dilakukan.

Rasulullah SAW bersabda:

 ما من عبد يبيت على ذكر طاهرا، فيتعار من الليل، فيسأل الله شيئا من خير الدنيا والآخرة، إلا أعطاه إياه

Artinya: “Jika seorang Muslim tidur sambil mengingat Allah, dalam keadaan suci, kemudian bangun dari tidur di malam hari, dan meminta kebaikan kepada Allah di dunia dan di akhirat.  Dia pasti memberikannya padanya,” (HR. Abu Dawud).

Diganjar surga
Seperti yang disebutkan dalam surat Al-Isra ayat 79, seseorang yang melakukan sholat malam akan diberi tempat yang baik oleh Allah SWT. Orang-orang yang meyempatkan diri di waktu malam untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meminta kepada-Nya akan diberikan ganjaran besar.

Digolongkan sebagai orang-orang soleh
Salah satu perilaku orang soleh adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT di berbagai kesempatan. Salah satunya di setiap malam ketika orang-orang tidur terlelap.

Allah SWT berfirman:

وَٱلَّذِينَ يَبِيتُونَ لِرَبِّهِمْ سُجَّدًا وَقِيَٰمًا

Artinya: “Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 64).

Menurut Tafsir as-Sa'di dari Syekh Abdurrahman bin Nashir as-Sa'di menjelaskan, ayat ini berarti orang-orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Rabb mereka,” maksudnya, mereka banyak melakukan sholat malam dengan ikhlas kepada Allah, menghinakan diri kepada-Nya, sebagaimana Allah berfirman, “lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdoa kepada Rabbnya dengan rasa takut dan harap, dan mereka menafkahkan sebagian dari rizki yang Kami berikan kepada mereka. Seorangpun tidak mengetahui apa yang disembunyikan untuk mereka yaitu (bermacam-macam nikmat) yang menyedapkan pandangan mata sebagai balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan,”(QS. as-sajdah:16-17).

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki sholat malam, para ulama sangat menganjurkan agar umat melakukannya. Tidak hanya untuk mendapatkan berbagai mukjizat di atas, tapi juga sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT di tengah kesibukan dunia. *


Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto?
Silakan SMS ke 0813 7176 0777
via EMAIL: redaksi@halloriau.com
(mohon dilampirkan data diri Anda)


BERITA LAINNYA    
Polisi mengungkap identitas pria korban mutilasi di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi.Pria Korban Mutilasi Ternyata Kurir Ojol, Motif Pelaku Sudah Diketahui Polisi
IlustrasiTiga Anak Korban Pencabulan Oleh Ayah Kandung Diperiksa Pekan Depan
Menteri BUMN Erick Tohir (kanan) bersama Gubernur Riau Syamsuar pada acara Indonesia Cretive Cities Festival dan Kenduri Riau, di Pekanbaru, Jumat (26/11/2021) malam.Erick Thohir Respons Permintaan Gubri Bangun Destinasi Wisata
  Arsenal meraih tiga poin dari Newcastle United dalam lanjutan Liga Inggris. Meriam London sukses mengalahkan tamunya dengan skor 2-0.Arsenal Vs Newcastle, Skor: 2-0
Pembalap Sean Gelael dan Bambang Soesatyo alias Bamsoet mengalami kecelakaan mobil saat ikut turut serta dalam Sprint Rally di Meikarta, Sabtu (27/11).Detik-detik Mobil Sean Gelael dan Bamsoet Kecelakaan
IlustrasiCovid-19 Riau Hari Ini: Tambah 62 Kasus, Ranking Dua Nasional
Komentar Anda :

 
Potret Lensa
Kepala Balai PPW Riau Tepung Tawari Marulis Menuju MTQ Korpri Nasional
 
Eksekutif : Pemprov Riau Pekanbaru Dumai Inhu Kuansing Inhil Kampar Pelalawan Rohul Bengkalis Siak Rohil Meranti
Legislatif : DPRD Pekanbaru DPRD Dumai DPRD Inhu DPRD Kuansing DPRD Inhil DPRD Kampar DPRD Pelalawan DPRD Rohul
DPRD Bengkalis DPRD Siak DPRD Rohil DPRD Meranti
     
Management : Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Kode Etik Jurnalistik Wartawan | Visi dan Misi
    © 2010-2021 PT. METRO MEDIA CEMERLANG (MMC), All Rights Reserved